Cara Download Video dari Youtube (Tanpa Aplikasi Tambahan)

Oleh Arif Rachman Hakim
Youtube hampir semua pengguna internet di indonesia menikmati youtube setiap hari, bisa dikatakan kita warga net tidak bisa lepas dari yang namanya youtube. Berbagai video hampir semuanya tersedia diyoutube mulai dari berita, gosip, hiburan, tutorial dan masih banyak lagi.

Saking banyaknya video diyoutube yang menarik terkadang ada kondisi dimana kita harus mendownloadnya misal saat ingin menonton tapi belum ada waktunya (mau nontonya nanti aja deh), saat kita sedang fakir kuota dan sedang ada wifi (jadi bisa didownload dulu tuh nontonnya belakangan), atau saat mau berbagi video tersebut secara offline untuk berbagai kebutuhan.


Dari aplikasi youtube dismartphone sendiri sebenarnya sekarang sudah ada fitur download/offline video jadi kita bisa mendownload video tersebut dan menontonya nanti kemudian. Akan tetapi fitur ini masih ada kekurangan bagi sebagian orang karena:
  1. Anda hanya bisa menikmati video tersebut diaplikasi youtube, anda tidak punya soft file yang bisa dicopy ke media/device lain untuk kebutuhan lainnya.
  2. Tidak semua jenis konten video youtube bisa anda download, video yang berkaitan dengan hak cipta seperti music video tidak bisa anda download.
  3. Ada batasan waktu video yang anda download, jadi video yang anda download bisa kadarluarsa dan anda perlu mendownloadnya lagi.
Nah kali ini saya akan membagikan cara untuk mendownload selain dengan aplikasi youtube yang punya 2 kekurangan tadi. Jadi anda bisa mendownload apapun jenis videonya dan anda juga mempunyai soft file yang bisa anda gunakan untuk keperluan apapun selain untuk di tonton.

Cara yang akan saya berikan ini anda tidak perlu menginstall software atau aplikasi tambahan di device anda, simple dan mudah anda lakukan kapan saja.

Cara #1: Jika Anda Pengguna PC Desktop/Komputer dan Ingin Mendownload Video Youtube

  1. Pertama yang anda lakukan tentunya anda sudah berada di youtube.com dan sudah tahu mana nih video yang mau di download.
  2. Buka/tonton video yang akan di download.
  3. Perhatikan pada bagian atas, pada address bar (tempatnya alamat situs yang anda akses) akan anda jumpai link seperti https://www.youtube.com/watch?v=BwEIYwJFAeI silakan tambahan huruf pp pada akhiran youtube (sebelum tanda . "dot") sehingga menjadi seperti ini https://www.youtubepp.com/watch?v=BwEIYwJFAeI


    Jika sudah silakan tekan enter untuk lanjut ke proses selanjutnya.
  4. Selanjutnya anda akan masuk ke laman web youtubeconverter.io silakan anda scroll sedikit kebawah maka anda akan menemui opsi untuk mendownload video atau audio saja dengan berbagai jenis kualitas dan format (untuk audio).

    Silakan download sesuai kebutuhan anda.


    Jika sudah anda klik download maka akan keluar pop-up proses converting video/audio yang akan didownload.


    Jika sudah selesai anda bisa klik download mp4/mp3 untuk mendownloadnya.


  5. Selanjutnya sudah seperti biasa anda proses mendownload file lainnya, tinggal anda pilih lokasi file, ok ok, dan menunggu proses download hingga selesai.

Cara #2: Jika Anda Pengguna Smartphone dan Ingin Mendownload Video Youtube

Jika anda ingin mendownload video youtube melalui smartphone anda caranya sebenarnya sama dengan yang menggunakan pc/komputer perbedaannya adalah jika melalui ponsel anda membuka/menonton video melalui aplikasi jadi anda perlu sedikit langkah tambahan untuk mendownloadnya.
  1. Pertama tentunya anda sudah membuka aplikasi youtube dan silakan putar video yang mau anda download, seperti ini;


  2. Untuk mendownload video tersebut anda harus mengetahui link url video youtube tersebut, caranya klik tombol "Share" lalu geser ke bawah sedikit silakan klik "Copy Link", lihat gambar dibawah ini;


  3. Selanjutnya silakan pastekan dan buka di web browser smartphone anda, seperti ini;


    Setelah itu silakan buka address bar lagi, klik icon pensil untuk mengedit alamat link yang sekarang.


    Bisa dilihat dari yang link awal yang dicopy dari aplikasi youtube you.be menjadi ke m.youtube (setelah dibuka dibrowser) link m.youtube inilah yang akan kita beri tambahan "pp" pada akhiran youtube untuk mendownload video, bisa dilihat dibawah ini.


    Lalu tekan enter untuk melanjutkan proses selanjutnya.
  4. Anda akan membuka youtubeconverter.io sama seperti kalau anda download lewat pc/komputer, silakan scroll sedikit kebawah dan pilih opsi kualitas dan jenis file video yang akan anda download (mau video atau audio saja).


    Setelah itu keluar pop up untuk mendowload, silakan klik tombol hijau download.


    Proses downloadpun dimulai silakan tunggu seperti anda biasa mendownload file lainnya.


  5. Selesai.
Itu dia cara mudah yang bisa anda lakukan ketika ingin mendownload video atau audio dari youtube, sangat mudah sekali bisa anda lakukan pada pc atau mobile phone tanpa perlu download atau install aplikasi tambahan, semuanya bisa anda lakukan dengan cepat.

Semoga bermanfaat.