Cara Mengganti Lensa DSLR/Mirrorless

Oleh Arif Rachman Hakim
Multimedialy.com - Ada banyak sekali tipe dan jenis kamera digital masing-masing mempunya kelebihan, kekurangan dan fungsinya masing-masing. Untuk saat ini kamera DSLR dan Mirrorless cukup populer karena memiliki banyak kelebihan salah satunya adalah lensanya yang bisa kita ganti.

Umumnya jika anda membeli kamera DSLR atau Mirrorless anda akan diberikan lensa bawaan atau lensa kita (kecuali jika anda beli body only), lensa kit ini secara kualitas ya biasa aja lah. Selain itu lensa kita juga belum bisa mencangkup sebagian besar kebutuhan kita.


Anda bisa mengganti lensa dengan lensa prime atau lensa fix zoom untuk mendapatkan bukaan lensa yang lebih besar (untuk foto lowlight dan bokeh-bokehan) atau lensa yang telephoto untuk foto objek yang jauh seperti burung atau lensa wide untuk foto pemandang agar lebih dramatis.

Intinya disini setiap lensa punya karakteristik dan fungsinya masing-masing, anda butuh lensa A untuk skenario ini, lensa B untuk skenario ini.

Untuk cara melepas dan menganti lensa ini sebenarnya bisa anda temui di buku manual didalam box kamera anda, karena setiap brand ada sedikit perbedaan walaupun secara garis besar sama.

Berikut cara untuk menganti lensa kamera dslr atau mirrorless:
  1. Pertama pastikan tempat dimana anda ingin menganti lensa ini bersih debu, pasir, air, kotoran, dan juga minim angin yang bisa menerbangkan debu dan pasir. Sebisa mungkin ditempat yang tertutup dan bersih pastinya.
  2. Matikan kamera DSLR atau Mirrorless anda, karena jika kamera dalam kondisi menyala atau on (dan juga sedang aktif live preview) maka sensor kamera akan dalam kondisi terbuka hal ini beresiko membuat sensor kotor terkena debu saat membuka lensa. Dan juga ada beberapa jenis sensor yang menarik debu jika dialiri listrik, so matikan kamera sebelum melepas lensa anda.
  3. Siapkan lensa pengganti didekat kamera dan pastikan sudah membuat tutup lensa belakangnya, agar proses saat menganti lensa anda tidak lama saat kondisi sensor kamera terbuka (meminimalkan debu masuk).
  4. Buka lensa kamera dengan cara tekan tombol pelepas lensa, lalu putar lensa berlawanan arah jarum jam (untuk kamera Canon, Sony, Fujifilm) dan searah jarum (untuk kamera Nikon).


  5. Pasang lensa yang ingin anda pasang dengan masukan lensa ke dudukan lensa pada bodi kamera temukan titik yang berawarna sama pada lensa dan kamera lalu putar searah jarum jam (untuk Canon, Sony, Fujifilm), dan berlawan arah jarum jam untuk (untuk Nikon).


  6. Selesai, jangan lupa tutup lensa yang sudah diganti agar tidak kotor juga tentunya.
Itu dia cara mudah untuk menganti lensa pada kamera DSLR ataupun Mirrorless, semoga bermanfaat.