Produktif Ngonten di Bulan Ramadhan #DirumahAja

Oleh Arif Rachman Hakim
Multimedialy.com - Marhaban Ya Ramadhan, pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat datang bulan suci penuh berkah semoga kita termasuk orang-orang yang mendapatkan kerberkahan dibulan ramadhan.

Menahan lapar dan haus bukan suatu alasan kita untuk bermalas-malasan untuk berkegiatan dan produk di rumah. Karena jika kita bermalas-malasan kita tidak akan mendapatkan keberkahan dibulan ramadhan.

Ada yang berbeda ramadhan ini dengan ramadhan sebelum-sebelumnya yang sudah kita lalui. Dimana kita negeri kita tercinta ini sedang bersusah hati karena sedang dilanda wabah pendami virus covid-19. Pemerintah menganjurkan kita untuk berada di rumah saja dan meniadakan kegiatan diluar rumah demi kebaikan bersama memotong mata rantai penyebaran virus covid-19.

Mulai dari kegiatan bersekolah, kerja, dan ibadah semua dilaksanakan dari rumah. Karena di rumah aja tentunya anda akan punya banyak waktu luang yang sangat sayang jika hanya anda lalui dengan hal-hal yang tidak produktif, jangan malas-malasan nanti berkurang keberkahan ramadhannya.

Kali ini saya akan share apa 2 hal produktif yang saya lakukan selama di bulan Ramadhan selama masa #DirumahAja yaitu berlatih fotografi dan ngeblog. Mungkin anda bisa mencobanya, tidak ada salahnya juga.

Untuk melakukan 2 hal produktif tadi saya tidak perlu alat yang mahal-mahal dan saya yakin kalau teman-teman semuanya mau ikutan pasti bisa. Cukup dengan smartphone saja, pasti punya kan?

Fotografi Smartphone di Bulan Ramadhan Edisi #DirumahAja

Dalam dunia fotografi alat seperti kamera adalah media rekam untuk menangkap cahaya.

Tanpa adanya cahaya fotografi tidak ada, fotografi sendiri berasal dari 2 kata photos (cahaya) dan grafo (menulis/melukis) makanya anda sering mendengar istilah melukis dengan cahaya dalam fotografi.

Jika anda bermain fotografi dengan smartphone anda sebagai pengguna kamera smartphone tersebut harus sudah paham seluk beluk kelemahan dan keungulannya.

Berbeda dengan kamera DSLR/Mirrorless, kamera smartphone memiliki ukuran sensor kamera yang lebih kecil. Ukuran sensor lebih kecil artinya cahaya yang bisa diterima lebih sedikit. Ini yang membuat kamera smartphone sangat rawan noise saat menangkap foto kurang cahaya. Noise sendiri adalah titik-titik berwarna yang menganggu keindahan dan ketajaman foto.

Teknis fotografi smartphone yang selamat ini saya lakukan:

#1. Pencahayaan, pastikan saat mengambil gambar cahayanya cukup. Apalagi jika smartphone yang anda gunakan entri level biasanya kemampuan low light tidak cukup baik. Cobalah foto outdoor mulai dari pagi dan sore hari.
Kenapa pagi dan sore hari?

Siang tidak saya rekomendasikan?

Karena saat siang hari matahari tepat diatas cahaya yang dihasilkan cenderung rata atau flat sehingga membuat foto terlihat biasa dan kurang menarik. Cobalah foto diwaktu pagi atau sore hari saat matahari lebih serong ke timur dan barat sehingga cahaya dari mata memberikan dimensi pada foto anda.

#2. Pastikan lensa kamera smartphone bersih dan jika kotor bisa menlapnya dengan kain bersih atau kain micro fiber (kain khusus untuk membersihkan lensa/kain lap lensa kacamata).

#3. Untuk cara memegang smartphone pastikan sestabil mungkin. Gunakan kedua tangan untuk memegang smartphone, jangan terlalu kaku memegangnya, jepitkan tangan ke kedua pingang agar lebih stabil. Karena jika tangan anda bergoyang karena tidak stabil dalam memegang kamera foto yang dihasilkan akan blur.

#4. Cara memotret jangan terlalu kasar dalam memotret karena smartphone touchscreen tidak perlu menekan terlalu kasar. Menekan terlalu kasar hanya membuat smartphone bergoyang dan hasil foto menjadi blur.

#5. Nyalakan mode HDR untuk mendapatkan dinamik range yang lebih baik, saya lebih merekomendasikan untuk menyalakannya. Saya juga kurang merekomendasikan menyalakan flash pada saat memotret ditempat gelap, menurut saya cahaya dari flash membuat foto kurang natural.

#6. Coba foto dengan objek yang sama berkali-kali dengan sudut pengambilan gambar yang berbeda.

Berikut beberapa hasil foto yang saya jepret selama dirumah aja;









Ngeblog di Bulan Ramadhan Edisi #DiRumahAja

Kalau ngevlog kita buat konten vlog berupa video dan upload di sosial media video seperti youtube. Maka ngeblog kita buat konten blog atau nulis artikel di blog yang kita buat/miliki.

Jika ngevlog anda harus berbicara didepan kamera, harus pintar ngomong dan menarik orang untuk melihat. Maka ngeblog berbeda, anda tidak perlu terlihat didepan layar disini anda cukup menulis artikel yang bermanfaat bagi orang lain maka blog anda akan punya pembaca.

Jika blog anda punya banyak pembaca maka blog bisa menjadi penghasilan buat anda, tidak kalah dengan youtube. Karena anda bisa mendaftarkan blog anda ke adsense sama seperti youtube, anda bisa menerima paid promote atau endorse tapi kuncinya blog anda harus mempunyai banyak pengunjung/pembaca.

Lumayan kan mengisi waktu luang selama bulan Ramadhan dan di rumah aja, kita sharing-sharing yang kita apa saja yang kita ketahui kalau ilmu yang kita share bermanfaat bagi orang lain tentunya kita mendapatkan pahala dan kerberkahan apalagi dibulan ramadhan.

Untuk membuat blog anda tidak perlu alat mahal (cukup smartphone) dan ahli dalam pengoperasian suatu alat, anda cukup bisa mengetik saja.

Silakan cari aplikasi Blogger apps store smartphone anda.

Banyak sekali platform untuk membuat blog dan yang gratis dan banyak pemakainya adalah blogger. Saya sendiri juga menggunakan platform ini untuk ngeblog. Mudah sekali pengoperasiannya dan banyak tutorialnya di internet.

Lanjut jika sudah selesai menginstallnya, buka aplikasi Blogger. Anda akan dimintai login ke akun google untuk bisa membuat blog, saya rasa hampir semua orang punya akun google ya. Silakan login seperti biasa.


Selanjutnya klik membuat blog baru


Masukan nama blog yang akan anda buat. Sedikit saran untuk nama blog sebisa mungkin yang mudah diingat karena ibarat itu brand untuk blog anda. Jangan yang sulit-sulit diucap dan diingat orang yang simple aja. Kalian bisa menggunakan nama kalian sendiri juga, tidak sedikit blogger menggunakan nama mereka sebagai nama blognya.


Setelah mengisi nama, anda harus mengisi url atau alamat blog anda. Sebisa mungkin url atau alamat blognya sama dengan nama blognya.


Selanjutnya isi nama profil akun blogger anda, nama ini akan muncul sebagai nama penulis blog anda. Kalau saya pakai nama sendiri, tapi sebagian orang ada yang ingin tidak dikenal cukup blog mereka saja. Pilihan ada di anda.

Sampai disini blog anda sudah jadi, anda bisa menuliskan artikel dengan klik ikon pensil dipojok kanan bawah.


Isikan judul artikel, konten artikel dan label (kategori artikel anda).


Buatlah konten artikel yang memang anda kuasai, anda sukai, dan pastinya bermanfaat bagi orang banyak.

Untuk melihat blog anda bisa klik ikon profil foto anda dikanan atas, lalu klik Lihat blog.


Aplikasinya ini masih tergolong baru, anda hanya bisa menulis blog dan melakukan pengaturan seadaanya. Ya mungkin masih tahap pengembangan dari Blogger, saya sendiri hanya menggunakan aplikasi Blogger ini untuk menulis karena lebih simple aja, untuk pengaturan lebih lanjut seperti melihat statistik kunjungan blog, komentar masuk, dll saya lebih suka akses melalui browser Blogger.com seperti ini.


Mungkin kedepan aplikasinya akan diupdate sehingga lebih banyak fiturnya dan lebih canggih lagi, untuk saat ini hanya optimal buat nulis saja. Kita tunggu saja.

Itu dia sedikit sharing 2 hal produktif yang saya lakukan selama bulan ramadhan dan selama masa dirumah aja. Sebenarnya masih banyak yang lagi yang bisa dilakukan dengan sebuah smartphone, anda bisa ngevlog dan membuat video seperti film juga. Walaupun saya tidak buat itu, karena saya orangnya kurang natural di depan kamera. Mungkin anda cocok di depan kamera tidak ada salahnya membuat vlog dengan smartphone.

Buat yang tanya smartphone apa yang saya gunakan? Saya menggunakan Xiaomi Redmi 5 yang saya beli di Shoope 2 tahun yang lalu (2018)


Alhamdulillah masih berfungsi dengan baik hingga saat ini.

Buat yang sedang nyari smartphone di Shoope sedang ada Big Ramadhan Sale


Salah satu favorit saya ada elektronik murah anda bisa mendapatkan diskon dan flash sale produk elektronik seperti smartphone dan juga ada gratis extra ongkir hingga 50 ribu.


So tunggu apa lagi buruan di cek di shoope.


Sekian sharing dari saya, semoga bermanfaat dan jangan lupa tetap dirumah aja.

Artikel ini merupakan Kontes Blog #THRBigRamadhanSale2020 Bersama Shopee