Rekomendasi Aksesoris Kamera Yang Wajib Anda Miliki Untuk Vlogging

Oleh Arif Rachman Hakim
Sebagai seorang vlogger selain kamera yang anda butuhkan untuk merekam aktivitas ngevlog anda anda mungkin juga perlu beberapa peralatan atau aksesoris tambahan yang mungkin bisa berguna untuk mempermudah anda dalam vlogging tentunya.

Baca juga: Rekomendasi Kamera Terbaik Untuk Ngevlog

Berikut ini beberapa rekomendasai alat atau aksesoris yang mungkin anda butuhkan;

Peyangga Kamera

Tripod
Sesuai dengan namanya tripod mempunyai 3 kaki penyangga agar dapat berdiri dengan tegak, alat ini berfungsi agar kamera anda dapat berdiri dengan tegak.

Anda dapat merekam video vlog dengan stabil tanpa perlu seseorang untuk memegangi kamera anda. Tripod ini juga dapat ditinggikan rata-rata hingga 1.5 meter.

Bagi anda yang seorang vlogger atau seorang videografer tripod ini cukup penting untuk anda jika ingin merekam video dalam keadaan diam kamera itu diam untuk waktu yang cukup lama.

Karena kasian juga kameramen kalau harus merekam video untuk jangan waktu yang lama dan diam pasti doi akan terasa pegal belum lagi resiko gambar goyang juga lebih tinggi.

Monopod
Monopod hampir sama seperti tripod tapi monopod ini seperti namanya mono jadi hanya mepunyai 1 kaki saja untuk dapat berdiri.



Untuk penggunaanya sendiri anda masih perlu memegang monopod ini karena tidak dapat berdiri sendiri.

Fungsi utamanya lebih ke fungsi stabilisasi agar anda ketika merekam video masih ada pijakan 1 ketanah yang bisa mengurangi guncangan ketika anda memegang kamera.

Monopod ini mempunyai kelebihan ukurannya yang lebih kecil dan ringkas dibanding tripod jadi cocok untuk anda para vlogger yang sering berpergian atau traveling. Tapi anda tetap perlu memeganginya ketika menggunakan.

Gorilla Pod
Gorilla pod adalah mini tripod yang mempunyai kaki-kaki yang fleksibel sehingga anda dapat menempatkannya di berbagai tempat dan keadaan.



Dengan gorilla pod anda bisa mendapatkan angle-angle kamera yang sulit atau tidak bisa anda dapatkan ketika menggunakan tripod.

Ini merupakan salah satu alat terfavorit yang mungkin wajib anda punyai pertama kali, karena fungsinya yang cukup penting untuk menunjang kegiatan vlog anda.

Lighting

Lighting sangatlah penting untuk para vlogger terutama vlogger yang memang syuting secara proper didalam sebuah ruangan/studio maka perlu yang namanya lighting.

LED Lighting seperti dari Youngnuo yang paling sering digunakan untuk keperluan vlogging karena ukurannyaa yang ringkas (dapat ditaruh dihotsue kamera), cahayanya cukup terang, dan harganya pun hasil tergolong murah tapi sudah cukup untuk menerangi video anda.


Mikropon

Audio adalah hal yang sangat penting untuk anda perhatikan sebagai seorang vlogger anda harus bisa memastikan bahwa audio yang terekam divideo anda dapat didengarkan dengan baik oleh penonton.

Bahkan anda yang mengatakan bahwa kualitas audio adalah nomor 1, percuma kalau hasil video bagus tapi audionya tidak jelas maka pesan yang anda sampaikan tidak sampai ke penonton.

Ada banyak jenis mikropon yang perlu anda ketahui, anda bisa menyesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan anda saat ini.

Shotgun Mikropon



Shotgun adalah jenis mikropon yang sering digunakan untuk keperluan vlogging. Mikropon jenis ini memiliki cangkupan tangkapan suara yang satu arah saja kearah depan, inilah alasan micropon ini favorit untuk kebutuhan vlog karena dengan cangkupannya yang satu arah ini kedepan maka suara lingkungan sekitar akan lebih tidak terdengar lebih berfokus kedepan ke anda ketika vlogging. Shotgun mikropon ini juga biasa ditaruh diatas kamera dibagian hotsue jadi sangat praktis dalam pengoperasiannya sekaligus ikut dengan kamera.

Lavaliere
Lavaliere atau mungkin anda lebih mengenalnya sebagai clip on. Jenis mic ini sangat cocok untuk anda yang suka ngevlog ditempat yang kondisi sekitar cukup bising, karena lavaliere mic ini dapat anda taruh sedekat mungkin dengan anda (biasa dijepitkan pada pakaian) sehingga anda yang ditangkap benar-benar jelas dibandingkan sekitar.



Anda dapat menggunakan smartphone anda untuk merekam audio menggunakan lavaliere mic, ini lebih memungkinkan ketimbang anda menancapkan dikamera.

Mic jenis ini ada yang menggunakan kabel ada juga yang sudah wireless. Tentunya untuk versi wireless anda harus merogok kocek lebih dalam.

Condenser Mikropon



Jenis mic ini sering digunakan dalam industri musik untuk perekaman audio disebuah studio. Mic condenser memang memiliki hasil audio yang sangat baik. Untuk anda para vlogger yang membuat vlog yang sering diisi dengan narasi suara maka cocok dengan mikropon jenis ini, seperti konten review suatu produk yang mana ada narasi ketika shot produk.

Lainnya

Greenscreen




Kalau dulu mungkin greenscreen ini tidaklah dibutuhkan untuk kalangan vlogger, tapi dijaman sekarang untuk anda para vlogger yang belum punya greenscreen bisa mencoba memiliki dan memanfaatkan greenscreen ini. Anda bisa melakukan banyak hal dengan greenscreen ini, contoh sederhannya saja anda bisa menganti background atau latar belakang anda saat vlog dengan gambar atau foto apapun sesuai keinginan anda.

Peredam Suara
Peredam suara mempunyai fungsi untuk meredam pantulan suara agar suara dari vlog anda tidak ada lagi pantulan atau distorsi. Intinya ini meningkatkan kualitas audio dari vlog anda.



Peredam suara ini biasa berupa busa yang ditempelkan pada tembok-tembok dan langit-langit studio untuk anda shooting vlog, secara tampilan peredam suara ini cukup menarik untuk background video anda.

Itu dia beberapa rekomendasi aksesoris buat menunjang kegiatan ngevlog anda guys, bisa anda coba beli jika memang anda belum punya dijamin bisa meningkatan kualitas vlog anda dari segi visual atau audio.

Sekian, semoga bermanfaat.