Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer/Smartphone

Oleh Arif Rachman Hakim
Multimedialy.com - Pola kehidupan jaman sekarang membuat kita hampir setiap saat menantap layar baik layar smartphone ataupun layar komputer. Smartphone hampir tidak bisa lepas di setiap jam kita dimana kita butuh untuk berkomunikasi, hiburan ataupun untuk tuntutan pekerjaan. Belum lagi dengan layar laptop/komputer untuk kebutuhan kerja ataupun layar televisi sebagai sumber hiburan atau berita anda. 

Ini semua terjadi bahkan untuk sejak masih kecil, inilah kenapa banyak anak-anak atau remaja jaman sekarang mengalami masalah mata minus. Karena memang menatap layar monitor berjam-jam membuat mata anda lebih cepat lelah jika itu dilakukan terus menerus akan menganggu kesehatan mata tentunya.

Untuk itu anda ada beberapa hal yang perlu anda ketahui jika memang kehidupan anda tidak bisa lepas akan halnya layar monitor setiap hari, berikut tips menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer atau smartphone;

Tinggalkan Layar Jenis CRT/Tabung



Layar CRT atau layar tabung ini sering anda temui pada komputer jaman dulu. karena pada saat itu baru sampai itu teknologinya. Jika komputer dirumah masih menggunakan ini mungkin bisa menyisihkan uang untuk membeli monitor baru. 

Monitor CRT/Tabung ini memiliki radiasi karena sistem kerjanya yang melalukan penembakan elektron, radiasi ini membuat mata anda lebih cepat lelah. Gunakanlah setidaknya monitor lcd. Dimana monitor lcd ini sudah mulai terjangkau dari segi harga, lebih baik anda menggunakan layar lcd bekas dibandingkan monitor tabung untuk anda bekerja.

Menggunakan Fitur Blue Light Filter 



Fitur ini membuat layar device atau gawai anda menjadi lebih kekuningan (warm) dimana layar akan memproduksi lebih sedikit cahaya biru. Perlu teman-teman ketahui cahaya biru membuat mata anda lebih cepat mengalami kelelahan. 

Jika anda memang harus bekerja lama didepan layar monitor (smartphone/komputer) maka mengaktifkan fitur blue light filter ini sangat direkomendasikan. Fitur ini sudah ada disemua sistem operasi terbaru seperti di windows, macos, linux, android, dan ios dengan penamaan yang mungkin sedikit berbeda.

Aktifkan Dark Mode



Dark mode fitur ini lumayan populer saat ini, sistem operasi terbaru seperti windows 10 (untuk komputer) android dan ios (untuk smartphone) sudah mengimplementasikan fitur ini. Dengan fitur ini membuat tampilan antarmuka menjadi hitam (gelap). 

Perlu teman-teman ketahui warna putih (terang) memiliki cahaya biru yang lebih banyak dibandingkan hitam (gelap). So dengan menggunakan tema gelap atau mengaktifkan fitur dark mode pada device mengurangi cahaya biru yang mata anda tangkap.

Atur Kecerahan Layar dan Jangan di Tempat Gelap

Penting untuk anda mengatur kecerahan layar smartphone atau komputer anda. Karena jika layar terlalu terang dibandingkan sekitar atau sebaliknya layar terlalu gelap dibandingkan sekitar maka membuat mata anda lebih bekerja keras dan membuatnya cepat lelah. 

Kecerahaan yang lebih rendah membuat pancaran sinar biru tidak terlalu kuat, anda bisa membiasakan mata anda juga dengan pencahayaan yang sedikit gelap (tapi tidak sampai membuat mata anda bekerja keras untuk melihatnya). 

Saya sendiri juga tidak merekomendasikan anda menatap layar smartphone atau komputer ditempat yang gelap gulita untuk waktu yang lama (pasti akan membuat mata anda sakit) karena akan membuat mata anda cepat lelah.

Jaga Jarak Pandang dan Posisikan Badan dengan Benar.

Jarak ideal mata anda untuk menatap layar smartphone anda 40-50 cm anda bisa mencoba menghitung seberapa kira-kira jaraknya dan membiasakannya ketika menggunakan sebuah smartphone. Untuk layar monitor komputer sendiri idealnya jarak pandang 50-100 cm silakan atur jarak dengan menyesuaikan jarak tempat anda duduk.


Posisi badan anda pastikan tegak dan bersandar ke kursi agar tidak cepat pegal dan jangan lupa jaraknya. Untuk pengguna smartphone maka sebisa mungkin tidak sembari tiduran karena kita cenderung lupa menjaga jarak pandang jika sembari tiduran.

Seringlah Berkedip

Ketika menatap layar baik smartphone atau komputer mata kita cenderung lebih sedikit berkedip dibandingkan biasanya. Normalnya kita berkedip 15 kali permenit, namun ketika menatap layar monitor atau smartphone menurun menjadi 5-7 kali permenit karena kita terlalu fokus pada layar. 

Mata akan lebih cepat kering (apalagi jika ditambah ruangan berada) maka lama-kelamaan mata anda akan merah dan terasa sakit. Anda bisa membiasakan diri anda agar terbiasa sering berkedip ketika menatap smartphone atau sedang bekerja di komputer. Buat kebiasaan sering berkedip ketika menatap layar menjadi dibawah sadar anda.

Jangan Lupa Istirahat, Gunakan Teknik 20-20-20 dan 2 Jam

Beberapa studi dan para dokter mata menyarankan teknik 20-20-20 yakni setiap 20 menit menatap layar smartphone/komputer beristirahatlah selama 20 detik dengan melihat sesuatu (selain layar smarphone/komputer) yang jaraknya 20 feet (6 meter). Dengan teknik 20-20-20 ini bisa meredakan ketegangan mata anda yang sudah menatap layar selama 20 menit.

Selain itu anda juga perlu beristirahat setelah 2 jam bekerja didepan layar monitor selama 15 menit. Anda bisa berjalan-jalan untuk menghilangkan ketegangan badan dan mata anda setelah 2 jam bekerja.

Jangan lupa istirahat, tubuh kita ada batasnya so kasiani lah tubuh dan mata anda. Normalnya orang bekerja 7-8 jam dalam sehari jadi anda harus tahu kapan waktu beristirahat.

Air Putih dan Makanan Sehat Penting

Penting untuk menjaga asupan tubuh. Ibarat energi tubuh sudah habis untuk bekerja didepan smartphone atau komputer maka perlu disi ulang, makan-makan yang sehat adalah hal yang wajib. 

Karena kebiasan orang-orang yang bekerja di depan komputer (terutama yang kerjanya tengah malam) pasti sering makan mie, hehehe. Ojo mie ae rek! Boleh makan mie tapi harus diimbangi dengan makan-makan lain yang bergizi terutama sayur-mayur yang penting untuk kesehatan mata.

Perbanyak juga minum air putih, anda bisa membiasakan membawa botol air minum di dekat komputer anda bekerja dan pastikan juga dari resiko tumpah. Tujuannya agar anda selalu ingat untuk minum air putih sesibuk apapun anda bekerja didepan komputer.

Itu dia Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer/Smartphone semoga bisa membantu teman-teman yang memang dituntun untuk menatap layar smartphone atau komputer, semoga bisa bermanfaat jangan lupa share ke teman-teman anda agar bisa bermanfaat juga bagi teman anda.