Cara Mengatasi "Movie recording has stopped automatically" Pada Kamera Canon

Oleh Arif Rachman Hakim
Multimedialy.com - Bagi anda pengguna kamera Canon baik lini DSLR ataupun Mirrorless mungkin anda sudah tidak asing dengan pesan "Movie recording has stopped automatically" yang muncul di layar screen kamera kalian pada saat melakukan perekaman video. Ini cukup menganggu apalagi jika anda membutuhkan perekaman video durasi panjang dan baru record sebentar sudah muncul pesan itu akhirnya anda terpaksa mengulangnya lagi.


Lalu apa sih penyebabnya kamera Canon anda muncul pesan "Movie recording has stopped automatically" secara terus-menerus.

Jawabnya adalah memori yang anda gunakan pada kamera anda tidak sesuai dengan yang dibutuhkan dengan kamera yang sedang anda gunakan.


Dalam memori kamera adalah istilah class, class ini menandakan kecepatan baca tulis memori tersebut. Bila class 4 maka kecepatan minimal yang bisa diberikan memori tersebut adalah 4MB/s untuk read/write, class 10 berarti 10MB/s dan ada memori yang lebih cepat lagi UHS 1 10MB/s UHS 3 30MB/s.

Jika anda melakukan perekaman video dengan resolusi Full HD (1920x1080) setidaknya memori kamera yang anda gunakan sudah class 10 untuk perekaman yang lebih aman tanpa stopped ditenggah jalan. Dan kalau anda record 4K maka gunakan memori UHS 3 untuk amannya.

Berikut tabel yang bisa anda gunakan sebagai acuan dalam penggunaan memori


Jadi jika kamera anda sedikit-sedikti stopped recording bisa dipastikan penyebabnya itu adalah memori yang anda gunakan classnya tidak sesuai dengan mode perekaman yang anda gunakan silakan ganti dengan memori dengan class yang lebih tinggi.

Namun jika pesan Stopped recording terjadi setelah anda record durasi cukup lama dan memori yang anda gunakan anda rasa sudah sesuai bisa jadi dikarenakan kamera anda overheat akibat pemakain yang cukup panjang, cukup berenti sejenak hingga suhu kamera menjadi normal.

Baca juga: Cara Mengganti Lensa Kamera DSLR/Mirrorless

Itu dia cara mengatasi "Movie recording has stopped automatically" Pada Kamera Canon, semoga bisa bermanfaat.