Cara Mencegah Copy Paste Artikel Blog (Blogger)

Multimedialy.com - Sebagai seorang blogger masalah yang sering kita alami adalah artikel yang kita buat dan tulis begitu lama di copas alias copy paste begitu saja oleh blog/website lain. Kita sebagai seorang blogger yang sudah bersusah payah menulisnya tentunya tidak bisa lepas dari perasaan jengkel tulisan dicopas dan tidak dihargai dengan menaruh link sumber.

Jika artikel kita di copas tapi masih memberikan link sumber (berupa link aktif) mungkin jengkel kita bisa sedikit berkurang karena setidaknya mereka yang menghargai dan kita mendapatkan benefit promo dan backlink gratis yang mungkin bisa membantu blog kita.

Tapi kebanyakan mereka yang copy paste tanpa memberikan link sumber dan parahnya ada yang sampai menggunakan bot atau sistem AGC dimana artikel kita dicopy paste secara otomatis oleh bot jadi begitu kita postikan artikel kita langsung tercopy paste oleh mereka.

Untuk kasus blog yang masih baru bahkan situs yang copy paste artikel kita bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik dihasil pencarian karena kalah dari segi authority.

Nah pada kali ini saya akan memberikan cara yang bisa anda coba untuk mencegah copy paste pada blog anda, dengan cara ini setidaknya menyulitkan mereka yang ingin copy paste blog kita.

Mencegah Copy Paste dari AGC (auto generated content)

Cara pertama ini untuk mencegah blog kalian terkena copy paste dari blog atau situs yang menggunakan sistem AGC (auto generated content) dimana mereka memanfaatkan feed blog kita dan bisa melakukan postingan artikel diwaktu yang hampir sama setelah kita post.

AGC ini cukup berbahaya dan menjengkelkan karena tidak jarang blog kita kalah posisi dalam hasil pencarian dan bahkan blog kita yang dikira copas.

Yang menjadi bahan utama AGC ini adalah feed blog kita, by defaut settingan feed di blogger adalah penuh yang artinya seluruh konten bisa terbaca melalui feed (inilah yang dimanfaatkan untuk AGC), untuk itu kita perlu mengatur agar tidak menjadi penuh feednya.

Masuk ke Blogger lalu masuk ke menu Setting / Setelan.

Silakan scroll kebagian bawah cari bagian pengaturan untuk "Feed situs"

Jika sudah ketemu silakan klik dan ubah pengaturan "Izinkan feed situs" menjadi "Pendek"

Jika sudah silakan tekan Simpan.

Sampai disini feed blog anda pendek dan berupa cuplikan saja tentunya sudah tidak bisa dimanfaatkan untuk di copas secara agc oleh situs lain.

Mencegah Copy Paste Blog dengan Cara Manual

Dengan cara ini setidaknya bisa mengurangi atau mengurunkan niat beberapa copaser karena keburu ribet untuk bisa copy paste.

Cara ini menggunakan CSS saja tanpa javascript dimana tidak akan membebani loading blog anda.

Silakan masuk ke blogger, masuk Tema lalu Edit HTML

Tambahkan css berikut:
.post-body{-webkit-user-select:none;-khtml-user-select:none;-moz-user-select:none;-ms-user-select:none;user-select:none;}
Dengan penambahan CSS ini anda bisa membuat class atau bagian mana yang tidak bisa pengunjung lakukan seleksi (class post-body bisa anda sesuaikan sendiri). Tanpa seleksi mereka tidak bisa melakukan copy paste dengan cara biasanya.

Untuk anda yang blog tutorial seperti pemrograman atau web maka blog anda akan menyuguhkan script atau kode yang memang harus di copy paste oleh pengunjung untuk itu anda bisa menambahkan css dibawah ini, agar bagian seperti blockquote, pre, dan code bisa untuk di seleksi.
pre,code,blockquote{-webkit-user-select:text;-khtml-user-select:text;-moz-user-select:text;-ms-user-select:text;user-select:text;}
Sampai disini anda sudah setidaknya tidak memudahkan mereka melakukan copy paste dan bahkan bisa mencegah beberapa copaser. Tidak ada cara 100% yang bisa melindungi konten anda dari plagiat jika sudah dibagikan di internet. Ini sekedar sebagai catatan saja untuk teman-teman semuanya.

Itu dia cara mencegah blog kita copy paste yang perlu anda coba, semoga bisa bermanfaat.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic