Hilangnya Budaya Blogwalking

Hilangnya Budaya Blogwalking

Multimedialy.com - Blogwalking mungkin blogger jaman now sudah mulai meninggalkannya, sudah sangat jarang sekali kita melihat aktifitas blogwalking ini ditahun 2020 sekarang ini.

Berbeda dengan dulu saat pertama kali saya ngeblog di tahun 2013 dimana blogwalking ini merupakan hal yang banyak blogger lakukan. Hampir semuanya melakukan blogwalking mulai dari newbie sampai pro pun masih pada ikutan.


Buat yang belum tahu blogwalking bisa diartikan kita berkunjung, saling follow blog, dan meninggal komentar artikel blog teman kita sesama blogger.

Sebagai blogger yang mengalami 2 masa tersebut, masa dimana blogwalking itu sangat sering dilakukan dan masa sekarang dimana nyaris tidak ada yang peduli akan blogwalking. Mereka hanya menulis artikel, mainkan seo, dan pengunjung datang dari google. Tidak perlu blogwalking atau apalah itu yang penting fulus lancar.

Jujur saya merasa ada yang kurang ngeblog tanpa blogwalking.

Blogwalking menurut saya bukan hanya soal mendatang traffik, tapi ada yang namanya interaksi kita sesama manusia sesama blogger.

Sayapun berpikir dan berdasarkan pengalaman, sebenarnya blogwalking di 2020 ini lebih banyak manfaat atau mudhorotnya.

Kesimpulan dari saya;

Manfaat blogwalking bagi seorang blogger:
  1. Menambah ilmu dan pengetahuan
    Dengan blogwalking kita otomatis membaca artikel dari blog teman. Kita sebagai seorang blogger jadi dituntun membaca lebih banyak lagi, memperkaya ilmu, dan bisa jadi ilmu tersebut baru dan bermanfaat bagi hidup kita.
  2. Memperkaya gaya bahasa dalam penulisan blog
    Dengan blogwalking kita bisa membaca berbagai gaya bahasa orang dalam menjelaskan sesuatu. 1 artikel dengan topik yang sama bisa beda pembahasannya ada yang menarik dibaca dan ada yang tidak. Disini anda bisa sambil belajar dan memperbaiki gaya bahasa penulisan artikel anda jika dirasa kurang menarik.
  3. Menjadi relasi sesama blogger
    Kita sebagai blogger tentunya juga makhluk sosial. Bersosialisasi dan memiliki banyak teman sesama blogger sangat bermanfaat tentunya. Anda bisa mengenal seorang blogger lebih dekat, mengajak bekerjasama, dan masih banyak lagi.
  4. Memotivasi diri sendiri
    Jujur kalau anda membangun blog untuk sebuah penghasilan itu sangat berat perlu perjuangan yang keras. Itu yang saya rasakan diawal tahu 2013 saat saya pertama kali ngeblog. Saat itu pengunjung tidak seberapa, penghasilan anggap saja nol. Tapi karena adanya blogwalking, saling support saling komentar menjadi pemecut saya dalam membangun blog. Melihat orang-orang berkomentar jadi motivasi saya untuk menulis, lama-lama banyak artikel yang saya tulis banyak pencarian dari google masuk dan akhir bisa payout perdana dari google adsense. Semua proses itu tidak begitu terasa berat karena blogwalking menurut saya.
Manfaat blogwalking bagi blog itu sendiri:
  1. Pembaruan konten
    Komentar yang masuk ke blog anda itu bisa menjadi pembaruan konten karena ada penambahan teks pada konten blog anda. Google sendiri menyukai konten yang up to date yang selalu diperbarui berkala. Tentunya disini komentar yang benar-benar relavan dengan artikel dan tidak spam.
  2. Menarik banyak keyword baru
    Komentar yang berkualitas bisa menarik keyword baru yang belum ada dikonten blog anda. Misal seseorang bertanya sesuatu yang belum dibahas diartikel dan dibalas oleh anda sebagai admin. Point pertanyaan dan jawaban tadi bisa jadi disearch di google, blog anda bisa masuk ke keyword tersebut karena memang ada isi tentang tersebut dikolom komentar.
  3. Saranan promosi gratis
    Anda bisa saling follow, saling berkunjung, dan saling berkomentar itu merupakan cara membangun network blog anda. Buat anda blogger kecil yang baru memulai inilah cara untuk menjadi besar dan bersaing dengan situs besar. 
Mudhorotnya blogwalking menurut saya adalah para blogger malas yang maksa blogwalking, tidak membaca artikelnya maksa berkomentar sehingga komentar tersebut kurang relavan dan hanya spam saja. Tapi anda bisa menggunakan moderasi pada komentar untuk mencegah komentar seperti itu. Dan juga anda bisa mengedukasi sesama blogger untuk cara blogwalking yang baik. Beres bukan?

Buat kalian yang sering ngeluh keyword pencarian digoogle yang di embat semua sama tribun coba deh satukan kembali kekuatan kebersamaan kita sesama blogger. Hidupkan kembali blogwalking, berkunjung, saling follow, saling komentar dengan tutur yang baik. Saya yakin tribun gak ada apa-apanya dibanding blog kalian.

Mari kita hidupkan lagi semangat blogwalking.

Anda bisa berteman dengan saya di Facebook karena saya sedang ingin membangun circle pertemanan saya dengan sesama blogger yang blogwalking ria.

Salam blogger.  

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar