Cara Mudah Install Gcam Terbaru di Semua Android Anti Gagal

Oleh Arif Rachman Hakim
Multimedialy.com - Gcam atau Google Camera sebenarnya adalah aplikasi kamera dari google untuk lini produk smartphone buatan mereka seperti nexus dan pixel series. Aplikasi google ini mulai booming saat munculnya Google pixel series dimana disaat produsen smartphone berlomba-lomba dengan banyaknya jumlah kamera, Google pixel dimana series 1 hingga 3 masih menggunakan 1 kamera saja.

Tapi jangan salah masalah hasil Google Pixel berhasil membungkam yang lain, ini bahwa kualitas foto bukan hanya ditentukan oleh hardwarenya. Karena secara hardware sebenarnya juga tidak bisa dikatakan wah, sampai google pixel series 4 masih menggunakan sensor kamera utama 12 mp sensor sony imx 363, tidak jelek tapi sudah banyak smartphone mid range juga sudah menggunakan jenis sensor kamera yang sama. Tapi soal kualitas, jangan di tanya pixel series punya kualitas jempolan. Ini memberi tahu kita bahwa kualitas kamera tidak melulu soal hardware tapi ada peran software.

Disinilah istimewanya software google kamera buatan google ini, ya tahu sendiri google yang buat android jadi pasti tahu cara merancang software yang memang bisa mengoptimalkan kemampuan kamera disistem operasi mereka.

Nah sedikit cerita awal mulanya google camera ini hanya ekslusif untuk produk smartphone besutan google seperti nexus dan google pixel, namun karena tangan-tangan hebat developer android di XDA forum mampu membuat aplikasi google kamera ini dapat diportingkan/dipasangkan ke smartphone non buatan google.


Tapi pada saat itu hanya bisa digunakan untuk smartphone dengan chipset snapdragon, kenapa? karena google pixel sendiri menggunakan snapdragon jadi aplikasi gcam ini dibuild oleh google untuk smartphone mereka dengan chipset snapdragon. Namun seiring waktu sekarang pun sudah ada gcam yang support untuk smartphone chipset lain seperti exynos atau mediatek (tapi tidak sebaik dan sekompatibel dari snapdragon).

Langsung saja kita mulai tutorial untuk menginstall google camera ini di smartphone temen-temen semuanya;

Pertama

Untuk bisa menggunakan aplikasi google kamera ini smartphone yang anda gunakan harus sudah aktif camera2api-nya , kebanyakan smartphone keluaran sekarang (dengan android versi 9.0 keatas) sudah aktif Camera2Api-nya dari bawaan.

Baca juga: Cara Memperpanjang Masa Aktif Tri

Untuk mengetahui camera2api sudah aktif bisa cari aplikasi di playstore "Manual Camera Compatibility" lalu install seperti biasa dan buka aplikasinya.


Jika hasilnya centang hijau semua berarti smartphone anda sudah aktif camera2apinya dan bisa diinstall aplikasi google camera.
Jika belum aktif maka akan seperti dibawah ini hasilnya, ini artinya Camera2Api smartphone anda belum aktif. 


Bisa anda aktifkan secara manual salah satu caranya dengan menroot dan mengaktifkannya melalui edit.prop tapi tidak akan saya bahas disini pembahasannya akan panjang karena untuk root tidak merk smartphone punya caranya tersendiri. 

Kedua

Jika sudah memastikan camera2api smartphone anda sudah aktif dan centang hijau semau anda tinggal mendownload aplikasi google camera dan menginstall seperti menginstall aplikasi pada umumnya.

Tapi perlu diingat aplikasi gcam ini tidak ada diplaystore, hehehe.. Masih banyak yang mencari gcam diplaystore, memang ada sih tapi bukan yang itu.

Anda bisa dowload di https://www.celsoazevedo.com/files/android/google-camera/ ada banyak sekali versi gcam disana mungkin anda akan bingung mau download yang mana.

Silakan masuk ke suggested version saja disini https://www.celsoazevedo.com/files/android/google-camera/dev-suggested/ silakan download sesuai versi android kalian, akan ada beberapa pilihan silakan dicoba karena setiap smartphone bisa beda cocoknya sama versi yang berapa.


Install seperti biasa,




Jika sudah silakan dibuka untuk mencobanya


Jika diminta permintaan akses silakan ijinkan.

Tara, gcam berhasil diinstall silakan anda coba-coba gcamnya jika ada banyak fitur yang belum kompatibel bisa anda coba versi yang lain, dicoba-coba saja sampai benar-benar ketemu yang cocok dengan smartphone anda.

Baca juga: Komposisi dalam Fotografi

Berikut beberapa hasil foto dari saya selama menggunakan google camera ini di smartphone saya (redmi 5).





Baca juga: Cara Download Foto di Instagram HD

Smartphone saya Redmi 5 rilis diakhir tahun 2017 (sudah hampir 3 tahun) dan saat barunya pun smartphone entri level 1 jutaan bisa menghasilkan foto yang cukup baik dan bersaing dengan smartphone keluaran sekarang.

Dinamic range meningkat, lebih detail, low light jauh lebih baik dan videopun stabill. Overall gcam membawa banyak perbaikan secara kualitas pada kamera smartphone, bukan membuat kamera hpmu jadi terbaik tapi mampu mengeluarkan seluruh potensi kamera smartphone anda. Karena kemampuan hardware kamera smartphonemu dipush dengan software ajaib bernama google kamera.

Sekian pembahasan saya tentang installasi google camera semoga bisa bermanfaat jika ada pertanyaan silakan drop komentar dibawah.