Tips Membeli Laptop Bekas

Tips Membeli Laptop Bekas

Multimedialy.com - Membeli laptop bekas, mungkin agak sedikit riskan apalagi jika masih awam belum begitu mengenal atau bahkan baru mengenal akan laptop. Jadi membeli laptop bekas ini kesannya membeli kucing dalam karung bagi orang yang masih awam tentang laptop (untung-untungan). Ya hal tersebut benar sekali, kalau tanpa pengetahuan ya bisa-bisa hanya diakali sama penjual laptop, anda membeli laptop dengan kondisi yang tidak baik atau harga yang diatas pasaran.


Ya kalau begitu untuk pemula mending beli baru aja dong pasti dapat barang bagus bergaransi? yup saya juga merekomendasikan seperti itu. Akan tetapi ada beberapa kondisi dimana anda memang harus membeli bekas yaitu karena alasan budget. Kalau budget mepet, kalau dana segini beli baru cuma dapat spesifikasi segini kalau bekas bisa dapat spesifikasi diatasnya ataupun dengan spesifikasi yang sama tapi dengan harga yang jauh lebih murah.

Baca juga: 11 Cara Mempercepat Kinerja dari Windows 10

Untuk membeli laptop bekas anda sebenarnya bisa saja langsung ke toko komputer di kota anda, karena sudah banyak juga toko laptop yang menjual laptop bekas. Tentunya jika anda membeli laptop bekas ditoko komputer, pastinya laptop tersebut sudah melalui prosedur atau standar quality control toko mereka.

Jadi setiap orang yang jual laptop mereka ditoko komputer sudah dicek sedemikian laptopnya, untuk memeriksa minus dari laptop tersebut. Pastinya laptop bekas yang dibeli toko memang masih layak dijual kembali kepada calon pembeli.

Baca juga: Alasan Anda Wajib Punya PC Desktop Dirumah

Tapi tetap walau anda membeli laptop bekas sekalipun di toko laptop berlangganan anda yang sudah anda percaya dan juga ada garansi toko.

Anda tetap perlu pengetahuan untuk membeli laptop bekas, biar gak dibodohin atau kena tipu muslihat (entah barang minus bilang kagak atau harganya kemahalan).

Berikut Tips membeli laptop bekas

Apa saja yang perlu anda ketahui dan periksa.

Mengetahui Tipe Laptop, Spesifikasi, dan Harga Pasaran Bekasnya

Yang anda harus tahu laptop tipe laptop yang dijual lengkap dengan spesifikasinya biar anda bisa melalukan cek harga pasaran. 

Anda harus tahu tipe laptop yang dijual beserta spesifikasinya, karena terkadang ada laptop dengan tipe sama tapi beda varian processor atau kapasitas ram. Tentunya ini membuat harganya juga berbeda. 

Anda harus tahu detailnya tipe apa yang pakai processor atau vga apa dan berapa kapasitas penyimpanan dan ramnnya. 

Jika masalah tipe dan spek sudah anda ketahui anda bisa survey harga laptop bekas tersebut di beberapa marketplace seperti tokopedia, shoope, atau bukalapak.

Cek dilebih dari satu market place biar anda lebih tahu range harganya.

Cukup cari tipe laptop yang akan anda beli (pastikan anda tahu varian ram ataupun ukuran penyimpanan)

Kurang lebihnya caranya sebagai berikut
  1. Buka marketplace/ecommerce lalu cari tipe laptop yang anda akan beli.
  2. Setelah hasilnya muncul gunakan fitur filter, centang kondisi barang bekas.
  3. Maka akan muncul beberapa hasil dengan harga yang beragam, silakan buka saja beberapa.
  4. Baca dibagian deskripsi produk, biasa seller menuliskan spesifikasi (silakan cek apa sama dengan yang akan beli) dan kondisi barang.
  5. Jadi disini kita bisa tahu harga bekas laptop tersebut dengan kondisi bekas baik dengan bekas yang masih mulus (no minus) dan harga bekas yang ada minus. Ini bisa jadi pengetahuan anda untuk memberikan tawaran harga ke laptop bekas yang akan anda beli.

Kalau bisa COD, COD saja

Untuk membeli sebuah laptop bekas saya lebih menyarankan kepada anda untuk COD jadi anda bisa cek kondisi barang sepuasnya dan anda bisa mengetahui betul spesifikasi yang diberikan apakah sesuai yang dikatakan penjual.

Lalu seadainya anda beli online barang dikirim dan tidak cod, pertama pastikan lagi ke seller mengenai minus laptop tersebut, dan kata kan ke seller jika barang tidak sesuai yang dideskripsikan bisa komplain (untuk pengembalian barang atau pengurangan harga). Lalu saat sudah setuju dan barang sudah sampai ditempat anda lakukan proses unboxing dan pengechekan laptop dengan di videokan (sebagai bukti jika menemukan masalah).

Cek kondisi laptop pastikan sesuai spesifikasi dan keterangan dari seller, jika ada yang tidak sesuai marketplace seperti tokopedia, atau bukalapak anda bila komplain barang dalam jangka waktu 2x24 jam (sejak barang diterima) jika ada yang tidak sesuai anda bisa minta return ataupun penggurangan harga.

Cek Kondisi Laptop 

Berikut yang perlu anda cek dan pastikan jika membeli laptop bekas;:
  1. Kondisi fisik, apakah fisiknya masih mulus atau ada banyak lecet atau penyok atau mungkin ada yang pecah. Lihat juga baut-baut apakah masih segel atau tidak, jika sudah tidak segel berarti laptop pernah dibongkar diluar service center (bisa jadi pertimbangan anda).
  2. Test keyboard, nyalakan laptopnya dan coba semua tombol pada keyboard (cobalah dengan mengetik diaplikasi word) pastikan semuanya bisa digunakan. Karena jika ada satu yang mati keyboardnya anda tidak bisa mengganti satu tombol tersebut itu saja, untuk bisa normal anda harus mengganti keseluruhannya (biayanya sendiri berkisar 300-400 ribu tergantung tipe dan merk laptop).
  3. Cek speaker, coba setel musik dengan volume rendah hingga maksimal apakah speakernya masih baik atau sudah pecah (sember).
  4. Cek layar, pastikan layar masih mulus tidak ada cacat apapun seperti dot pixel. Anda bisa menceknya dengan memasang wallpaper warna hitam dan lihat seluruh layar pastikan semuanya hitam tidak ada dot putih atau warna lainnya dan juga coba dengan background berwarna putih pastikan tidak ada dot hitam atau warna lainnya. Jika laptop yang dijual touchscreen, coba juga touchscreennya pastikan bisa berfungsi dengan normal.
  5. Cek port-port yang ada, cek port seperti usb, audio jack, slot memory, dll pastikan semua berfungsi dengan baik.
  6. Cek konektifitas seperti wifi (cobalah connect ke wifi) pastikan bisa dan normal jaya. Beberapa laptop tipe terbaru ada fitur bluetooht bisa anda coba cek juga.
  7. Cek baterai, ini penting karena kita membeli laptop memang digunakan untuk pekerjaan yang mobile atau berpergian kita tidak setiap saat bisa menemukan colokan listrik, maka baterai dalam laptop sangat penting. Pastikan laptop tersebut masih baik kondisinya dengan cara coba saja mainkan laptop tersebut 20-30 menit apakah drop atau tidak bisa anda ketahui.
  8. Cek kelengkapan lainnya, kelengkapan lainnya seperti dus, charger (masih ori atau tidak), buku panduan, cd driver, kartu garansi, ataupun nota pembelian bisa jadi pertimbangan anda.

Terakhir, Minta Garansi Pribadi

Jika anda sudah mantep dengan kondisi barang dan harga sudah deal sesuai dengan kesepakatan, maka anda bisa minta garansi pribadi ke seller. Jika laptop tersebut bermasalah dalam waktu seminggu maka bisa dikembalikan. Nah ini untuk pengaman saja, karena kadang sudah dicek sedetail apapun masalah bisa saja muncul saat sudah dirumah (takutnya begitu) jadi untuk safenya minta garansi pribadi ke seller pastikan mau barang dan uang dikembalikan jika ada kerusakan atau cacat lainnya selama 1 minggu.

Baca juga: Penyebab Komputer Lag/Lemot dan Cara Mengatasinya

Itu dia tips dari saya untuk anda yang ingin membeli sebuah laptop bekas, pastikan anda menjadi buyer yang cerdas yang tidak tertipu oleh seller. Sekian, semoga bermanfaat.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar