Cara Membuat Blog dan Pengenalan Tentang Blog

Buat anda yang sedang membaca artikel ini itu artinya anda sedang kepo dan tertarik menjadi seorang blogger dan ingin mempunyai sebuah blog yang mungkin bisa menghasilkan uang *(jika anda serius).

Pertama saya ucapkan selamat kepada anda para calon blogger yang budiman semoga bisa selalu semangat dalam membangun blognya hingga bisa mencapai tujuanya dalam membuat sebuah blog.

Sebelumnya lanjut ke tutorial dalam amembuat sebuah blog, mungkin dari anda ada yang belum tahu Apa sih Blog itu?

Menurut wikipedia sendiri blog adalah singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. - https://id.wikipedia.org/wiki/Blog

Blogger ini sangat cocok untuk anda hobi menulis dan ingin mengasah skill menulis anda, karena menulis di blog maka tulisan anda bisa dilihat oleh khalayak umum diseluruh dunia ini bisa membaca tulisan artikel anda diblog.

Seperti halnya konten kreator di youtube yang membuat vlog maka disebut seorang vlogger, maka seseorang atau konten kreator yang menulis artikel di dalam sebuah blog dinama blogger.

Sederhanannya blog ini seperti laman web sederhana yang menampilkan artikel yang anda tulis agar bisa dibaca oleh orang lain secara umum di internet.

Biar lebih semangat menjadi sebuah blogger mungkin anda perlu tahu apa sih manfaat mempunyai sebuah blog?
  1. Mengasah skill menulis anda.
    Anda dapat mengasah skill dan kemampuan menulis anda dengan bertambahnya jam terbang anda dalam menulis sebuah artikel dan juga masukan dari pembaca blog anda.
  2. Berbagi ilmu dan pengalaman menarik ke orang lainnya yang bisa bermanfaat.
    Sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat bagi orang lain. Dengan blog anda bisa berbagi ilmu dan mengajari yang lainnya tentang ilmu yang anda kuasai. Bisa dibilang blogger yang mengajari sesuatu sama sepertinya halnya guru yang berjasa bagi bangsa dan negara.
  3. Mendapatkan tambahan ilmu.
    Selain berbagi ilmu dengan menjadi blogger anda juga akan mendapatkan ilmu yang lebih karena hari-hari akan dilalui dengan membaca sebagai referensi dalam menulis.
  4. Mendapatkan kenalan dan relasi yang luas.
    Dengan blog anda bisa mengenal banyak orang secara luas, dari dalam maupun luar negeri. Relasi ini penting sekali untuk menuju jalan kesuksesan.
  5. Mendapatkan penghasilan.
    Dengan blog anda bisa mendapatkan uang atau penghasilan yang jumlahnya tidak terbatas tergantung seberapa serius dan tekun anda dalam membangun sebuah blog. 
Poin ke 5 mendapatkan penghasilan mungkin perlu saya tekan kan lagi ini tergantung seberapa effort yang anda keluarkan dalam membangun sebuah blog, blog bisa menghasilkan sebuah penghasilan jikalau mempunyai pengunjung yang cukup banyak. Pengunjung datang apabila artikel yang kita tulis memang menarik dan berkualitas (dapat menyelesaikan permasalah pembaca). Dengan pengunjung yang banyak anda bisa menguangkan blog anda dengan berbagai cara seperti memasang iklan (google adsense), menyediakan jasa review produk/jasa, menjual produk/jasa sendiri, dan masih banyak lagi.

Sedikit mengutip dari artikel sugeng.id tentang Apa blogging masih menguntungkan di tahun 2020?

Disana dijelaskan penghasilan google adsense dari blog mastimon.com (blog berbahasa indonesia) dalam jangka waktu 1 tahun dari 2017-2018 mampu menghasilkan sekitar 6237.54 USD (bila dikalikan kurs rupiah 14.000/dolar maka penghasilannya sekitar 87 juta rupiah dalam satu tahun atau diangka 7 jutaan perbulan). Anda bisa menghasilkan 7 juta perbulan tanpa perlu keluar rumah hanya dengan yang namanya blog. Tapi sekali lagi perlu keseriusan untuk dapat menghasilkan 7 juta perbulan. Blog mastimon sendiri menghasilkan 6000 dolar dari 10 juta penayangan iklan adsense.

Selain dari iklan pemilik blog sugeng.id sendiri juga sudah menghasilkan nyaris 1 milyar pertama dari berjualan produk berupa tema / template untuk blogger.

Sedikit kutipan buat anda yang baru ingin memulai belajar ngeblog.
Barangsiapa Bersungguh-sungguh Maka Mendapatkannnya
Percayalah Proses Tidak Akan Mengkhianati Hasil
 Tetap fokus satu tujuan anda hingga tercapai.

Sepertinya cukup masa pengenalan atau kalau bahasa sekolahnya masa orientasinya, hehehe. Mari kita lanjut bagaimana cara membuat sebuah blog?

Berikut step by step dalam membuat sebuah blog:
  1. Menentukan tema blog anda.
  2. Menentukan nama blog anda.
  3. Menentukan platform anda ngeblog.
  4. Memulai membuat blog.

Tentukan Tema / Topik Utama Blog Anda

Ketika anda hendak membuat sebuah blog, sangat disarankan anda memikirkan apa tema atau topik atau istilahnya niche blog anda.

Walaupun anda bisa menuliskan berbagai jenis tema / topik pembahasan pada blog anda, tapi menurut saya itu kurang efektif. Ada beberapa alasan kenapa blog lebih disarankan memilih 1 topik pembahasan saja:
  1. Anda lebih mempunyai pembaca setia, karena 1 topik bahasan ini pengunjung blog anda lebih mudah mengenali blog anda. Jadi semisal blog ini pembahasannya fokus pada tutorial blogger maka pengunjung blog saya bisa tahu, kalau mau belajar atau mencari tutorial blogger mampir ke sini ah. Beda cerita kalau konten blog anda semuanya masuk, maka blog anda seperti tidak ada identitas tersendiri dimata pengunjung.
  2. Potensi mendapatkan tayangan lebih tinggi. Karena yang dibahas satu topik tadi, jadi antara satu artikel dan artikel lainnya memiliki keterkaitan yang bisa mendatangkan lebih banyak tayangan dari satu orang pengunjung blog. Jadi satu pengunjung blog bisa membaca lebih dari satu artikel karena isi dari blog ini memang relavan dengan minat mereka.
  3. Memudahkan anda dalam menulis. Ruang lingkup yang terlalu besar membuat anda bingung ketika mau menuliskan sebuah artikel, dengan topik yang dibatasi justru anda lebih bisa fokus dan mudah dalam menuliskan artikel asal tema / topik yang anda pilih memang anda sukai dan kuasai.
  4. Lebih bernilai jual dimata pengiklan. Jika anda memonetize blog anda dengan slot iklan sendiri, blog dengan tema spesifik lebih terlihat menarik dibanding yang campur-campur tema pembahasannya. Karena pengiklan memasang iklan mereka selain melihat rame tidaknya pengunjung blog anda, tema juga sangat berpengaruh. Pengiklan masuk memasang iklan yang memang sesuai dengan target pasar produk mereka. Misal blog anda membahas tentang fotografi maka mungkin saja brand kamera memawarkan kerjasama iklan atau bentuk lainnya.
Untuk menentukan tema / topik utama blog ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan:
  1. Pastikan tema atau topik utama blog yang akan anda buat adalah hal yang anda sukai terlebih dahulu (ini penting), agar kedepan anda tidak menjadi bosan dalam menulis artikel.
  2. Anda tahu dan paham topik yang akan anda bahas, disini anda tidak perlu master dalam bidang tersebut yang terpenting anda suka topiknya dan anda tahu dan paham topik yang anda akan bahas. Disini anda bisa belajar sembari membagikan ilmu kepada orang lain setelah anda memahaminya.
  3. Pastikan topik yang anda pilih juga menarik bagi orang lain, jika sudah menemukan tema yang anda sukai dan menarik bagi anda, anda juga tahu dan paham, terakhir pastikan juga bahwa yang menarik bagi anda itu juga menarik bagi orang lain apalagi jika tujuan anda ngeblog untuk mendapatkan penghasilan otomatis anda perlu mendatangkan banyak pengunjung bukan? untuk itu anda perlu juga memperhatikan tema blog anda pastikan banyak yang cari.
Mengutip dari situs panduanim.com ada beberapa tema / topik blog yang populer yang mungkin bisa jadi pertimbangan sobat dalam menentukan niche blog:
  1. Bisnis dan marketing
  2. Karir
  3. Edukasi dan sains
  4. Teknologi
  5. Olahraga/aktivitas fisik
  6. Psikologi
  7. Fitness
  8. Kesehatan
  9. Rumah dan keluarga
  10. DIY, seni, dan kreasi
  11. Pengembangan diri
  12. Gaming
  13. Politik dan sosial
  14. Berkebun
  15. Hewan dan peliharaan
  16. Fotografi
  17. Masakan, makanan, dan minuman
  18. Desain
  19. Fashion
  20. Travel
  21. Kecantikan
  22. Properti dan perumahan
  23. Kendaraan
  24. Keuangan
  25. Mainan
  26. Kegiatan outdoor (hiking, mendaki gunung, dsb.)
  27. Relationship (pacar, teman, keluarga)
Pastikan anda tidak salah dalam memilih niche blog anda karena ini tahap awal anda dalam membangun sebuah blog, jika salah maka akan salah seterusnya. Ibarat rumah anda sedang membuat pondasinya jadi haruslah kuat.

Menentukan Platform Blog Anda

Ada banyak sekali platform yang bisa anda gunakan untuk membuat blog atau istilahnya CMS (content management system) seperti wordpress.com, blogger, drupal, joomla, tumblr, wordpress.org (self hosted) dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak cms untuk membuat blog pilihan mengerucut pada 3 opsi ini saja yang menurut saya terbaik untuk saat ini.
  1. Wordpress.com (hosted)
  2. Blogger.com (hosted)
  3. Wordpress.org (self hosted)
Wordpress.com dan Blogger.com merupakan platform ngeblog gratis untuk saat ini, berbeda dengan wordpress.org yang sifatnya self hosted yang artinya kita perlu menyewa tempat untuk membangun blog kita yang dinamakan hosting dan domain.

Karena kita baru mulai mau belajar maka saya sarankan menggunakan yang gratis, yaitu wordpress.com atau blogger.com. Karena namanya gratis pasti ada hal-hal yang dibatasi, tapi dari kedua platform tersebut saya lebih merekomendasi blogger.com karena keterbatasannya lebih sedikit dibanding wordpress.com

Alasan saya tidak merekomendasikan wordpress.com
  1. Anda tidak bisa menginstall plugin tambahan seperti halnya di wordpress.org (self hosted) yang mana plugin tambahan ini sebenarnya adalah nilai tambah tersendiri dibandingkan blogger yang tidak mempunyainya. Jadi dengan yang namanya plugin anda bisa menambahkan fitur atau menu tambahan dalam blog anda yang belum ada sebelumnya dengan gampang dan mudah.
  2. Anda tidak bisa memasang iklan di versi gratisnya, wordpress.com memang gratis tapi jika blog anda ingin anda monetize maka anda anda harus berlanggan versi berbayarnya hingga yang paket premium seharga 8$ perbulan atau sekitar 100 ribuan perbulan dan 1,3 jutaan pertahun.
  3. Ruang penyimpanan blog hanya 3 GB untuk versi gratis, 3 GB memang cukup besar untuk memulai sebuah blog baru. Apalagi blog tidak memakan banyak ruang paling cuman untuk menyimpan teks artikel dan gambar blog saja, akan tetapi di lain sisi blogger menawarkan penyimpanan yang jauh lebih besar hingga 15 GB. 
  4. Tema blog terbatas hanya versi free dan anda tidak bisa menggunakan tema third party yang anda download sendiri.
  5. Pengaturan sangat terbatas tidak seperti wordpress.org (self hosted) yang sangat advanced).
  6. dan masih banyak lagi.
Dengan segala kekurangan wordpress yang versi gratis, saya sih menangkapnya memang dari pihak wordpress lebih kayak mengarahkan anda untuk main yang versi berbayar dengan kemudahan pemakaian dan jaminan kestabilan dari pihak wordpressnya atau menyewa hosting sendiri dan memasang wordpress sendiri dengan biaya yang relatif lebih murah (tergantung pihak hostingnya untuk yang standarnya bisa dengan 300-500 ribu / tahun sudah termasuk alamat domain .com / .net / .org).

Jadi disini sudah jelas ya untuk pemula yang belum ada budget uang nih pakai saja blogger.com karena mudah, tidak banyak yang dikurangi walau gratis, dan banyak sekali komunitasnya sehingga memudahkan anda dalam belajar.

Sedangkan jika anda punya uang lebih bisa langsung mencoba wordpress.org yang self hosted dengan biaya 300-500 ribuan pertahun anda bisa mendapatkan fitur dan pengaturan yang lebih advanced, kemudahan dalam penggunaan, lebih profesional, dan tidak perlu khawatir blog dihapus suatu saat karena anda sudah menyewa tempat hosting sendiri tidak menumpang seperti pada blogger.com / wordpress.com, yang mana kalau blog anda melangggar aturan bisa kena sikut yang punya karena ya numpang tadi.

Cara Membuat Blog di Blogger.com

Blogger adalah platform blog gratis yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada 2003, jadi sekarang ini blogger ada dibawah naungan Google.

Untuk bisa membuat blog di blogger.com anda harus mempunyai akun google (gmail), saya rasa di jaman now sekarang ini hampir semua orang punya akun google (untuk keperluan smartphone android biasanya). 

Silakan buka Blogger.com
Lalu klik "Create New Blog"


Maka anda akan dimintai login ke akun google anda, silakan login seperti biasa.


Selanjutnya anda akan dimintai mengisi nama profile akun blogger anda, nama ini yang akan ditampilkan sebagai nama penulis blog anda. Saran saya menggunakan nama asli saja sih.


Jika sudah anda akan disuguhi tampilan seperti dibawah ini. 


Silakan klik buat blog baru untuk membuat sebuah blog baru anda.

Maka akan keluar tampilan untuk mengisi nama blog, alamat blog, dan tema blog anda.


Jika anda masih bingung dalam menentukan nama blog anda berikut ada tips dari saya dalam menentukan nama sebuah blog:
  1. Buat nama blog sesederhana mungkin, sependek mungkin tapi bisa mempresensikan isi blog anda.
  2. Nama blog sebaiknya mudah diingat, ditulis, dan diucapkan.
  3. Untuk alamat blog pastikan sama dengan nama blog anda (agar pengunjung lebih mudah menghafal nama dan alamat blog anda).
  4. Untuk alamat blog sebisa mungkin hindari penggunaan tanda - atau angka.
Menentukan nama blog sama seperti memberi nama sebuah brand pada suatu produk pastikan anda tidak salah dalam menentukan.

Untuk tema anda bisa pilih sesuai selera mana yang menurut anda sesuai dengan topik blog anda, walau pilihannya masih terbatas nanti anda bisa mengcustom atau memasang tema dari pihak ketiga yang anda download sendiri. Akan saya bahas nanti ya di artikel yang terpisah.

Jika sudah mengisi nama blog, alamat blog dan tema silakan klik Buat Blog.

Pengenalan Tampilan dan Pengaturan di Blogger.com



Diatas sendiri anda akan menemukan logo blogger dan dibawahnya ada tulisan nama blog yang sedang aktif anda buka (bisa anda klik) maka akan muncul opsi untuk Buat Blog baru dan blog yang sudah anda buat. Jadi diblogger ini walaupun gratis anda tidak dibatasi dalam banyaknya membuat blog. Mau 1 2 3 dan seterus tetap gratis.

Lalu dibawanya ada menu-menu utama yang perlu anda ketahui.

Postingan

Menu postingan ini semua tentang postingan anda diblog, anda bisa menulis artikel blog anda pada menu ini. Jika anda klik menu ini akan muncul submenu dibawahnya seperti: Semua semua postingan anda baik yang sudah dipublish atau masih anda simpan sebagai draf.

Draf adalah artikel yang belum anda publish, baru anda simpan dan tutup mungkin untuk anda lanjutkan dilain waktu.
Diterbitkan (publish) artikel yang sudah anda publikasikan dan semua orang pembaca blog anda sudah bisa membacanya.

Untuk menulis artikel baru anda cukup klik tombol kotak berwarna orange bertuliskan "Entri baru" untuk menulis artikel baru.


Maka akan akan masuk dan disuguhkan dengan tampilan seperti dibawah ini;


Pada poin
  1. Judul postingan atau judul artikel yang anda tulis, buat semenarik mungkin tapi juga pastikan judul yang anda buat masih relavan dengan konten atau isi artikel teman-teman.
  2. Ada sederet tombol menu yang bisa digunakan untuk kustomisasi ketika menulis sebuah artikel. Mulai dari tombol untuk mengatur ukuran font, jenis huruf normal/heading/subheading, bold/italic/underline, mengatur rata kanan-kiri, memasukan foto/video dan masih banyak lagi. Saya rasa banyak dari anda yang sudah paham, jikalau belum anda cukup mengarahkan cursor mouse tepat di menu icon yang tidak tahu apa itu maka akan keluar tulisannya agar anda mengetahuinya.
  3. Tempat anda untuk menuliskan konten artikel kalian.
  4. Ada beberapa menu yang perlu anda ketahui seperti:
    Label: label bisa dikatakan kategori artikel anda, blogger menggunkan label agar artikel anda bisa tersortir berdasarkan label nantinya. Masukan 1-2 kata label anda gunakan tanda , (koma) jika memasukan lebih dari satu label. Berikut sebagai contoh:

    a. Masukan label anda jika lebih dari satu pisakan dengan koma.
    b. Dibawahnya ada daftar label yang pernah anda gunakan untuk menulis artikel (jika sebelumnya sudah menulis artikel).
    c. Selesai untuk simpan label artikel anda.

    Jadwal: untuk melakukan penjadwalan artikel, jadi jika artikel anda sudah selesai ditulis anda bisa melakukan penjadwalan untuk publish misal sekarang ini jam 12 siang dan anda mau publish jam 3 malam untuk besoknya bisa menggunakan menu ini. Cukup diklik lalu setel tanggal dan waktunya.

    Link: Untuk mengatur link postingan anda nantinya. Secara otomatis linknya akan dibuat dengan format alamatblog.blogspot.com/tahun/bulan/judul-artikel-anda.html tapi jika ingin dan dibutuhkan anda dapat mengkustom linknya khusus. Tapi secara format tetap masih sama, jadi nanti yang anda atur adalah seperti ini alamatblog.blogspot.com/tahun/bulan/anda-bisa-atur-disini.html tahun dan bulan tetap selalu anda secara default.

    Lokasi, Pilihan (anda bisa menonaktifkan komentar terkhusus artikel tersebut), dan Lainnya: tidak perlu saya jelaskan lebih detail karena memang sangat jarang digunakan apalagi untuk pemula.
  5. Anda akan melihat tombol-tombol dimulai dari yang paling kiri sendiri berwarna orange sendiri Publikasi (untuk mempublikasikan artikel), Simpan untuk menyimpan apa yang sudah anda tulis, Pratinjau untuk melihat artikel anda di simulasikan didalam blog anda. Dan terakhir paling kanan sendiri Tutup untuk menutup dan kembali ke menu utama blog anda (pastikan sudah anda simpan sebelumnya).
  6. Anda 2 menu compose dan html. Compose (yang sedang aktif) anda menulis dengan mode biasa, sedang HTML anda akan disuguhkan penulisan html artikel anda. (sekedar tahu saja).

Statistik



Sesuai namanya statistik disini anda bisa melihat statistik blog anda mulai dari jumlah postingan, follower, komentar, penayangan hingga detail jumlah penayangan perartikel anda. Anda bisa tahu mana artikel yang disukai pembaca blog anda.

Komentar



Ketika anda mempublikasi sebuah artikel maka pengunjung atau pembaca artikel blog anda bisa meninggalkan sebuah komentar ke blog anda. Jika anda punya banyak artikel, maka komentar yang masuk bisa anda cek pada Menu Komentar di Blogger ini, komentar yang masuk akan dengan mudah anda ketahui tanpa perlu cek satu persatu postingan yang sudah anda publikasikan. 

Anda 3 macam moderasi komentar, pertama anda bisa menghapus konten komentarnya saja, kedua menandai komentar tersebut sebagai spam, dan terakhir untuk menghapus komentar.

Penghasilan



Menu penghasilan ini hanya akan muncul jika anda mengatur bahasa blog anda di setelan dengan bahasa inggris. Disini anda bisa mendaftarkan blog anda di google adsense, dan jika blog anda memenuhi kriteria dari google adsense maka blog anda bisa menayangkan iklan adsense dan bisa menghasilkan uang melalui tayangan iklan.

Jadi jangan kira adsense hanya bisa untuk youtube saja. Untuk permulaan anda cukup menulis artikel sebaik mungkin, tingkatkan penayangan blog baru mungkin mencoba peruntungan di google adsense.

Halaman



Halaman ini hampir sama seperti Postingan, dimana anda akan menuliskan sesuatu lengkap dengan judulnya. Bedanya jika postingan anda publikasi maka akan mundul dihalaman index/utama/beranda blog anda. Jika anda post atau publikasikan sebuah halaman maka tidak muncul dihalaman utama blog anda. Anda perlu menlinkkan halaman ini pada menu blog anda agar pengunjung bisa tahu dan mengunjungi halaman tersebut.

Anda bisa menggunakan halaman ini seperti untuk membuat halaman Tentang saya (yang menjelaskan siapa anda), Kontak (halaman yang menjelaskan bagaimana cara mengkontak anda), dan lainnya.

Secara url pun berbeda jika postingan menggunakan format namablog.blogspot.com/tahun/bulan/judul-postingan-agan.html maka halaman ini formatnya namablog.blogspot.com/p/judul-halaman-agan.html , jangan sampai keliru kapan anda harus menggunakan postingan dan halaman.


Untuk membuat halama baru cukup klik tombol Halaman baru, maka akan muncul hampir sama seperti anda membuat postingan. Karena ini halaman maka tidak ada istilah label/kategori yang ada saat membuat postingan.


Tata Letak

Tata letak/Layout sesuai namanya kita bisa mengatur dan memodifikasi tatanan blog kita. Dalam blogger ada yang namanya widget/gadget atau gampangnya aksesoris atau tambahan yang bisa kita berikan diblog kita untuk menunjang blog kita.


Banyak yang bisa kalian eksplor disini saya akan menjelaskan poin pentingnya saja.
  1. Desainer Tema
    Jika anda klik anda akan masuk untuk melakukan customisasi tampilan tema blog anda mulai dari jenis font, ukuran font. lebar tema blog anda, warna background dan masih banyak lagi.

    Namun fitur customisasi tema in hanya bisa jika tema yang anda gunakan mendukungnya, semua tema bawaan blogger bisa melakukan customisasi ini dan beberapa tema pihak ketiga juga support.

    Seperti ini tampilan dari Desainer Tema di Blogger, silakan lakukan customisasi sesuai preferensi pribadi anda dan tekan simpan untuk mengaplikasikan perubahan yang anda lakukan.

  2. Kedua anda bisa mengeser atau mengubah posisi gadget/widget blog anda yang sudah ada, cukup lakukan dengan drag and drop atau tarik dan geser ke tempat yang anda inginkan.

    Geser gadget ke tempat yang anda inginkan.

    Setelah itu jangan lupa disimpan.
  3. Poin 3 anda bisa menambahkan gadget/widget dengan klik tulisan Tambahkan Gadget pada sisi tata letak yang ingin anda tambahkan maka akan muncul jendel browser baru seperti dibawah ini;

    Ada banyak gadget baru yang bisa anda tambahkan, anda bisa melihat penjelasan dibawahnya untuk mengetahui fungsi gadget tersebut dan untuk menambahkan cukup tekan tanda + (plus) disamping kanan gadget yang ingin anda tambahkan.
    Sebagai contoh diatas saya menambahkan gadget Arsip, maka anda akan diminta untuk pengaturannya silakan dicoba-coba sendiri (tidak ada yang salah sembari belajar) jika tekan simpan.
Untuk gadget sendiri anda tidak perlu terlalu banyak karena hanya akan membuat pengunjung bingung, selain itu terlalu banyak gadget membuat loading blog anda ketika diakses pengunjung semakin lama. Jika blog anda lama diaksesnya tentunya berpengaruh ke kenyamanan pembaca blog anda.

Beberapa gadget/widget yang bisa anda pertimbangkan untuk dipasang:
  1. Entri populer / Populer posts
  2. Label
  3. Arsip 
  4. Profile
  5. Pencarian
  6. Halaman (untuk menampilkan halaman yang anda buat)

Tema




Disini anda bisa melakukan customisasi tema yang anda gunakan dan menganti tema blog anda dengan pilihan yang tersedia. Jika anda tekan sesuaikan anda akan masuk ke desainer layout (seperti yang di tata letak tadi) untuk menyesuaikan tema yang anda gunakan mulai dari jenis font, ukuran font, lebarnya, tata letaknyanya, dan masih banyak lagi.

Jika anda ingin menganti tema cukup klik tema yang ingin anda gunakan disana, anda bisa melakukan preview terlebih dahulu diblog anda apakah cocok atau tidak. 


Pemilihan tema kembali lagi ke selera anda masing-masing pastikan masih relavan dengan bahasan artikel blog anda. Selain menggunakan tema bawaan yang sudah ada dipilihan di blogger anda bisa juga menggunakan tema dari luar buatan orang lain, untuk caranya.
  1. Anda cari tema blogger di google, bisa menggunakan kata kunci "Free Blogger Template".
  2. Silakan dipilih mana yang sesuai dengan selera dan blog anda, jika sudah menemukannya maka silakan didownload Tema/Template tersebut.
  3. Biasanya format file yang diberikan pembuat tema/template .zip / .rar maka lakukan ekstrak terlebih dahulu.
  4. Jika sudah masuk kedalam foldernya anda akan menemui file dengan format xml, silakan diklik kanan, lalu Open with file tersebut dengan aplikasi Notepad.
  5. Maka akan terbuka dinotepad, silakan seleksi semua kodenya dengan menekan CTRL + A, lalu copy dengan menekan CTRL + C.
  6. Sampai disini anda sudah mengcopy kode file template yang akan anda gunakan, silakan masuk ke Tema di Blogger anda lalu klik icon titik 3 disebelah kanan layar anda, maka akan keluar menu sebagai berikut, pilih yang Edit HTML.
  7. Maka akan keluar seperti dibawah ini, silakan seleksi semua caranya klik dulu cursor mouse didalam kode template lalu CTRL + A (untuk seleksi semuanya)

    kalau sudah silakan pastekan kode yang sudah anda copy dari notepad tadi bisa dengan klik kanan Paste atau CTRL + V. Jika sudah anda timpa kode tema/template dengan yang baru jangan lupa tekan simpan pada pojok kanan bawah layar (icon save).

Setelan

Disini anda bisa melakukan banyak pengaturan diblog anda. Mulai menganti judul blog, deskripsi blog, alamat blog, privasi blog, alamat url blog, bahasa blog, zona waktu dan masih banyak lagi.

Perlu anda ketahui untuk memunculkan menu Penghasilan anda perlu mengubah Bahasa menjadi Inggris, seperti ini.


Selanjutnya bisa anda eksplor sendiri tentang setelan ini, atur saja yang anda ketahui dan anda perlukan.

Itu dia sendikit pembahasan tentang tutorial membuat blog, masih banyak yang belum bisa saya jelaskan, namun inti-intinya saya rasa sudah tercover tinggal anda pelajar sembari mencobanya. 

Sedikit analogi dari saya mungkin bisa membantu anda yang serius untuk blog sebagai pekerjaan. 
Blog itu bisa kita ibaratkan semua rumah makan, artikel itu adalah menu makanan yang anda jual. Jika anda menjual makanan yang enak pasti orang akan ramai berdatangan, tapi ingat juga tentang persaingan semakin umum artikel yang anda bahas atau semakin banyak rumah makan yang jual menu tersebut maka persaingan anda akan semakin berat. Berat persaingan di pencarian mesin pencari digoogle. Kedua tampilan blog itu ibarat tampilan warung anda pastikan membuatnya nyaman, kalau blog pastikan gak lemot deh diakses dan gak membuat pengunjung bingung dengan navigasi yang ada. Terakhir promosi blog juga perlu promosi agar pengunjung berdatangan tapi tetap yang utama adalah menunya/masakannnya atau kualitas artikel sobat. Jangan terpacu dengan kuantitas artikel perhatikan juga kualitas. Keep bloging dan semangat berbagi ilmunya.
Semoga bisa bermanfaat jika ada pertanyaan bisa ajukan dikolom komentar.

Berlangganan via Email