7 Tips Untuk Anda Yang Ingin Terjun Ke Dunia Gamers Mobile Profesional

Multimedialy.com - Bicara tentang game teringat sewaktu saya masih kecil mungkin sekitar 10 tahun yang lalu dimana trend gaming saat itu masih pada komputer dan konsol. Pada saat itu saya rasa hampir setiap anak-anak seusia saya (termasuk saya) senang bermain game dan rela menyisikan uang jajan mereka untuk bermain game di warnet ataupun rental konsol. Pokoknya dulu sampai rela bawa bekal sama air minum dari rumah biar bisa menghemat uang jajan.

Sekarang ini trend gaming saat ini bisa dibilang mengalami sedikit pergeseran. Kehadiran smartphone membuat industri game dan para produsen game membuat berbagai jenis genre permainan yang bisa mainkan didalam sebuah smartphone. Pengguna smartphone yang terus meningkat dari tahun ketahun secara tidak langsung membuat penikmat game smartphonepun meningkat pesat juga. Industri game smartphone meningkat dan turnamen atau perlombaan profesional game smartphone mulai banyak dan disambut antusias oleh banyak orang.


Kalau dulu para orang tua langsung memarahi kita jika terlalu banyak bermain game. Sekarang menjadi gamers terutama gamers mobile smartphone bisa menjadi prospek yang menjanjikan jika memang ditekuni sepenuh hati.

Kali ini saya akan memberikan 7 tips untuk anda para gamers mobile yang ingin terjun professional didunia gaming mobile.
  1. Tentukan Game yang Akan Anda Mainkan
    Untuk menjadi gamer professional yang benar-benar pintar dan jago dalam game tersebut maka anda perlu fokus pada 1 game tersebut itu dulu. Ibarat kata bruce lee “lebih baik satu jurus tapi dilatih 1000 kali” dibanding “seribu jurus yang hanya dilatih 1 kali”. Anda perlu focus pada 1 game yang memang anda sukai atau anda anggap ada prospek kedepan. Maksud ada prospek adalah pastikan game yang anda mainkan ini masih banyak penggunnanya dan tentunya ada even dan turnamennya. 
  2. Terus Berlatih dan Berlatih
    Setelah menentukan game yang mungkin anda sukai dan juga ada prospek disana selanjutnya anda wajib melatih skill anda. Untuk menjadi yang terbaik anda perlu banyak sekali latihan dan jam terbang, caranya ya dengan bermain game tersebut sesering mungkin. Yang membedakan para pro player dengan seorang yang masih newbie atau pemula adalah jam terbangnya. Untuk itu kenapa tadi di poin pertama ketika memilih game pastikan anda memilih game yang anda sukai, karena selanjutnya untuk bisa menjadi expert atau pro player digame tersebut anda harus memainkan game tersebut berkali, beribu-ribu jam. Kalau anda sudah tidak suka genre gamenya maka anda akan cepat bosan. Bosan adalah hal yang bertolak belakang dengan kesuksesan. Anda tidak akan bisa digame tersebut jika anda merasa bosan memainkannya.
  3. Belajar dari Pro Player Game
    Ketika anda baru memulai belajar suatu game, ingin serius dan menjadi pro player digame tersebut maka cara belajar terbaiknya adalah belajar dari pro player game tersebut. Berbeda dengan dulu pro player kurang terekspos, sekarang ini hampir semua pro player game mobile punya channel youtube. Mereka biasa memberikan tutorial, gameplay, tips dan trik game tersebut. Setidaknya anda tidak salah mencari coach online anda karena sumbernya jelas yaitu pro player yang secara skill dan pengalaman tidak usah diragukan lagi.
  4. Bergabung dengan Teman atau Komunitas Sefrekuensi
    Menjadi seorang gamers professional bukan perkara seorang diri. Kita perlu orang lain untuk berkerja sama. Kita akan dihadapkan dengan yang namanya sebuah tim jadi anda harus terbiasa dengan bermain dan berkerjasama dengan orang lain digame. Anda bisa mencari teman atau gabung dengan komunitas game anda dan cari partner game anda. Anda bisa bermain bersama dan berkembang bersama secara kemampuan ataupun bisa juga membentuk sebuah tim bersama karena sudah bermain bersama mungkin ada kemistri yang terbentuk.
  5. Tonton Replay Gameplay Kekalahan dan Jadikan Pelajaran
    Kekalahan dalam game adalah hal yang biasa, justru jika anda dikalahkan anda bisa tahu dimana kelemahan anda dan tim anda. Coba tontonlah replay gameplay anda yang mengalami kekalahan, coba analisa bersama teman setim anda apa yang menjadi kekurangan dan harus diperbaiki kedepan. Lebih baik kalah saat latihan dan menang saat diturnamen bukan?
  6. Ikut Kompetisi/Turnamen
    Jangan ragu untuk memulai kompetisi/turnamen game anda. Jika anda sudah melakukan semua hal diatas dan dirasa anda dan tim anda sudah siap maka cobalah ikuti turnamen yang kecil-kecilan terlebih dulu untuk menambah pengalaman dan mental jika mengikuti tournament diatas. Jika turnamen kecil (skala sekolah, desa, kecamatan, kabupaten/kota) sudah bisa anda libas dan juarai anda bisa mengikuti tournament diatasnya (next lext ibaratnya). Jangan langsung ikut turnamen besar karena saya yakin hasilnya akan mengecewakan.
  7. Pilih Perangkat yang Mendukung
    Apalah arti skill yang memumpuni jika tidak ditunjang dengan perangkat atau device yang menunjang sebagai seorang gamer professional. Anda butuh sebuah smartphone yang memang dirancang khusus untuk para gamers agar bisa nyaman menjalan setiap game yang mereka mainnya. Untuk perangkat smartphone gaming yang saya rekomendasikan untuk ada yang ingin professional didunia pergamingan mobile adalah ASUS ROG Phone 3. Kenapa? Berikut akan saya jelaskan.

Asus ROG Phone 3

Buat teman-teman para gamer di pc baik desktop ataupun laptop tentunya sudah tidak asing dengan brand Asus ROG yang merupakan lini perangkat gaming dari asus. Mulai dari perangkat komputer, laptop, router, headphone dan pheriperal gaming lainnya.  


Asus ROG Phone 3 ini merupakan lini smartphone gaming seri ketiga dari Asus ROG yang baru saja rilis, apa saja kelebihannya sehingga saya sangat yakin merekomendasikan kepada anda para gamer;

Performa Paling Kenceng

Bicara smartphone gaming maka perangkat tersebut harus mempunyai performa yang kencang yang bisa diajak bermain game apa aja dengan settingan grafis tertinggi tanpa kendala lag tentunya. 

ASUS ROG Phone 3 ini merupakan smartphone ultimate gaming pertama yang menggunakan processor Snapdragon 865 Plus 5G. yang masuk dalam segmen Snapdragon Elite Gaming.

Buat teman-teman yang belum tahu apa itu Snapdragon Elite Gaming?
Snapdragon eliti gameing ini merupakan lini SoC yang super kenceng performa processor dan gpunya melebihi batas performa smartphone biasa. 
Bukan hanya performa cpu dan gpunya aja yang dibuat paling mantap tapi juga jaringan seperti penangkapan sinyal wifi dan selular (peningkatan di modem) sehingga para pemain game online di smarphone tidak mengalami masalah lag karena jaringan. Intinya chipset snapdragon elite gaming ini memang dirancang khusus untuk smartphone gaming agar optimal menjalankan game.
Kita bahas seberapa powerful snapdragon 865 plus ini,

Snapdragon 865 plus ini merupakan varian tertinggi dan terkencang saat ini dari snapdragon. Performa Kryo 585 meningkat 10% dibandingkan dengan Snapdragon 865. Secara GPU juga mengalami peningkatan yang sama sebesar 10% dibanding Snapdragon 865. Ibarat mobil snapdragon 865 ini sudah kenceng dikasih lagi yang plus yang lebih kenceng lagi. 


Selain SoC paling ultimate  juga didukung ram LPDDR5 dan storage UFS 3.1 yang merupakan teknologi terbaru untuk ram dan storage yang tentunya paling kenceng.

Performa yang gahar harus diimbangi juga dengan sistem pendingin yang baik agar suhu smartphone tetap terjaga dan tidak overheating, mengingat kita menggunakan smartphone ini untuk bermain game pastinya load yang diberikan ke CPU dan GPU akan tinggi jadi sangat penting sistem pendingin yang baik.

ASUS ROG Phone 3 ini menggunakan sistem pendingin yang mereka namakan Gamecool 3 dengan menggunakan pendingin heatsink yang ukurannya ditingkatkan 6x dibandingkan ASUS ROG Phone 2, ditambah desain baru pendingin vapor chamber yang lebih efisien mendinginkan. 

Layar Enak Dipandang dan Dimainkan

Setelah performa layar adalah hal yang penting untuk sebuah smartphone gaming. ASUS ROG Phone 3 seperti memberikan yang teknologi layar terbaik untuk sebuah smartphone gaming. Mari saya bahas satu persatu.


Secara ukuran luas dan lega dengan 6,59 inci dengan resolusi Full HD+ aspek rasio 19.5:9 tanpa punch hole. Untuk smartphone gaming desain layar seperti inilah yang diperlukan, tanpa ada punch hole yang bisa menganggu, layar luas lega, dan ada sedikit bezel diatas dan dibawah sebagai tumpuan tangan kita (agar tidak sepenuhnya menyentuh layar).

Lalu bagaimana dengan kualitas layarnya?

Menggunakan panel Amoled yang sudah terkenal dengan kualitasnya. 

Refresh rate 144Hz yang artinya teman-teman bisa bermain game dengan smooth lagi.

Touch sampling rate 270Hz yang artinya tidak ada masalah lagi tentang sensitifitas dan responsifitas layar.

Response time 1ms merupakan standar monitor gaming dan sekarang bisa anda nikmati di ASUS ROG Phone 3.

10bit HDR Display layar smartphone lebih kaya warna dan dukungan HDR.


Warna Akurat dengan akurasi warna delta-e < 1 yang bisa diartikan warna yang dihasilkan sangat akurat dan memiliki 153,7% sRGB atau 108,8% BTSC atau 133,3% DCI-P3. Ditunjangan dengan kecerahan layar yang tinggi hingga 1000nits jadi teman-teman bisa aman bermain game di luar ruangan dengan cahaya matahari yang terik, layar masih bisa terlihat dengan nyaman.

Ada juga TUV Low Blue Ligh dan Flicker Reduced certification yang menjadi jaminan layar ASUS ROG Phone ini aman dan nyaman untuk mata jika digunakan dalam jangka waktu lama.

Intinya secara kualitas mata anda akan dimanjakan dengan teknogi layar terbaik untuk smartphone gaming saat ini, baik dari segi kualitas dan juga kenyamanan penggunaan.

Baterai Monster 6000mah

Performa sudah cakep, layar sudah cakep juga tidak lengkap jika tidak didukung oleh baterai yang tahan lama. 

Baterai 6000mah satu kata aja dari saya wow, anda bisa bermain banyak permainan dalam satu waktu pengecasan jadi anda tidak perlu khawatir lowbat saat jauh dari charger. Untuk pengisian daya didukung dengan teknologi hypercharger 30W yang mampu mengisi 0-70% hanya dalam waktu 1 jam saja. 


Selain itu didukung juga dengan aplikasi PowerMaster untuk pengaturan power cosumtion untuk melakukan penghematan daya jika diperlukan dan juga ada fitur menarik untuk menjaga kesehatan baterai seperti Charging Upper Limit yang berfungsi membatasi pengisian daya bisa di 80% 90% untuk menjaga kesehatan baterai agar lebih tahan lama.

Memang Dirancang Khusus Para Gamer

Sebagai smartphone ultimate gaming tentunya tidak hanya menawarkan performa paling tinggi, layar paling kece, dan baterai besar tapi juga harus ada fitur-fitur pendukung untuk meningkatkan experience dalam ngegame tentunya. Ada beberapa fitur yang saya suka di ROG Phone 3

X-Mode

Mode khusus yang di ROG Phone dimana kita bisa melakukan banyak tunning software dan hardware untuk pengalaman terbaik ngegame.

Audio

Kualitas audio jempolan berkat stereo speaker yang dirancang khusus menghadap kedepan layar sehingga suara yang dihasilkan lebih lantang dan tanpa tertutup tangan sendiri saat digunakan untuk bermain game dalam mode lanskap.

Air Trigger

Ada dua air trigger yang bisa kita kustomisasi fungsinya untuk bermain game, fitur ini sangat berguna sekali buat untuk para gamer.

Hyper Fusion

Koneksi internet sering jadi masalah, dengan fitur hyper fusion ini bisa menggunakan internet dari wifi dan selular secara bersamaan dan melakukan switch jaringan dengan baik jika koneksi bermasalah.

Aksesories

Ada banyak aksesories rog phone 3 yang menunjang anda dalam bermain game seperti;
AeroActive Cooler 3


Dengan perangkat pendingin aktif mampu mendinginkan ASUS ROG Phone jauh lebih baik tanpa terganggu suara bising. Dengan aeroactive teman-teman bisa mendapatkan audio jack 3.5mm secara langsung.

ROG Kunai 3 Gamepad


Game pad yang mana fungsinya bisa anda atur dan kustomisasikan sendiri.
TwinView Dock 3


Dilengkapi dengan kipas, baterai tambahan 5000mah dan layar refresh rate 144hz sama seperti ROG Phone 3. Anda bisa memainkan game yang kompatibel dengan aksesoris ini dan rasakan experience yang berbeda.

Lighting Armour Case


Case khusus yang didesain khusus ASUS ROG Phone 3, yang secara look sangat keren dengan Aurora RGB.

Glass Screen Proctetor


Screen procter untuk melindungi layar dari goresan dan tidak menganggu sensitifitas layar tentunya.
Waist Pack dan Crossbody Pack 


Aksesoris ini cocok buat teman-teman gamers yang suka berpergian main game diluar rumah untuk memudahkan membawanya.

Tidak ada yang instan, segala sesuatunya perlu usaha dan kerja keras. Selama anda yakin menjadi gamer profesional adalah cita-cita anda teruslah bersemangat untuk mengapainya dan jangan lupa untuk berdoa.

Selain usaha keras, doa, dan tentunya ASUS ROG Phone 3 sudah cukup menjadi modal awal anda terjun ke dunia profesional gamers di Indonesia.

Semoga bermanfaat, jangan lupa share jika dirasa artikel ini bermanfaat dan tinggalkan komentar anda dibawah.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic