Perangkat Input, Proses, Output dan Penyimpanan pada Komputer

Oleh Arif Rachman Hakim
Komputer yang sering kita gunakan sehari-hari ini sejatinya terdiri dari 2 komponen perangkat secara garis besar; yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (sofware).

Untuk kali ini kami akan bahas perangkat kerasnya saja dulu.

Perangkat keras komputer sendiri dibagi menjadi 3 kelompok yaitu:
  1. Perangkat Keras Masukan (Input)
  2. Perangkat Keras Pemrosesan (Proses)
  3. Perangkat Keras Keluaran (Output)
Pada kali ini kami akan bahas ketiga perangkat keras tersebut yaitu perangkat keras input, proses, dan output mulai dari pengertian hingga contoh perangkatnya.

Perangkat Keras Masukan (Input)

Perangkat input adalah perangkat keras komputer yang berguna untuk memberikan masukan data atau perintah dari luar komputer (pengguna) untuk digunakan dalam pemrosesan pada komputer.

Apa saja perangkat keras masukan?

Keyboard
Keyboard merupakan perangkat keras inputan yang paling umum dan selalu anda jumpai pada komputer.

Fungsi keyboard sendiri adalah untuk memberi masukan berupa huruf, angka, symbol, atau tombol fungsi lainnya yang bertujuan khusus seperti delete, shift, caps lock, dan masih banyak lagi.

Mouse
Mouse terus berkembang, hingga saat ini ada mouse gaming yang memang dikhususkan untuk kebutuhan gaming karena memiliki sensitifitas yang tinggi dan juga andanya fitur pendukung.
Mouse (tetikus) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai pointer atau penunjuk dalam pengeoperasian komputer.

Untuk memberikan inputan pada mouse anda bisa menggerakan mouse untuk menggerakan pointer pada layar, klik kiri untuk melakukan pemilihan, klik kanan untuk memilih opsi, dan scroll pada tengah mouse untuk melakukan scroll.

Touchpad
Touchpad ini biasanya sudah termasuk ada dalam perangkat notebook atau laptop. Memiliki fungsi sama seperti halnya mouse yaitu sebagai pointer atau penunjuk untuk mengoperasikan komputer perbedaannya pointer ini menggunakan sistem sentuhan jari secara langsung.

Light Pen
Light pen memungkinkan anda mengerakan cursor ataupun menggambar dengan cara mengambarkannya langsung di layar.

Light pen ini berkerja dengan cara menangkap cahaya dan perubahan pixel pada layar terdekat pada saat disentuhkan pada layar sehingga dapat mengirim sinyal inputan ke komputer. Light pen ini memiliki sensitifitas yang cukup baik pada masanya, namun hanya dapat digunakan pada layar monitor bertipe CRT yang sekarang ini sudah mulai ditinggalkan.

Gamepad atau Joystick
Game pad atau joystick ini biasa digunakan untuk alat saat bermain game diplaystation.

Alat ini juga dapat digunakan pada komputer dan memiliki fungsi yang sama untuk mempermudah anda dalam bermain dan mengontrol dalam game yang ada di kompuer. Karena memang memiliki tombol-tombol khusus yang dimengerti kalangan gamer dan juga analog yang mempermudah pergerakan dalam game.

Barcode Scanner

Sesuai dengan namanya barcode scanner alat ini berfungsi untuk menscan atau membaca barcode yang ada pada produk-produk makanan, minuman, elektronik dan masih banyak lagi yang nantinya hasil scan untuk memberikan inputan ke komputer sehingga komputer dapat mengidentifikasi produk tersebut.

Alat ini biasa digunakan di kasir swalayan atau supermarket.
Scanner
Scanner alat ini memiliki sistem kerja yang hampir sama seperti mesin fotokopi yang mana kalau mesin fotokopi dokumen discan akan ditampilkan dalam bentuk fisik berupa kertas (hasil fotokopi) sedangkan scanner hanya bentuk softcopy yang tampil dilayar monitor anda.

Alat ini digunakan untuk memindai file-file dokumen anda yang berbentuk fisik seperti kertas untuk diinputkan ke komputer dalam bentuk file komputer.

Sekarang ini alat scanner ini sering menjadi satu kesatuan dengan alat pheriperal komputer lain yaitu printer.

Webcam
Webcam adalah perangkat inputan berupa kamera yang berfungsi menangkap gambar maupun video ke dalam sebuah komputer.

Sekarang ini webcam sering digunakan untuk videocall atau teleconference.

Untuk sebuah laptop atau notebook biasanya sudah ada webcam bawaan yang tertanam dalam laptop jadi tidak perlu menambah alat ini.

Mikropon
Mikropon alat ini sering digunakan dikomputer agar bisa menangkap atau menginputkan sebuah suara kedalam komputer. Jadi dengan mikropon ini anda bisa merekam suara anda untuk disimpan dikomputer.

Pen Tablet / Graphic Tablet
Alat ini memiliki fungsi dan bentuk hampir mirip dengan light pen.

Sama-sama kita bisa mengerakan kursor dikomputer seperti menggunakan sebuah pen jadi dapat mempermudah kebutuhan menggambar.

Bedanya di pen tablet ini adalah kita menggunakan landasan untuk mengambar disebut tab bukan dilayar monitor seperti halnya light pen.


Alat ini memiliki presisis yang lebih baik dibanding light pen yang harus membaca perbedaan kontras cahaya dimonitor. Dan juga memiliki kompatibilitas yang lebih baik dapat digunakan di semua jenis layar karena memang tidak bergantung pada layar seperti light pen.

Perangkat Keras Pemroses

Perangkat pemroses adalah perangkat komputer yang bertugas menjalankan instruksi, perintah atau mengolah data yang diberikan dari perangkat masukan agar menjadi sebuah hasil berupa informasi yang ditampilkan diperangkat output.

Perangkat pemroses terdiri dari banyak komponen perangkat yang saling berhubungan dan terkait untuk menyelesaikan sebuah proses pengolahan data. Berikut beberapa contoh perangkat pemroses;

CPU (Processor)
CPU atau Central Processing Unit adalah otak atau inti dari sebuah komputer. Didalam CPU ini melaksanakan tugas seperti melaksanan perintah dan mengolah data dari perangkat lunak. Banyak orang salah mengartikan CPU ini sebagai box hitam komputer, CPU sendiri merupakan komponen internal komputer yang berbentuk kotak persegi kecil berbahan loga dengan beberapa koneknor logam pada bagian bawah yang ditaruh kedalam soketnya dimotherboard.

CPU sendiri terdiri dari 3 komponen utama didalamnya sebagai berikut;
  1. Unit Kontrol
    Unit kontrol sesuai namanya merupakan bagian dari CPU yang bertugas mengatur jalannya program.
  2. Arithmetic/Logic Unit (ALU)
    ALU didalam CPU ini bertugas untuk melakukan operasi aritmatika seperti penambahan, pengurangan, pembagian, perkalian, dll. Dan juga operasi logika seperti AND, NOT, OR, XOR, dll. Jadi ALU memiliki tugas utama melakukan operasi artimatika dan logika sesuai instruksi program.
  3. Register
    Register adalah penyimpanan berukuran kecil dalam cpu yang bertugas menyimpan data atau instruksi yang sedang diproses.

Motherboard
Motherboard atau mainboard adalah sebuah papan induk tempat semua hardware komputer dihubungkan. Motherboard ini merupakan pengedali atau pengontrol dari semua perangkat komputer agar dapat berkomunikasi dengan semua perangkat didalam sistem. Motherboard ini adalah komponen utama dari sebuah komputer.

GPU (Graphics Processing Unit)
GPU adalah chip logika yang bertugas khusus untuk menjalankan fungsi tampilan pada komputer. GPU bertugas secara khusus untuk merender gambar, animasi dan video untuk komputer.

GPU ini biasanya juga sudah ada bawaan didalam sebuat chipset atau cpu, hanya saja secara kemampuan memang masih terbatas.

Untuk mendapat kemampuan pengolahan grafis yang lebih anda perlu menambah graphics card tambahan.

Kapan anda membutuhkan graphics card tambahan? yaitu saat anda bermain game ataupun melakukan editing video, 3d dan sejenisnya yang memang berat dalam hal pengolahan grafis.

Power Supply
Power supply alat ini bertugas memasok aliran listrik ke komponen hardware komputer sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Power supply menerima aliran listrik dari stop kontak dan mengubah aliran listrik AC (arus bolak-balik) ke DC (searah) sesuai yang dibutuhkan komputer.

CD/DVD ROM
CD / DVD ROM ini adalah alat yng digunakan agar komputer dapat membaca dan menulis CD ataupun DVD.

Perangkat Keras Keluaran

Perangkat output adalah perangkaat keras komputer yang digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan komputer.

Monitor
Monitor atau tampilan yang digunakan untuk menampilkan visual dari komputer. Berdasarkan jenis teknologi panel layarnya monitor dibedakan menjadi 3 untuk saat ini yaitu: CRT (Cathode Ray Tube / monitor tabung), LCD (Liquid Cristal Display), dan LED (Light Emitting Diode / Pengembangan dari LCD).

Printer
Printer adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk mentransfer teks ataupun gambar dari komputer ke dalam bentuk kertas.

Printer banyak sekali jenisnya, secara garis besar ada 3 jenis printer:
  1. Dot Matrik printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakan (jenis printer jaman dulu)
  2. Inkjet menggunakan tinta cair untuk mencetak. Printer jenis ini sering kita temui sehari-hari.
  3. Laser Printer adalah printer yang menggunakan tinta serbuk, memiliki kemampuan mencetak yang lebih baik dan cepat dibanding Inkjet.
Speaker
Speaker adalah alat untuk menghasilkan keluaran suara dari komputer agar kita dapat mendengarkannya.

Proyektor
Proyektor mempunyai fungsi hampir sama seperti monitor yaitu untuk menampilkan tampilan dari komputer. Perbedaaany proyektor ini menggunakan pancaran sinar cahaya untuk memproyeksi tampilan pada sebuah permukaan. Proyektor ini biasa digunakan untuk kebutuhan presentasi, menonton video dan hal lainnya yang membutuhkan tampilan yang besar untuk penonton yang lebih banyak.

Plotter
Plotter adalah perangkat keras yang mempunyai fungsi hampir sama seperti printer yaitu untuk mencetak dokumen ataupun gambar pada komputer ke bentuk kertas. Perbedaannya plot ini digunakan untuk mencetak untuk ukuran yang lebih besar yang tidak mampu dijangkau oleh printer biasa.

Perangkat Keras Penyimpanan

Sesuai dengan namanya perangkat keras penyimpan perangkat keras ini berfungsi untuk menyipan data-data yang ada pada komputer agar bisa diakses sewaktu-waktu.

Berdasarkan tipe jenis penyimpanan, perangkat keras penyimpanan dibedakan menjadi 2 tipe yaitu volatile (sementara) dan non volatile (permanen).

Volatile Memori

Penyimpan volatile (sementara) yang artinya penyimpanan hanya bertahan ketika ketika dayanya aktif atau komputer dalam keadaan aktif dan akan hilang ketika mati atau kehilangan daya.

RAM
RAM kependekan dari Random Access Memori, merupakan memori penyimpanan data sementara, ketika komputer menjalan fungsi seperti sistem operasi, dan program aplikasi data yang digunakan saat ini disimpan sementara di ram agar dapat diakses dengan cepat oleh prossesor.

RAM memiliki kecepatan baca tulis yang sangat cepat jauh lebih cepat dari HDD atau bahkan SSD maka dari itu RAM adalah memori utama dalam sebuah komputer.

RAM ini bersifat volatile yang artinya hanya penyimpanan sementara ketika komputer mati maka akan hilang data yang diproses.

Non Volatile Memori

Kebalik dari volatine, non-volatile memori artinya penyimpanan dapat bertahan walaupun dayanya dimatikan.

Hardisk
Hardisk 2.5 inci yang biasa pada laptop atau notebook. Hardisk pada komputer desktop berukuran lebih besar lagi.
Hardisk disini berfungsi sebagai penyimpanan utama file sistem operasi, program aplikasi, dan juga data-data file pribadi anda (dokumen, lagu, foto, video, dll)

Hardisk merupakan perangkat penyimpan non volatile (permanen) yang umum digunakan untuk penyimpanan dalam sebuah komputer.

Hal ini dikarenakan hardisk mempunyai keunggulan dalam segi harganya yang murah dan juga kapasitas penyimpanan yang besar.

Namun masih mempunyai kekurangan dalam segi kecepatan baca/tulis dan juga daya tahannya terhadap kerusahan.

Solid State Drive (SSD)
SSD adalah memori penyimpanan permanen (non volatile) sama seperti halnya Hardisk.

Perbedaanya jika Hardisk menggunakan sistem kerja piringan magnetik yang rawan rusak jika terjadi gonjangan, atau mati listrik ketika komputer sedang digunakan.

SSD ini menggunakan penyimpanan berbasis flash yang mana datanya disimpan dalam sel memori pada chip sehingga SSD ini memiliki banyak keunggulan dibanding HDD, yakni:
  1. Memiliki kecepatan baca/tulis yang jauh lebih cepat dibandingkan HDD.
  2. Tidak mengeluarkan bunyi/bising ketika beroperasi karena tidak adanya komponen yang bergerak seperti piringan magnetik pada HDD.
  3. Memiliki latensi atau penundaan baca yang rendah, sehingga proses start-up (menyalakan) komputer berlangsung cepat dan juga waktu pencarian data cepat.
  4. Tahan terhadap guncangan, dan juga getaran karena tidak seperti HDD yang menggunakan sistem seperti piringan hitam yang mana jika terjadi goncangan akan membuat hardisk luka atau baret dan membuat kerusakan terhadap hardisk.
  5. SSD memiliki ukuran yang lebih ramping dan juga berat yang lebih ringan dibandingkan HDD
Tapi dibalik semua kelebihan diatas dibanding hardisk anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli sebuah SSD dengan kapasitas memori penyimpanan yang sama dengan hardisk.

Flashdisk
Mungkin ada sudah sudah tidak asing lagi dengan flashdisk.

Flasdisk merupakan memori penyimpanan eksternal yang berukuran kecil yang menggunakan port usb untuk menghubungkannya.

Flasdisk sering kita gunakan untuk penyimpanan tugas sekolah atau pekerjaan untuk disimpan atau sekedar diprint di rental.

Simpel, mudah dibawah dan digunakan.

CD/DVD

CD / DVD adalah media penyimpanan berbentuk piringan yang menggunakan sistem optik. CD ataupun DVD memiliki bentuk sama saja, DVD ini merupakan peningkatan dari CD yang memiliki kapasitas dan kecepatan baca tulis yang lebih cepat.

Itu dia beberapa contoh perangkat keras komputer berdasarkan jenisnya mulai dari perangkat keras input, proses, output dan juga perangkat keras penyimpanan. Semoga sedikit penjelasan diatas bisa memberikan gambaran kepada anda tentang jenis dan fungsi hardware tersebut.

Sampai jumpa.