Cara Mendaftar dan Mengirim Sitemap di Google Search Console

Multimedialy.com - Sangat penting bagi kita pemilik blog atau situs web untuk mendaftarkan dan mengirim peta situs di Google Search Console atau dulunya namanya Google Webmaster. Google search console ini merupakan alat wajib bagi anda yang ingin situs atau blognya terbaca dan muncul di hasi pencarian google.

Bukan cuma untuk membuat blog atau situs kita terindex oleh google juga ada banyak manfaat lain mendaftarkan blog atau situs kita di google search console, seperti:

  1. Anda bisa memantau posisi atau keberadaan blog/situs anda di penelusuran google. 
    Disini anda bisa tahu dari mana pengunjung blog/situs anda datang, mereka datang dengan kata kunci pencarian apa dan berada diposisi berada blog anda dengan kata kunci tersebut.
  2. Anda bisa memecahkan permasalahan tentang situs anda.
    Terkadang ada suatu masalah dalam hal struktur data atau kecepatan akses blog/situs anda. Jika ada masalah tentang hal tersebut anda akan mendapatkan pemberitahuannya di google search console. Anda bisa memastikan bahwa google tidak mengalami masalah ketika membaca situs anda.
  3. Dan masih banyak manfaat lainnya.
Yang paling utama ketika anda sudah mendaftarkan blog atau situs anda di google search console adalah mengirimkan peta situs (sitemap) agar google mampu merayapi seluruh isi situs anda.

Pada kali ini saya akan memberikan tutorial untuk cara mendaftar dan juga mengirimkan sitemap atau peta situs di google search console.

Cara Mendaftar dan Mengirim Sitemap di Google Search Console

  1. Buka terlebih dahulu Google Search Console dan silakan login dengan akun google anda.
    Jika anda pengguna blogger maka lebih baik jika menggunakan email yang sama dengan akun bloggernya agar proses verifikasi lebih mudah.
  2. Dipojok kiri atas (dibawah logo) silakan diklik panah icon kebawah, silakan klik opsi Tambahkan property untuk menambahkan blog atau situs anda.
  3. Anda silakan opsi yang domain jika anda ingin mendaftarkan domain anda dan juga bisa mendaftar subdomain jika ingin mendaftarkan subdomain anda.
  4. Disini saya mendaftarkan blog saya yang menggunakan blogger (custom domain) dan saya ingin mendaftarkan domain utamanya.
  5. Karena email yang saya gunakan untuk blog (blogger) dan google search console sama maka proses verifikasi bisa langsung berhasil (tanpa step tambahan).
  6. Jika anda diminta verifikasi silakan lakukan sesuai instruksi yang ada. Yang paling mudah anda bisa menggunakan meta tag, anda cukup menambahkan kode tag contohnya seperti ini:
    <meta name="google-site-verification" content="string verifikasi Anda">
    Lakukan edit tema/template anda dan letak diantara <head> dan </head>
  7. Jika sudah terverifikasi silakan masuk ke menu Peta situs untuk dapat mengirimkan peta situs blog anda.
  8. Silakan masukan sitemap blog/situs anda.

    Untuk pengguna blogger sitemap yang bisa anda kirimkan adalah sebagai berikut:
    https://www.masarif.my.id/sitemap.xml
    https://www.masarif.my.id/
    atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
    https://www.masarif.my.id/sitemap-pages.xml
    https://www.masarif.my.id/feeds/posts/default?alt=rss
    https://www.masarif.my.id/feeds/posts/default
    Silakan masukan satu persatu dan ganti domain atau alamat url dengan milik anda. 

    Untuk platform lain seperti wordpress biasanya menggunakan alamatsitus.com/sitemap.xml anda bisa mengecek dengan membukanya di browser. Mungkin saja bisa berbeda tergantung plugin SEO yang anda gunakan.
  9. Jika sudah dan berhasil maka akan ada keterangan status "Sukses" dan ada url yang ditemukan.

Sampai disini teman-teman berhasil mendaftar dan mengirimkan peta situs blog anda, anda bisa eksplor dan manfaatkan lagi fitur-fitur yang disediakan di google search console. Tools ini gratis dan sangat bermanfaat bagi para pemilik blog atau situs di internet.

Itu dia cara untuk mendaftar dan mengirimkan sitemap terbaru di google search console semoga bisa bermanfaat. Silakan ajukan pertanyaan jika dirasa ada yang ingin ditanyakan

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic