Apa Pentingnya Konten Lokal Mendominasi Didalam Negeri

Oleh Arif Rachman Hakim
Multimedialy.com -  Sekarang ini kita sebagai warga Negara Indonesia harus merasa beruntung karena diberikan kemudahan dalam akses internet dan juga internet sekarang ini hampir bisa digunakan semua orang di Indonesia baik dari segi akses maupun masalah harga.

Jika dulu kita ingin mengakses yang namanya internet kita perlu pergi terlebih dahulu ke warnet (karena tidak semua orang mampu berlangganan internet kabel bulanan yang pada waktu itu cukup mahal, termasuk untuk saya sendiri) sedangkan untuk mengakses internet melalui handphone tidak semuanya punya handphone dengan spesifikasi untuk internet dan juga harga paket internet mobile masih tergolong mahal.

Sekarang ini di tahun 2020 ini internet bisa dengan mudah diakses melalui genggaman melalui sebuah smartphone dan juga banyak sekali pilihan paket internet murah yang beragam bisa dipilih sesuai dengan jaringan yang ada ditempat anda masing-masing.

Kemudahan akses ini membuat pengguna internet di Indonesia meningkat pesat setiap tahunnya. Ditahun ini sendiri sudah lebih dari 170 juta pengguna internet di Indonesia atau sekitar 64% dari keseluruhan warga negera Indonesia. Menjadikan Indonesia pengguna internet aktif terbanyak nomor 4 di dunia dibawah China, India, dan Amerika Serikat.

Melihat angka pengguna internet Indonesia yang besar ini dan tentunya akan terus meningkat setiap tahunnya menurut saya ini bisa menjadi peluang bagi bangsa Indonesia untuk bisa maju.

“Cintailah produk-produk Indonesia” satu kalimat yang cukup untuk memberikan Indonesia jalan menuju Negara yang maju dan berdaulat.

Kita bisa mengambil contoh Negara China dimana pemerintahnya sangat memproteksi negaranya dari konten luar seperti search engine atau social media dari luar sangat dibatasi (bahkan dilarang) konten web lokal mereka lebih bisa berkembang di negeri sendiri seperti Baidu, Weibo, Youku Tudou. Setelah mereka sudah terbiasa menggunakan yang lokal baru konten dari luar diberikan akses masuk. Disini mereka sudah terbiasa dengan konten lokal dan memilih tetap menggunakan search engine dan social media lokal buatan mereka sendiri (selain karena cinta tanah air karena memang sudah terbiasa).

Nah lalu bagaimana dengan Indonesia?

Disini kita harus mulai dari diri kita sendiri untuk mencintai produk dalam negeri dalam hal ini dalam kontek menggunakan konten lokal. Baik anda para penikmat konten maupun konten creator.

Disini kita ambil contoh sebagai seorang konten creator di bidang website seperti blog, website, atau portal berita online bisa dengan menggunakan hosting lokal (server Indonesia) dan lebih baik lagi jika menggunakan domain .id. 

Lokal bukan berarti murahan untuk website sendiri jika menggunakan hosting lokal berlokasi server di indonesia akan memberikan benefit akses yang lebih cepat dan tentunya secara harga lebih murah. 

Sedangkan domain .id sendiri memberikan peringkat (rangking dalam pencarian google) yang lebih baik apalagi untuk pencarian lokal karena ada kepercayaan tersendiri pada domain .id (perlu verifikasi identitas) jadi domain lokal lebih aman dari penggunaan penipuan.

Dengan segala befenit secara teknis tadi tidak ada alasan kita untuk tidak menggunakan konten lokal dalam elemen konten yang kita buat.

Selain secara teknis ada hal nonteknis yang perlu anda perhatikan kenapa harus menggunakan konten lokal.

  1. Memberikan Perusahaan Indonesia Lebih Berkembang
    Kita ambil contoh tadi dari website, dengan menggunakan hosting dan domain lokal maka anda mendukung perusahaan Indonesia tersebut bisa berkembang dan bersaing dengan perusahaan luar. Lalu apa manfaat selanjutnya.
  2. Menciptakan Lapangan Pekerjaan
    Ketika suatu perusahaan lokal dipercayai maka mereka akan berkembang pesat (scale up) dan membuka sebuah lapangan pekerjaan baru yang tentunya akan di isi oleh orang Indonesia karena namanya juga perusahaan lokal berdomisili di Negara kita. Ini membuat uang yang kita keluarkan berputar di Indonesia tidak keluar Negara hal ini mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
Kita bisa bayangkan jika kita semua satu padu baik dari segi pengguna atau penikmati internet dan juga para creator yang sama-sama menggunakan kontel lokal. 

Kita sebagai pengguna mendukung penuh konten lokal buatan Indonesia tidak menyinyir dan terus memberikan support agar terus berkembang.

Dan kita sebagai creator yang ada di internet juga menggunakan komponen lokal agar konten kita buat bisa memberikan benefit ke Negara kita tercinta agar terus maju dan berkembang.

Mari kita mulai dari diri kita. Kita buat lokal konten menjadi hal wajib dan pilihan utama kita.