Cara Agar Instagram Story Android Agar Seperti Iphone

Multimedialy.com - Instagram merupakan sosial media terpopuler saat ini untuk berbagi foto dan video pendek baik melalui postingan atau feed dan melalui instagram story. Instastory seperti sebuah fitur wajib yang sering kita pakai sebagai pengguna instagram. Kita bisa membagikan foto atau video pendek 15 detik di instastory untuk bisa di lihat selama 1 hari. Saya rasa ini fitur yang tidak bisa lepas dari sosial media instagram.

Sebagai fitur yang banyak digunakan penggunannya, ada kekurangan yang cukup menganggu bagi pengguna smartphone android. Teman-teman semuanya pasti sudah tahu dan menyadari bahwa kualitas instagram story dari smartphone android sangat buruk kualitasnya. 

Foto atau video yang diupload menurun drastis kualitasnya (menjadi pecah-pecah) dan untuk video juga tidak smooth (selain penurunan ketajaman juga fps video). Hal ini terjadi baik ketika teman-teman mengambil foto/video langsung melalui aplikasi instagram (direct) ataupun difoto/videokan melalui aplikasi kamera baru diupload ke instagram, hasilnya sama-sama saja burik.

Baca juga: Cara Mudah Meningkatkan Follower Instagram (Dijamin!)

Hal ini berbanding terbaik dengan iphone yang memiliki kualitas instastory yang bagus. Untuk android sendiri sampai sekarang ini masih belum ada update dari official untuk aplikasi instagram agar bisa menyamai kualitas instagram story di iphone/ios. 

Banyak faktor sebenarnya yang menjadikan instastory di ponsel-ponsel android tidak bisa setara di iphone, beberapa faktornya adalah;

  1. Instagram memang asal mulanya dari iphone.
    Instagram awal mula aplikasi ini ada di ios/iphone jadi mungkin saja secara aplikasi karena awalnya dibuild di ios maka versi androidnya tidak sebaik di versi asli/awal mereka di iphone.
  2. Terlalu banyak jenis/tipe/produk smartphone android. 
    Android merupakan sistem operasi yang terbuka dimana semua produsen smartphone bisa menggunakan sistem operasi yang satu ini berbeda dengan iOS yang ekslusif untuk produk apple saja. Dampaknya banyak sekali jenis/tipe/produk smartphone android mungkin ribuan atau lebih. Mungkin inilah alasan kenapa aplikasi instagram di android tidak bisa seoptimized di iphone, ya karena android ada banyak sekali jadi ibaratnya gak mungkin buat cocok untuk mereka semuanya.
  3. Spesifikasi android kurang nendang.
    Tanpa menjelek-jelekan android sebelumnya. Android memiliki banyak sekali tipe dan jenisnya mulai dari segi harga ada yang budget/low end hingga kelas flagship. Karena variasi harga ini terjadi juga perbedaan spesifikasi. Berbeda dengan iphone yang memang cuma 1 seri tiap tahunnya rilis dengan harga mahal dan spesifikasi yang mumpuni. Kalau diandroid ada yang spefikasi pas-pasan sampai mumpuni. Mungkin inilah jalan yang dipilih developer instagram di android agar aplikasi mereka bisa nyaman dipakai ya mereka melakukan pengurangan kualitaas salah satunya di instagram story android.

Tapi tenang untuk anda para pengguna android tidak usah bersedih, setiap masalah pasti ada solusi. Termasuk keburikan instagram story di android. Anda tidak perlu menjual ponsel android anda karena instastory yang pecah-pecah, ngeblur, tidak smooth videonya (fps drop), noise, dll. Semua masalah instastory dari beres karena memang masalahnya terletak pada aplikasi instagram yang melakukan kompresi sehingga kualitasnya menurun.

Untuk itu solusinya adalah menunggu update dari aplikasi instagram official, tentunya hal tersebut tidak karena akan lama dan entah akan terjadi atau tidak dari mereka memperbaiki ini mengingat banyak tantangan dari faktor-faktor yang saya sebutkan tadi.

Cara agar instagram story tidak pecah dan tidak patah-patah

Teman-teman harus menggunakan aplikasi instagram third-party yang sudah mengalami modifikasi sehingga bisa membuat instastory yang cakep seperti di iphone;

Download aplikasi Instander: Instander 


Ada 2 versi yang bisa digunakan silakan pilih sendiri sesuai kebutuhan.

Original: jika anda ingin menghapus instagram official yang dari playstore dan menggunakan instander secara penuh. (harus uninstall ig bawaan).

Clone: jika anda masih ingin menggunakan aplikasi instagram official dan aplikasi instander (bisa diinstal tanpa perlu uninstall app ig bawaan).

Jika sudah selesai di download, silakan buka dan install instander. Jangan lupa untuk ijin browser/app manager anda untuk menginstall aplikasi dari pihak ketiga (unknown resource).



*opsional*
Sebelum masuk ke aplikasi instander dan login akun instagram kalian, demi keamanan karena ini aplikasi pihak ketiga (tidak official dari instagram) untuk jaga-jaga saja silakan aktifkan two-factor authentication di akun instagram kalian.

Caranya; masuk ke pengaturan instagram (ada diprofil menu pojok kanan atas diklik) lalu masuk ke menu keamanan, aktifkan two-factor authentication. Bisa menggunakan sms atau aplikasi google 
authenticator.

Buka aplikasi instander dan login ke akun instagram kalian.


Untuk memperbaiki kualitas instastory, teman-teman wajib aktifkan fiturnya terlebih dahulu. Ada dibagian profil, masuk ke menu dipojok kanan atas, pengaturan instander 


Masuk ke menu peningkatan kualitas.

lalu enable semua fiturnya untuk meningkatkan kualitas instastory.



Sampai disini sudah selesai masalah kualitas instastory di ponsel android anda, anda bisa mendapakan instastory yang setara kualitasnya dengan app instagram di iphone.

Untuk cara terbaik penggunaan adalah dengan mengambil foto/video melalui aplikasi kamera (bawaan hp) baru di upload instastory melalui aplikasi instander.

Cara ini agar fitur seperti stabilizer di video, hdr pada foto ataupun fitur lainnya yang ada di app kamera bisa menunjang kualitas di instagram story.

Saya sendiri sudah mencobanya dan saya sudah membuktikannya memang mampu meningkatkan kualitas instastory, dan tidak ada masalah keamanan sejauh ini. Akun saya aman-aman saja, asal jangan lupa juga pakai authentication two factor agar lebih aman lagi.

Baca juga: Cara Mengetahui Password Facebook Teman

Selain fitur untuk meningkatkan kualitas instastory ada fitur menarik lainnya yang ada di app instander ini seperti; bisa baca dm tanpa ketahuan diread, melihat instastory teman tanpa diketahui, mendownload foto/video di feed instagram dan masih banyak lagi.

Itu dia cara untuk mengatasi segalah permasalahan kualitas instagram story di smartphone android, semuanya beres dan ada beberapa fitur menarik yang berguna untuk anda. Silakan bagikan artikel ini keteman anda jika dirasa bermanfaat. 

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic