Peluang Perkerjaan Dibidang Web

Oleh Arif Rachman Hakim
Semakin perkembangan jaman fasilitas internet semakin lama semakin murah, internet yang dulunya masih menjadi suatu hal yang mahal yang hanya bisa diakses kalangan tertentu saja sekarang ini bisa semakin meluas hampir semua orang bisa mengakses yang namanya internet.

Hal ini dikarenakan karena biaya aksesnya sekarang ini semakin murah, teknologinya semakin cepat, dan juga perangkat untuk mengakses semakin mudah dan murah dimiliki semua orang. Hanya dengan sebuah smartphone dan paket internet anda sudah bisa mengakses internet.

Semakin banyaknya pengakses internet saat ini tentunya berdampak pada semakin banyaknya website yang anda diinternet. Website sendiri adalah halaman yang berisi sebuah informasi yang bisa kalian akses melalui internet.

Banyak pribadi, kelompok ataupun perusahaan membuat website mereka sendiri, hal ini tentunya berdampak dengan semakin banyaknya lowongan perkejaan dibidang web.



Nah untuk itu bagi anda yang ingin atau sedang belajar tentang website mulai dari pemrogram, selamat anda sudah berada dijalan yang benar. Tetap tekuni walaupun itu sulit. Berikut peluangan pekerjaan atau profesi bagi dibidang web, apa saja yang dilakukan berserta rata-rata pendapatannya.

Web Desainer (Front End)

Web desainer adalah seseorang yang merancang dan membuat sebuah website dari segi tampilannya. Hal ini meliputi penaaan dan tata letak suatu website. Seorang web desainer harus bisa merancang websitenya dengan baik agar bisa dimengerti dan nikmati oleh semua orang. Web desainer sendiri merupakan istilah untuk orang yang mendesain web dari segi front-end (sisi klien). 
Untuk bisa menjadi seorang web desain setidaknya anda harus menguasai HTML, CSS, Javascript, Jquery, atau lebih.

Gaji rata-rata seorang web designer di Indonesia sendiri menurut situs lowongan pekerjaan indeed berdasarkan data 47 karyawan, pengguna dan lowongan dalam kurun waktu 1.5 tahun terakhir adalah berkisar 3,3 Jutaan perbulan.

Web Programmer (Back End)

Jika seorang web desainer bertugas membuat sebuah tampilan suatu web dari segi klien. Web programmer sendiri bertugas mendesain suatu web dari segi server, bagaimana membuat sebuah program web agar web tersebut bisa dinamis. Istilah untuk seorang web programmer adalah back-end web desainer. Web programmer haruslah bekerja sama dengan seorang web desainner yang merancang suatu website. Bahasa pemrgoraman yang harus anda kuasai seperti PHP, MySQL, Beberapa Jenis Framework PHP seperti Laravel, dan masih banyak lagi.

Untuk masalah gaji seorang back end web developer memiliki gaji dan jumlah lowongan yang lebih banyak karena memang sangat jarang orang yang benar-benar akhir dibidang ini dan tingat kesulitan cukup tinggi. Menurut situs lowongan kerja ada berkisar di 6,1 Jutaan perbulan.

Web Administrator (Server Side)

Sebuah website membutuhkan yang namanya server agar bisa online dan diakses oleh pengguna internet secara global. Web administrator sendiri adalah orang yang bertanggung jawab atas pemeliharan server web meliput sistem jaringan dan komputer, agar suatu web tersebut dapat selalu diakses dan berfungsi penuh. Seorang web administrator haruslah menguasai tentang sistem operasi yang digunakan pada server, proses instalasi, pemahaman akan jaringan dan keamanan data server dan dapat mengatasi suatu permasalahan.

Gaji rata-rata seorang web administrator adalah 4,5 Jutaan perbulan menurut situs ideed.

Webmaster

Webmaster seseorang yang paham dan mengerti semua bidang dalam pengembangan suatu web mulai dari server, web desain, dan web programming. Webmaster tidak terlalu mencampuri masing-masing divisi hanya bertanggung dalam pemeliharan suatu situs web.

SEO Specialist

SEO kependekan dari Search Engine Optimization atau dalam bahasa indonesianya Pengoptimalan Mesin Pencari. Sebuah web dirancang seseorang untuk menampilkan sebuah informasi, bagi seorang perusahaan informasi tersebut bisa tentang jasa atau barang yang mereka jual. Agar sebuah informasi internet ini yang begitu banyak dapat dicari atau diketahui banyak orang perlu yang namanya mesin pencari seperti google. Google sendiri mendaftar semua situs-situs baru diinternet yang jumlahnya sangat banyak ini, untuk menentukan ranking di hasil pencarian mesin pencarian google punya yang namanya sebuah algoritma untuk menentukan ranking suatu website berdasarkan kata kunci tertentu. 

Tugas dari seorang SEO Specialist sendiri adalah untuk mengoptimalkan suatu website agar bisa mendapatkan ranking yang baik di google, tujuannya tentu agar web dikunjungi banyak orang sesuai target sang pemilik web.

Rata-rata gaji SEO Specialish di Indonesia adalah dikisaran 4,5 Jutaan perbulan.

Itu dia beberapa peluang pekerjaan dibidang web yang umum ada di Indonesia yang perlu anda ketahui. Semoga bisa memotivasi anda untuk belajar, dan meraih pekerjaan anda. Sampai jumpa.