Membuat Home Recording Studio Dirumah, Apa Saja Yang Dibutuhkan?

Membuat Home Recording Studio Dirumah, Apa Saja Yang Dibutuhkan?

Multimedialy.com - Jaman sudah berubah, trend pun sekarang berubah. Sekarang ini di youtube yang sering kita akses, banyak sekali konten-konten seperti cover musik, podcast ataupun voiceover. Semua hal tersebut sangat bergantung kepada kualitas audio. Studio musik adalah tempat yang pas untuk melakukan recording audio dengan kualitas yang baik. Karena alat dan tempatnya sudah diset sedemikian rupa agar optimal untuk recording audio.

Kalau dulu kalau kita butuh studio musik untuk keperluan recording mungkin kita perlu menyewa studio, kita belum bisa membuat sendiri karena selain uang yang dibutuhkan untuk membuat studio mahal juga apa saja yang dibutuhkan untuk membuat home recording studio kita belum tahu.

Jika anda seorang konten kreator atau baru ingin menjadi konten kreator seperti yang saya sebutkan diatas yang sering buat cover musik, membuat podcast atau seorang voiceover maka sangat penting bagi anda untuk membuat home recording studio sederhana dirumah, kali ini saya akan membuatkan tutorial membuat home recording studio sederhana dirumah. Apa saja yang anda butuhkan, so berikut pembahasannya.

Ruangan

Pertama yang perlu anda siapkan adalah ruangan untuk home recording studio anda. Ruangan yang baik perlu agar hasil rekaman home studio anda tidak noisy dan roomy.

Roomy sendiri adalah noise yang tercipta akibat pantulan suara saat recording. Jadi saat anda recording suara yang anda rekam memantul ke tembol, lantai, atau atap ruangan sehingga audio yang dihasilkan kurang baik. Untuk mengatasinya anda perlu melakukan acoustic threadment pada ruangan anda.

Untuk home recording studio yang perlu anda lakukan adalah memasang sebagai berikut;

Busa Peredam


Busa peredam ini harganya relatif murah, anda bisa menaruhnya pada tembok-tembok ruangan home recording anda. Tujuannya agar tidak ada pantulan suara yang masuk ke mic saat melakukan recording. Dan juga tidak ada pantulan suara yang membuat anda salah mendengar frekuensi suara dari speaker diruangan tersebut sehingga anda bisa mendengar lebih baik lagi suara dari speaker anda.

Karpet 


Jika lantai atau atap anda menggunakan bahan keras seperti keramik atau semen maka perlu juga peredam, kecuali lantai dan atap anda berbahan kayu. Kayu sendiri merupakan salah satu bahan yang kedap suara. Gunakan karpet jika lantai atau atap ruang tidak berbahan kayu untuk meredam pantulan suara pada lantai dan atap atau langit-langit ruangan home recording studio anda. Semakin tebal karpet semakin baik meredam pantulan suara.

Gorden Tebal


Jika ruangan yang anda gunakan terdapat pintu atau jendela,anda bisa menggunakan tirai atau gorden yang tebal untuk mengurangi suara noise yang masuk dari luar ke dalam ruang anda dan juga meredam pantulan suara (sebagai acoustic threadment).

Bass Trap


Bass trap merupakan absorted atau peredam juga sama seperti busa peredam diatas. Hanya saja peredam busa seperti diatas hanya mampu meredam suara frekuensi mid-high. Untuk frekuensi low atau yang ngebass perlu bass trap. Bass trap ini diterapkan pada sudut-sudut ruangan, karena pada sudut-sudut ruangan suara bass akan digandakan.

Sebagai contoh untuk acoustic threadment yang mungkin bisa anda tiru


Komputer

Setelah memiliki ruangan dengan acoustic threadment selanjutnya ada memerlukan yang namanya komputer. Anda bisa menggunakan laptop atau desktop pc. Gunakan laptop atau desktop pc yang anda miliki. Jika anda belum punya keduanya maka saya lebih menyarankan membeli sebuah desktop pc alasannya sederhana yaitu desktop pc jauh lebih powerfull, lebih murah dibanding laptop dan juga desktop pc memungkin opsi upgrade dimasa depan mulai dari processor, vga, ram, hardisk semua komponen bisa diupgrade.

Untuk spek agar lebih nyaman dan optimal saya menyarankan minimal menggunakan processor Intel Core i3 / AMD Ryzen 3 dengan RAM minimal 4 GB, gunakan SSD karena SSD jauh lebih cepat dan awet. Tapi jika budget terbatas hardisk juga tidak masalah.

Baca juga: Spesifikasi Komputer Untuk Studio Recording Profesional

Software DAW (Digital Audio Workstation)

Setelah komputernya ready yang harus anda lakukan selanjutnya adalah menginstall software DAW pada komputer anda. 

DAW (Digital Audio Wordstation) yaitu sebuah software yang bisa kita gunakan untuk merekam, mengedit, playback data audio maupun midi untuk membuat sebuah konten audio seperti musik, voiceover, podcast dan lain sebagainya.

Banyak sekali software daw yang bisa anda gunakan seperti Pro Tools, Cubase, Nuendo, Studio One, FL Studio, Audacity, Adobe Audition, dll. Untuk anda yang berbudget minim bisa menggunakan software DAW yang gratis yang cukup populer juga seperti seperti Studio One dan Audacity.

Untuk tutorial penggunannya banyak sekali di internet anda bisa belajar melalui youtube atau tutorial melalui blog.

Audio Interface



Audio interface atau sound card eksternal kita butuhkan untuk menerima semua input perangkat audio untuk diubah ke digital audio data sehingga bisa diproses oleh komputer. Jadi audio interface ini bisa dikatakan jembatan semua perangkat audio anda mulai dari mic, headphone, speaker, dll ke komputer. Audio interface ini nanti akan konek ke komputer dengan colokan usb.

Untuk pemilihan audio interface disesuaikan juga kebutuhan, butuh berapa channel atau colokan. Kita mungkin butuh 1 mic doang atau 2 mic atau 1 mic dengan gitar dll. Semakin banyak channel yang dibutuhkan maka juga semakin mahal juga harganya.

Untuk harganya bermacam-macam tergantung fitur dan kualitas yang ditawarkan. Anda bisa mencari review produk audio interface dengan harga 1jutaan, dibawahnya atau diatasnya diinternet.

Ada beberapa brand ternama yang cukup populer didunia audio interface seperti Focusrite, 2 Behringer, M-Audio, Steinberg, Avid, dan masih banyak lagi.

Perlu anda ketahui beberapa Audio interface ada yang include atau menyertakan software DAW pada paket pembelian, so anda bisa pakai juga.

Mic

Untuk mic studio sendiri ada 2 tipe yang sering digunakan yaitu mic condenser dan mic dinamik.



Mic condenser memiliki kelebihan sensitifitas yang lebih tinggi mampu menangkap suara low hingga high dengan baik sehingga mendapatkan detail suara yang lebih baik dibanding mic dinamik. Mic dinamik memiliki sensitifitas yang tidak sebaik condenser tapi secara harga mic dinamik lebih murah. Jika ruangan home recording studio anda masih sedikit berisik ada suara-suara dari luar yang masuk, maka penggunaan mic dinamik akan lebih bijak karena mic dinamik lebih tidak sensitif sehingga suara noise dari luar lebih tidak terdengar jelas. Dinamik atau condensor semua tergantung situasi dan kebutuhan.

Ada beberapa merk mic condenser yang terkenal di indonesia seperti rode, audio technica, mxl, m-audio, sterling audio, behringer, Alctron, dll.

Ada bisa mencari review mic condenser dan dinamic di internet, sesuaikan dengan budget anda masing-masing.

Pop Filter



Pop filter ini merupakan penyaring berupa kain khusus yang ditaruh didepan mic, fungsinya agar suara nafas yang keluar dari mulut kita saat recording tidak masuk ke mic. Jadi suara nafas yang gedabrus tidak masuk mic.

Speaker Monitor



Speaker monitor sesuai namannya speaker ini berfungsi untuk memonitoring hasil audio yang anda buat. Speaker monitor ini biasa kita colokan dalam audio interface. Speaker monitor ini memiliki karakteristik yang netral alias speaker yang jujur tidak ada penambahan high-low atau trebel-bass. Speaker monitor ini berbeda dengan speaker multimedia biasa, dimana speaker multimedia berusaha membuat audio tersebut lebih terdengar enak ada yang menonjolkan high (trebel) ada yang menonjolkan low (bass). Untuk kegiatan produksi audio distudio anda perlu speaker monitor ini.

Beberapa brand ternama speaker monitor seperti JBL, Neumann, Seinnheiser, Audio Technica, AKG, dll.

Headphone


Headphone disini ada headphone yang memang khusus untuk studio atau headphone studio. Hampir sama seperti speaker monitor, headphone studio ini juga memiliki karakteristik yang netral jadi suara keluaran memang asli tidak ada tune untuk mengenakan, jadi untuk produksi audio kita tidak akan tertipu. Kita perlu headphone untuk memonitor audio lebih detail lagi.

Beberapa brand headphone yang terkenal seperti Sony, Seinnheiser, AKG, Shure, Samson, dll.

Midi Controller



Yang ini mungkin hanya sebagian dari kalian yang membutuhkan terutama yang bermain dengan musik. Midi controller ini adalah alat untuk mengontrol software musik virtual. Midi controller ini ada berbagai macam bentuk seperti keyboard, pad, perkusi, alat dj, dan masih banyak lagi.

Itu dia alat-alat yang anda butuhkan untuk membuat home recording studio, perihal biaya yang dikeluarkan tergantung alat-alat yang anda beli apakah yang memang mahal dari brand ternama dan memang berkualitas atau dari brand-brand yang murah tapi kualitas nomor sekian. Jika anda seorang profesional maka tidak ada ruginya mengeluarkan kocek lebih dalam sebagai investasi anda. Anda bisa melakukan banyak hal dirumah dengan home recording studio anda.

Sekian dari saya semoga bermanfaat.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar