Cara Yang Wajib Anda Coba Untuk Menambah Follower Instagram Anda

Oleh Arif Rachman Hakim
Instagram siapa yang tidak kenal dengan sosial media yang satu ini, saya rasa hampir seluruh pengguna smartphone di indonesia menggunakan instagram. Instagram bisa dibilang sosial media yang wajib dibuka setiap harinya oleh netijen indonesia.

Dalam sosial media instagram kita mengenal yang namanya follower atau pengikut. Semakin banyak follower yang kita miliki bisa memberikan gambaran seberapa terkenalnya kita.

Apalagi jika anda membuat akun instagram untuk bisnis anda semisal online shop maka jika diawal anda sudah memiliki cukup banyak follower maka akan menarik akun instagram lainnya untuk follow akun anda (dalam hal ini bisa dikatakan follower instagram bisa mempengaruhi pembelian).

Untuk itu saya akan bagikan sedikit cara-cara yang bisa anda coba untuk meningkatkan follower akun instagram anda.

Cara #1: Perkaya Konten Instagram Anda

Perlu anda ingat 1 poin utama kenapa orang lain mengikuti akun instagram anda tentunya karena tertarik dengan isi konten yang ada di instagram anda. 

Jika anda menggunakan instagram untuk pribadi maka jangan malu untuk mengupload foto atau video menarik tentang diri anda. Jangan takut untuk dikira teman anda pamer atau semacamnya karena sosial media memang sejatinya untuk pamer asalkan anda menggunakannya dengan wajar dan tidak norak.

Jika anda menggunakan instagram untuk keperluan bisnis semisal online shop maka tata feed instagram anda serapi dan menarik mungkin tentunya agar calon konsumen tertarik untuk mengikuti dan bahkan melakukan pembelian karena secara tampilan menarik jadi informasi barang dagangan anda bisa lebih sampai ke calon pembeli.

Cara #2: Gunakan Hastag Populer Yang Relevan dengan Postingan Anda

Hastag, banyak pengguna instagram melupakan satu hal ini ketika memposting sesuatu di instagram. 

Padahal dengan menggunakan hastag maka anda bisa menjangkau lebih banyak orang untuk melihat postingan anda.

Hastag sendiri dibuat instagram untuk mengelompokan atau mengkategorikan postingan yang sama berdasarkan hastag yang digunakan.

Jika anda menggunakan hastag yang populer digunakan banyak orang maka anda bisa menjangkau lebih banyak orang karena orang lain yang bukan follower akun instagram anda bisa saja melihat postingan anda berdasarkan hastag tersebut jika dibuka.

Tapi tentunya disini anda juga harus memasukan hastag yang memang relavan dengan postingan dan instagram anda, bukan hanya populernya saja yang dikejar. Agar orang yang melihat pos anda dihastag tersebut memang memiliki ketertarikan dengan hastag tersebut, jika menemui akun instagram anda maka kemungkinan melakukan follownya akan lebih tinggi.

5-7 hastag saya rasa wajib anda masukan dipostingan instagram anda, gunakan hastag yang memang sesuai dan ramai digunakan user lainnya agar dapat memancing banyak calon follower ke akun instagram anda.

Cara #3: Gunakan Sistem Follow Unfollow

Anda bisa menfollow akun instagram lainnya dengan berharap mendapatkan follow back dari mereka.

Sedikit tips dari saya:
Jika anda menggunakan instagram sebagai akun pribadi anda maka anda bisa menfollow teman-teman anda terdahulu mulai dari teman kampung, teman sekolah, teman kuliah, teman kerja yang mungkin belum anda follow. Dengan menfollow teman yang anda kenal maka follow back adalah hal yang mudah anda dapatkan, selain itu karena akun instagram pribadi maka saya rasa lebih baik jika follower anda memang berasa dari teman dekat terlebih dahulu baru merambah keluar.
Jika sudah menfollow semua teman yang anda kenal baru deh bisa coba follow yang lainnya agar follower anda juga bisa meningkat jauh.
Jika anda menggunakan akun instagram untuk tujuan bisnis maka anda bisa mencoba menfollow akun-akun instagram yang sesuai dengan target audience anda. Semisal anda membuat akun instagram untuk menjual jersey bola, maka anda bisa coba menfollow akun-akun instagram yang mengikut instagram berita bola karena mereka pasti suka bola jadi kemungkinan follback lebih tinggi dan juga jika difollback maka follower yang anda dapatkan lebih relevan.

Intinya anda disarankan mengikuti akun instagram yang memang relevan dengan akun instagram anda agar ketika mendapatkan follback memang follower yang sesuai dengan akun instagram anda.

Terakhir setelah melakukan follow anda bisa membiarkannya terlebih dahulu untuk beberapa lama dan bisa menunfollow mereka setelah itu.

Cara #4: Gunakan Paid Promote Murah di Instagram 

Paid promote cara ini sangat cocok untuk mempromosikan akun instagram anda dalam hal ini untuk akun instagram yang bertujuan bisnis seperti online shop.

Anda tidak perlu bingung mencari jasa paid promote ini karena banyak sekali terutama dari organisasi mahasiswa.

Kenapa saya menyarankan paid promote yang dari organisasi mahasiswa? 

Pertama karena murah sekali harganya hanya bermodal mulai dari 15 ribu anda bisa mendapatkan promosi di feed dan instastory banyak akun instagram. Anda akan mendapatkan banyak kunjungan diprofil ig anda yang bisa mendatangkan banyak pengikut dan juga pembelian.

Cara #5: Gunakan Auto Follower Gratis 

Auto follower mungkin bisa dikatakan cara ini perlu gak perlu untuk anda lakukan karena auto follower ini memang anda akan mendapatkan lumayan banyak follower dalam waktu singkat tapi biasanya follower tersebut pasif dan tidak aktif. 

Disini artinya anda hanya menambah angka follower akun instagram anda tanpa merasakan benefitnya.

Tapi disini untuk permulaan menambah follower 100-300 secara gratis dengan auto follower saya rasa juga penting untuk memancing follower lainnya menekan follow diakun instagram anda.

Terlebih ini gratis jadi tidak ada salahnya anda mencobanya, saya sendiri tidak menyarankan yang berbayar karena tadi anda tidak akan merasakan manfaatnya secara besar.

Untuk tools auto follower gratis ini anda bisa mencarinya di google dengan keyword "Auto Follower Instagram" maka akan muncul banyak sekali tools auto follower gratis yang bisa anda gunakan.

Pertama yang perlu digaris bawahi karena ini gratis anda tidak akan mendapatkan banyak follower (tergantung toolsnya) rata-rata sekarang cuman memberi 5 follower ig (tapi ini aktif ya), jadi anda harus mencoba banyak tools tadi untuk mendapatkan beberapa puluh atau ratusan follower aktif. Kerja keras demi yang gratis, hehehe.

Kali ini saya mencontohkan dengan menggunakan auto follower dari followergratis.co.id

Bisa dilihat penampakan awal follower akun instagram saya dengan jumlah follower 386.

Tampilan awal web, silakan anda login dengan akun instagram anda. Masukan username dan password.

Untuk masalah keamanan sejauh ini aman-aman saja saya juga sudah mencoba beberapa auto follower instagram lainnya. Dan untuk sekarang ini memang metode yang digunakan untuk auto follower instagram yang gratisan masih menggunakan sistem login seperti ini.


Setelah berhasil login anda akan disuguhkan beberapa menu yang bisa anda manfaatkan, karena kali ini saya ingin mengajarkan menambah follower instagram maka silakan klik tombol +Followers.


Anda akan dimintai konfirmasi, silakan klik tombol Konfirmasi untuk melajutkan.



Tunggu sebentar hingga prosesnya selesai dan jika berhasil anda akan mendapati pesan seperti dibawah ini.


Follower instagram pun bertambah, tidak banyak memang hanya 4. Diwebnya sendiri hanya menjanjikan follower 0-5 tapi follower ini real human, pengguna aktif, dan berasal dari indonesia.


Tidak banyak memang tapi memang sekarang ini auto follower yang gratisan hanya memberikan rata-rata 5 follower gratis saja, anda bisa menggunakan banyak auto follower gratis lainnya untuk mendapatkan banyak follower.

Berikut hasil setelah mencoba beberapa web auto follower instagram lainnya.


Hasil diatas hanya sebentar saja saya mencarinya, karena instagram saya sendiri untuk instagram pribadi jadi tidak perlu banyak follower. Hanya sebagai contoh dari artikel ini.

Jika anda rajin anda bisa mendapatkan lebih banyak dari itu karena banyak sekali auto follower gratis di google bisa anda search dengan kata kunci "Auto Follower Instagram".

Itu dia 4 cara yang bisa anda coba untuk mendatangkan follower ke akun instagram anda, semoga bisa bermanfaat.