Hal Yang Bisa Anda Lakukan Ketika Smartphone Anda Hilang

Oleh Arif Rachman Hakim
Smartphone barang yang satu ini tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Smartphone seperti sudah menjadi barang yang wajib dibawa kemana pun kita pergi karena memang kita sudah bisa dikatakan tergantung dan butuh akan smartphone.

Karnea penggunaannya yang hampir selalu kita pakai dan tentunya dibawa kemana-mana resiko smartphone kita hilang sangatlah tinggi, baik yang memang hilang sendiri (mungkin karena ketinggalan atau jatuh diperjalanan) ataupun yang memang hilang karena orang lain (pencurian,dll).

Ketika smartphone anda tentunya ini bukanlah hal yang baik, karena hampir dikatakan kita butuh baik untuk komunikasi, dan belum lagi data-data pribadi anda seperti nomor kontak, data akun pribadi, foto/video pribadi dan masih banyak lagi. Intinya bukan hanya sekedar nominal angka yang hilang (dari smartphone tersebut).

Berikut ini akan saya bagikan beberapa hal yang bisa anda lakukan ketika smartphone anda hilang yang mungkin bisa saja mengembalikan smartphone anda ke anda, setidaknya anda sudah action. Ini juga merupakan pengalaman saya ketika smartphone saya hilang.

KTK = Kalem Tenang dan Kuasai

Jika smartphone anda hilang tetaplah tenang jangan grusa-grusu agar pencarian anda nantinya bisa lebih efektif. Anda harus memikirkan hilang bukan berarti akhir segalanya jika memang masih rejeki anda maka anda kembali ke anda. Pasti anda pelajaran yang bisa anda petik.

Minta Bantuan Teman Anda Untuk Mencari

Semakin banyak orang yang mencari maka anda bisa menyisir banyak tempat lebih cepat, dan detail. Jangan ragu untuk meminta pertolongan teman anda, semakin banyak yang mencari semakin besar kemungkinan anda menemukan.

Cek dan Periksa dari yang Terdekat

Ini penting sebelumnya anda mencari smartphone anda yang hilang kemana-mana, anda bisa cek dan periksa yang terdekat dulu.

Pertama Tas, Mungkin saja smartphone anda tidak benar-benar hilang hanya saja terselip didalam tas anda.

Anda bisa saja mencoba menelpon smartphone anda (posisi smartphone tidak disilent) jika memang hilangnya masih disekitar 

Ingat Kembali Terakhir Tempat Anda Masih Bersama Smartphone Anda dan Telusuri Sepanjang Jalan dan Tempat yang Anda Singahi Sebelumnya


Hal pertama yang perlu anda lakukan ketika smartphone anda hilang anda bisa mencoba mengingat kapan, dan dimana posisi anda terakhir masih memegang smartphone.

Coba kembali ketempat tersebut sampir menyisir jalanan yang anda lewati sebelumnya siapa tahu terjatuh diperjalanan juga.

Jangan lupa cek tempat-tempat yang anda singgahi juga sebelumnya.

Lakukan berulang-ulang, tidak cukup 1 kali saja.

Anda juga bisa sembari menelpon smartphone anda jika untuk memudahkan mencari keberadaannya.

Tanyakan Orang Sekitar yang Mungkin Saja Tahu

Jika memang anda sudah mencarinya dan belum menemukannya anda bisa mencoba bertanya kepada orang disekitar tempat yang anda anggap tempat hilagnya smartphonenya, siapa tahu anda anda dapat informasi tentang ponsel anda. 

Manfaatkan Google Find My Device

Jika smartphone anda android anda bisa memanfaatkan google find my device untuk mencari dan hal lainnya yang sebaiknnya anda lakukan ketika smartphone anda hilang.

Pertama yang perlu anda siapkan adalah komputer/laptop/smartphone yang bisa digunakan mengakses internet.

Kedua silakan ketika ketik di google "find my device" pastikan anda sudah login dengan akun google anda yang sama dengan smartphone anda.

Maka akan muncul hasil seperti gambar dibawah ini:
Silakan klik login, anda akan dimintai login lagi untuk memastikan bahwa itu memang anda yang mengakses google find my device.

Login seperti biasa, dan setelahnya anda akan disuguhkan seperti gambar dibawah ini.
Ada beberapa point yang mau saya jelaskan;
  1. Anda bisa mengetahui posisi smartphone anda berdasarkan map dengan syarat device smarphone anda yang hilang masih dalam kondisi online dan gps / location masih dalam keadaan aktif. Disini tingkat akurasi posisi smartphone tidak bisa dibilang 100% akurat tergantung settingan gps dismartphone anda, tapi setidaknya bisa menuntun anda ke posisi terdekat smartphone anda berada.
  2. Putar suara menu ini bisa anda gunakan agar smartphone anda bisa berdering selama 5 menit meskipun dalam mode silent. Jadi poin ini bisa mengatasi jika smartphone anda disilent.
  3. Amankan perangkat. Anda akan mengunci smartphone anda dari logout akun google jadi anda tetap bisa memonitoring smartphone anda melalui google find my device. Selain itu anda bisa menambahkan nomor yang bisa dihubungi yang akan muncul di layar device anda, jadi yang menemukan smartphone anda dapat mengembalikan smartphone anda dengan menghubungi nomor tersebut.
  4. Hapus perangkat ini untuk mereset smartphone anda sepenuhnya sehingga data-data pribadi anda pun hilang, gunakan opsi terakhir ini jika dirasa smartphone anda sudah tidak mungkin ditemukan. Daripada data-data pribadi anda disalah gunakan oleh orang yang menemukan lebih baik anda melenyapkannya bukan?

Ikhlas

Jika semua cara tadi sudah anda lakukan dan belum menemukan hasil maka anda berusaha mengikhlaskannya, selalu anda pelajaran yang bisa anda petik. Mungkin anda harus berhati-hati lagi dalam menjaga barang atau mungkin anda harus berhenti dulu sementara memegang smartphone karena memang anda yang sekarang terlalu ketergantungan padanya.

Sedikit cerita pengalaman pribadi,

Ponsel saya waktu itu hilang diperjalanan saat mengendarai montor. Waktu itu smartphone saya taruh ditas bagian belakang, dan saya lupa menutup resleting tas sehingga ponsel saya pun jatuh diperjalanan. Kejadiannya sekitar jam 5 sore dimana kondisi jalanan ramai.

Saat hp saya jatuh sebenarnya ada ibu-ibu yang memberi tahu saya "mas hpnya jatuh" tapi ibu-ibu itu tidak memberi detail jatuhnya dimana, sayapun menyelusuri jalan yang sebelumnya saya lewati. Disini saya agak kesulitan karena pertama lebar jalannya cukup lebar dan kondisi jalanan yang cukup ramai cenderung macet. 

Saya sendiri sebelumnya mengendarai montor berpindah-pindah dari sisi kanan dan kiri jadi bisa saja hp saya jatuhnya dipinggir jalan bisa saja ditengah jalan. Setelah 3-4 kali bolak-balik dan tidak ketemu yang saya lakukan adalah langsung ke Google Find Device. Karena kebetulan saya didekat lokasi hilang masih dekat dengan angkringan langanan yang ada free wifi saya sempatkan mampir sebentar. 

Disini saya membuka Google Find Device melalui laptop (kebetulan sedang bawa), untuk lokasi disini saya tidak mendapatkan karena kebetulan gps sedang mati (jadi disini penting sekali menyalakan gps walau tidak sedang digunakan) nah yang bisa saya lakukan adalah tinggal mengunci smartphone (agar tidak dilogout google) dan mengirimkan pesan dan nomor hp jika penemu hp saya bersedia mengembalikan. 

Disini saya memberikan pesan dan nomor hp ibu saya yang kebetulan 1-1nya nomor yang saya hafal dan terakhir saya putuskan melanjutkan pulang sembari mulai mengikhlaskannya.

Nah sesampainya dirumah teryata ibu saya sudah dihubungi yang menemukan smartphone saya dan besoknya langsung saya temui.

Saat pertama kali diberitahu ibu-ibu hp saya jatuh sebenarnya saya sudah berpikir hp saya pasti terlindas dan kenapa-kenapa. So bener saja saat saya mengambilnya kembali memang seperti itu kondisinya.

Dari setiap kejadian pasti ada hikmahnya saya pun berpikir akhir-akhir ini terlalu kencanduan sama smartphone dan mulai membuat saya malas melakukan hal-hal yang memang penting dan perlu.

Jadikan pengalaman sebuah pembelajaran untuk anda. Tidak ada gunanya menyesali yang sudah terjadi, anda hanya bisa mencegahnya hal tersebut agar tidak terjadi lagi bukan? menyesali tidak merubah keadaan yang sudah terjadi sekarang. So tetap berhati-hati dalam menjaga barang-barang berharga kalian.

Itu dia sedikit sharing saya tentang hal-hal yang bisa anda lakukakan ketika smartphone anda hilang.
Semoga bisa bermanfaat.