Cara Melaporkan Blog Copas ke DMCA

Multimedialy.com - Sebagai seorang blogger sulit rasanya agar artikel yang kita buat sepenuh hati tidak di copy paste oleh website lain. Pada artikel sebelumnya saya juga sudah membuatkan artikel "Cara Mencegah Blog Dicopy Paste". Namun tetap saja mau di lindungi seperti apapun namanya sudah dipublikasikan di internet sudah menjadi publik kita harus siap dengan apapun yang terjadi termasuk copas ini yang terus selalu bisa mengakali dan dapat ide cara untuk copy paste.

Kita tahu sendiri banyak dari mereka yang kurang tahu etika dan abad ketika melakukan copy paste atau membagikan artikel kita di website mereka. Mereka tidak melakukan ijin, memberikan link sumber ataupun memberikan kompensasi apapun kepada kita.

Padahal dampak dari blog di copy paste sendiri merugikan tentunya seperti penurunan peringkat di hasil pencarian google, dan bahkan di beberapa kondisi blog kita yang menuliskan artikel original bisa kalah posisinya di hasil pencarian google dengan blog yang copas. So sangat menyedihkan.

Untuk bisa mengcounter balik mereka yang copy paste tanpa ijin tanpa memberikan link sumber ada cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan melaporkan blog atau website mereka yang melakukan copy paste.

Cara Melaporkan Blog Copas ke DMCA 

Ada beberapa tools yang bisa anda gunakan untuk melaporkan blog yang melakukan copas atau pelanggaran lainnya.

DMCA Google

Dengan melapor di DMCA google jika situs tersebut terbukti copas hukuman yang biasa didapat adalah dihapusnya situs tersebut dari hasil pencarian google.

Silakan buka: DMCA Dashboard dari Google

Silakan isi form dengan benar dan sesuai.

Isikan nama depan, nama belakang anda, nama perusahaan (bisa anda kosongkan atau isi dengan nama blog anda), pemegang hak cipa (anda sendiri), email anda, negara (Indonesia / menyesuaikan), apakah pengiriman berhubungan dengan streaming tidak sah dari live streaming yang akan datang? (tidak).


Identifikasi dan uraikan karya berhak cipta: disini anda bisa menjelaskan detail pelanggar hak ciptanya, jelaskan dengan bahasa indonesia karena google sudah mendukung bahasa indonesia. Anda bisa menjelaskan bahwa artikel blog anda dicopas tanpa ijin dan memberikan sumber referensi.

Form dibawahnya anda memasukan link blog anda yang dicopas (yang sah) dan link situs yang copas (yang plagiat). Anda bisa melaporkan banyak url sekaligus buat 1 url satu baris untuk melakukan itu.

Peryataan sumpah bahwa laporan anda berikan benar adanya, silakan centang semuanya, masukan tanggal anda saat mengirimkan laporan (bulan/tanggal/tahun), tanda tangan (masukan nama lengkap anda), silakan centang verifikasi robot.


Jika semua data laporan sudah benar tekan kirim.

Sampai disini anda telah berhasil melapor situs yang melakukan copas ke blog anda, anda tinggal menunggu email balasan dari google tentang hasilnya.

Itu tadi untuk melapornya ke google jadi akan diberikan hukuman dari segi pencarian google, selain itu anda juga melaporkan blog yang copas dengan DMCA dari blogger dan wordpress. Disini blog yang masih menggunakan host dari blogger atau wordpress (wordpress.com bukan yang host sendiri) akan mendapatkan hukuman juga, bisa penghapusan artikel atau blog tersebut.

DMCA Blogger
Lakukan laporan di DMCA Google dan jika blog yang copas tersebut menggunakan platform blogger  bisa ditambah dengan melaporkan ke DMCA Blogger.

Buka Blogger.com/report lalu klik "Laporkan konten"


Apa URL postingan yang ingin Anda laporkan?
Masukan url blog (blogger) yang copas blog anda.
Pedoman komunitas mana yang Anda yakini dilanggar?
Ada banyak pilihan karena mau melaporkan copy paste pilih "Hak Cipta".
Bantu kami memahami lebih lanjut alasan Anda melaporkan postingan tersebut
Disini anda bisa menjelaskan bahwa blog tersebut sudah melakukan tindakan copy paste artikel blog anda tanpa ijin dan memberikan link referensi. Masukan juga url blog anda yang dicopas pada form ini.
Bagaimana pendapat Anda saat melihat postingan ini?
Berikan pendapat anda misal anda tidak suka,dll. Ini tidak wajib anda isi.

Selanjutkan tekan "Report" untuk melakukan laporan.

Dengan melaporkan via report blogger ini blog yang masih menggunakan platform blogger bisa mendapatkan efek langsungnya seperti artikel dihapus atau bahkan blog tersebut.

Jadi buat yang masih ngehost di blogger hati-hati aja dengan copy paste artikel website lain.

DMCA Wordpress
Kalau DMCA blogger untuk melapor copaser yang memakai platform blogger, DMCA Wordpress ini bisa anda gunakan jika situs tersebut menggunakan platform wordpress.com. Perlu jadi catatan ini untuk yang host di wordpress.com (baik yang free atau berbayar) tapi tidak untuk wordpress.org yang non hosted.

Silakan buka Automatic DMCA

Masukan identitas lengkap anda sebagai pelapor.

Nama depan, nama keluarga (nama belakang), nama perusahaan (bisa dikosongkan atau diisi nama blog), alamat, kota, provinsi, negara, kode pos, nomor telepon, alamat email dan nama anda selaku pemilih hak cipta.


No 1. Silakan masukan url blog (wordpress.com atau hosted) yang melanggar hak cipta atau copy paste artikel anda (anda hanya bisa memasukan 1 url/laporan)

No 2. Jelaskan pelanggaran yang dilakukan (dengan bahasa inggris)

No 3. Masukan url blog anda yang dicopas atau dilanggar hak ciptanya.

Selanjutnya centang semua persetujuan dan masukan nama lengkap anda sebagai signature.


Lalu tekan Submit jika semuanya sudah terisi dengan benar.

Jika terbukti melakukan pelanggaran sama seperti yang ngehost diblogger yang masih ngehost di wordpress.com ini juga bisa kena hapus artikel atau bahkan blognya jika laporan yang masuk begitu banyak.

DMCA ini juga bisa melaporkan pelanggaran hak cipta lainnya yang merugikan anda misal membagikan produk berbayar anda secara gratis diwebsite mereka,dll.

Itu dia tentang cara untuk melaporkan blog yang copy paste alias plagiat artikel blog kita, semoga bisa bermanfaat.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.