Spesifikasi Komputer Untuk Studio Recording Profesional

Oleh Arif Rachman Hakim
Multimedialy.com - Memilih spesikasi komputer sesuai kebutuhan penting agar komputer yang anda gunakan bisa nyaman dan optimal digunakan. Kita harus tahu akan kebutuhan komputer seperti apa dan spesifikasi komputer seperti apa yang perlu anda beli.

Kali ini saya akan bahas spesikasi komputer untuk sebuah studio recording. Mungkin bagi yang baru ingin membuat sebuah studio recording penting untuk mengetahui ini. Jangan sampai salah beli, apalagi jika budget ada terbatas anda harus tahu komponen apa saja dari komputer yang dibutuhkan untuk keperluan studio recording.


Laptop Atau Komputer?

Laptop atau komputer keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.
Tapi saya sendiri lebih merekomendasikan menggunakan Desktop PC, kenapa?
  1. Desktop PC secara harga lebih murah.
  2. Dengan spesifikasi yang sama semisal Intel Core i5, di desktop jauh lebih kencang jadi anda mendapatkan performa yang lebih baik di desktop pc dibanding dilaptop.
  3. Desktop PC memungkinkan anda upgrade semua komponen mulai dari processor, ram, vga, dll. Sementara laptop kebanyakan dipasaran anda hanya bisa menambah ram dan hardisk/ssd. Untuk upgrade spek laptop lainnya seperti processor anda harus membeli laptop baru. 
  4. Untuk kerja dalam waktu lama untuk komputer lebih kuat untuk itu. Komputer bisa didesain dengan sistem fan yang baik dan propper, aman dari isu overheating saat penggunaan jangka waktu lama.
  5. Di PC Desktop anda bisa menggunakan lebih dari 1 monitor untuk bekerja (dengan vga card dedicated), anda bisa menggunakan 2 atau bahkan 3 layar sekaligus jika memang dibutuhkan. Penggunaan banyak monitor ini lebih tentunya menunjang pekerjaan di recording studio.
Satu-satunya kelebihan anda menggunakan laptop adalah laptop lebih mobile anda bisa membawa laptop anda kemanapun untuk bekerja. Bahkan anda bisa recording diluar studio anda jika memang dibutuhkan (dengan membawa peralatan seperti audio interface, mic, headphone,dll).

Baca juga: Tips Ketika Membeli Laptop Bekas

Tapi keputusan kembali kepada anda, sesuai dengan kebutuhan. Apakah anda sering recording diluar atau tidak. Jika anda punya budget lebih mempunyai keduanya juga tidak ada salahnya.

Mac Atau Windows?

PC atau Laptop mac menawarkan kestabilan dan keamanan yang lebih. Akan tetapi pc atau laptop windows menawarkan harga yang lebih terjangkau. Banyak studio profesional juga menggunakan pc atau laptop mac. Anda juga software DAW yang eklusif hanya ada di mac yaitu Logic Pro X. Walaupun begitu masih banyak juga software DAW lagnnya yang tersedia di Windows. Jadi untuk kompatibilitas software bukan jadi masalah.

Mac Atau Windows jawabanya adalah sesuai budget anda, jika budget terbatas pc/laptop windows lebih menawarkan spesifikasi yang lebih baik dengan harga yang sama. Anda bisa merakit komputer per-part sesuai kebutuhan dan ada opsi upgrade yang lebih baik di windows, sementara itu jika menggunakan mac anda hanya bisa membeli sebuah produk apple, tinggal pakai, dan opsi upgrade juga minim hanya ram dan penyimpanan.

Spesifikasi?

Untuk dapat menjalan software DAW dengan baik, mixing sebuah lagu dengan puluhan trek, serta berbagai efek audio digital diperlukan spesifikasi yang memadai. Yang perlu diperhatikan adalah processor, ram, dan storage.

Processor
Processor adalah otak dari sebuah komputer, semakin baik processor semakin cepatn pemrosesan. Berbeda dengan home recording studio anda mungkin tidak perlu spesifikasi yang gahar, karena ini penggunaan studio untuk profesional pasti akan melakukan processsing yang berat dengan puluhan trek dan efek audio.

Untuk laptop minimal anda menggunakan Intel Core i5 / AMD Ryzen 5 atau diatasnya seperti Intel Core i7 / AMD Ryzen 7,

Jika anda menggunakan desktop PC minimal Intel Core i3 / AMD Ryzen 3 atau diatasnya seperti Core i5/7 / AMD Ryzen 5/7.

Perlu diingat processor didesktop memiliki performa yang lebih tinggi dibanding versi laptop.

Saya sendiri menyarankan menggunakan processor generasi terbaru untuk intel generasi 8 dan amd ryzen (ryzen gen 1).

Kenapa harus generasi terbaru?

Jawabanya karena processor gen terbaru menawarkan performa yang jauh lebih baik dan efisiensi dalam penggunaan daya (lebih irit dan adem).

RAM
RAM yang besar dibutuhkan untuk pekerjaan yang membutuhkan multitasking, dimana anda melakukan banyak pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. Agar tidak lag untuk pembuatan musik profesional dengan banyak multi trek rekaman atau instrumen virtual anda membutuhkan minimal ram 8 GB dan untuk lebih baik lagi 16 GB. Jika anda menggunakan laptop menggunakan laptop pastikan memungkinkan / bisa untuk opsi upgrade ram setidaknya hingga 16 GB.

Penyimpanan: HDD atau SSD
Untuk penyimpanan saya sangat merekomendasikan menggunakan SSD, karena;
  1. SSD jauh lebih cepat dibanding Hardisk, hardisk membuat performa komputer anda tidak keluar seluruhnya karena bottleneck. 
  2. SSD lebih awet dan tahan lama. SSD jauh lebih awet dan tahan lama, lebih tahan guncangan, listrik mati, dan kehilangan data. Tentunya untuk studio profesional anda tidak ingin data client hilang bukan? SSD kelas entri saja menawarkan garansi 3 tahun dan untuk kelas high hingga 10 tahun. Ini menandakan keawetan dari SSD ini sendiri dibanding hardisk
Walau memang harga SSD lebih mahal dibanding hardisk.

Untuk kapasitas saya merekomendasi dengan 1 TB SSD atau lebih.

GPU / VGA
Untuk keperluan software daw anda tidak perlu graphic card dedicated sebernanya cukup menggunakan integrated gpu dari processor (intel hd / amd radeon vega). 

Akan tetapi ada beberapa kondisi untuk pc rakitan anda membutuhkan dedicated gpu;
  1. Jika processor pc rakitan anda tidak memiliki i-gpu, maka perlu menambahkan dedicated gpu.
  2. Jika anda membutuhkan display lebih dari monitor.
Anda tidak perlu gpu kelas high, untuk bisa tampil 2 monitor bisa menggunakan Nvidia GT 1030 atau untuk 3 monitor bisa menggunakan AMD RX 550. 

Jika pilihan anda dilaptop anda tidak perlu mencari laptop dengan vga tertentu cukup vga bawaan. Penggunaan gpu dedicated dilaptop tidak membuatnya bisa multi monitor berbeda dengan pc desktop.

Monitor
Monitor atau layar yang kecil membuaat ruang kerja anda pada saat bekerja menjadi sempit. Akan lebih nyaman dan enak jika menggunakan monitor berukuran besar, anda bisa memantau lebih banyak trek dalam satu layar.

Jika anda menggunakan laptop pilihlah laptop dengan ukuran layar 15 inci keatas, atau jika anda pengguna laptop bisa juga membeli monitor tambahan jika memang sangat membutuhkan screen yang luas.

Untuk desktop pc, jika anda menggunakan dedicated gpu bisa juga bermain multi monitor, jadi menggunakan lebih dari 1 monitor. Anda bisa memperluas workspace anda tentunya.

Itu dia spesifikasi komputer untuk keperluan studio recording profesional. Spesifikasi diatas hanya batas optimalnya saja, jika anda membeli laptop atau pc desktop dengan spesifikasi diatasnya itu terserah kepada kalian. Tidak ada ruginya juga selama budget masih ada, hitung sebagai investasi. Karena dengan spesifikasi yang lebih tinggi anda tidak perlu memikirkan upgrade dalam jangka waktu ya lama. 

Jika ada pertanyaan silakkan berkomentar, mari berdiskusi dan berikan saran.