Tips Memilih Kamera DSLR/Mirrorless Untuk Pemula

Oleh Arif Rachman Hakim
Multimedialy.com - Sebagai seorang fotografer pemula yang baru memulai belajar akan dunia fotografi. Pasti mengalami kesulitan dan bingung ketika ingin memilih kamera baik DSLR ataupun Mirrorless apa yang paling tepat dan cocok untuk pemula. 

Pertanyaan ini pun sering ditanyakan kepada saya, "kamera apa sih yang cocok untuk pemula bro, kasih rekomendasi".

Disini sebenarnya tidak ada pengkategorian kamera untuk pemula, semua kamera bisa digunakan untuk anda yang ingin belajar fotografi. Tapi saya coba memahi pertanyaan ini mungkin kamera khusus pemula ini. Pada kali ini saya memberikan tips untuk memilih kamera DSLR atau Mirrorless yang cocok untuk anda para pemula. 

Budget

Budget adalah hal pertama yang perlu anda perhatikan untuk memilih kamera yang akan anda beli. Apalagi anda seorang pemula yang belum menghasilkan uang melalui fotografi ataupun uang untuk membeli kamera masih meminta kepada orang tua maka kamera terbaik anda adalah yang sesuai budget alias dompet.

Berapa budget yang anda punyai atau orang tua mampu belikan, semisal 5 juta maka carilah produk kamera baik DSLR atau Mirrorless dengan harga sekitar 5 jutaan.

Walau memang ada istilah dalam bahasa jawa "ono rego ono rupo" yang artinya kurang lebih "ada harga ada kualitas" tapi perlu diingat disini anda masih pemula yang belum menghasilkan uang ataupun masih minta uang orang tua. So gapapa, sembari belajar kita jadi punya motivasi untuk belajar lebih giat dan menghasilkan uang melalui kamera pertama kita dan membeli kamera impian anda.

Bekas Bukanlah Masalah

Kamera bekas bukanlah sebuah masalah, bagi anda yang pemula anda tidak harus mempunyai sebuah kamera yang baru. Anda bisa menggunakan kamera yang ada yang anda punyai baik bekas kakak atau orang tua (kalau ada).

Jika tidak ada dan anda ingin membeli kamera, anda pun tidak harus membeli kamera baru yang masih segel dari box. Apalagi jika memang budget anda minim. Kamera bekas memberikan harga yang lebih murah tentunya.

Anda tidak perlu khawatir membeli bekas akan ketinggalan jaman dari segi kualitas atau teknologinya. Saya sendiri yang cukup mengikuti perkembangan teknologi kamera, menurut saya perkembangan kamera (teruma yang entri yang kelas murahnya) tidak mengalami perkembangan yang pesat. Baik kamera DSLR ataupun Mirrorless hanya kelas atasnya yang menurut saya mengalami perkembangan signigikan.  So tidak ada masalah ketinggalan jaman membeli kamera bekas yang perlu anda perhatikan adalah ketika anda membeli kamera bekas anda harus teliti dalam mencek segala kondisinya. Saya sendiri sudah memberikan Tips membeli kamera DSLR/Mirrorless Bekas

Pilih DSLR Atau Mirrorless

Kamera DSLR atau Mirrorless ini merupakan pilihan yang cukup membingungkan bagi seorang pemula ketika ingin membeli sebuah kamera DSLR.

DSLR atau Mirrorless keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Mirrorless bisa memberikan bodi yang lebih ringkas, kualitas foto juga tidak kalah dengan DSLR ditambah dengan fitur yang lebih komplit apalagi untuk videografi. Mirrorless ini bisa dikatakan next gen dari kamera DSLR.

Sedangkan DSLR menawarkan harga yang relatif lebih murah dibanding mirrorless, kualitas foto juga tidak kalah, bodi yang lebih besar terkadang memberikan kesan lebih profesional dan dari segi grip terlihat lebih mantap dipegang.

DSLR atau Mirrorless bukan suatu masalah anda bisa dengan bebas memilih salah satunya tanpa merasa kecewa nantinya.

Lihat Review Dalam Bentuk Video di Internet

Jika anda sudah menentukan berapa budget yang punyai anda bisa melihat list kamera dslr atau mirrorless apa saja yang bisa anda beli. Kalaupun dana mepet anda bisa membeli bekas. Nah disini pasti munculkan beberapa daftar tipe kamera yang bisa anda beli.

Untuk melihat mana kamera yang terbaik untuk anda, anda bisa melihat review kameranya dalam bentuk video di internet atau kalau sekarang ya nonton reviewnya di internet. 

Karena untuk seorang pemula membaca review dalam bentuk artikel cukup sulit untuk memahami istilah teknisnya, dengan review dalam bentuk video anda lebih mudah mengerti dengan ada dukungan visual. Anda bisa melihat detail kamera seperti ukuran, bagaimana hasil foto/videonya, fitur-fitur, kelemahan, dan kelebihan. 

Perlu digaris bawahi tidak ada kamera yang sempurna bahkan untuk kamera kelas atas sekalipun, anda harus mengetahui kekurangan, kelebihan, dan menyesuaikan dengan kebutuhan anda masing-masing.

Itu dia tips dari saya untuk anda yang baru belajar fotografi dan ingin membeli sebuah kamera baru untuk belajar, semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa terus berlatih dan tetap semangat belajar.