Cara Meningkatkan CPC dan RKT Google Adsense

Multimedialy.com - Ada sebuah permasalahan pada saat awal blog atau website kita diterima sebagai publisher google adsense yaitu adalah penghasilan. Karena saya yakin kebanyak dari teman-teman belum mempunyai trafik yang cukup agar bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan. Teman-teman semuanya termasuk saya pasti pada galau melihat earning di dasbor adsense.

Kalau memang dari segi pengunjung masih kurang maka solusinya adalah dengan memperbanyak konten berkualitas agar blog atau website anda bisa mendapatkang pengunjung baru yang datang dari search engine.

Tapi terkadang kita sudah update banyak konten artikel, pengunjung sudah mulai naik dan mungkin pengunjungnya sudah setara dengan punya tetangga.

Tapi kok penghasilan adsense tetangga lebih gurih lebih hijau, hehehe.

Setelah diamati teryata perbedaan dan letak masalahnya adalah di CPC (cost per click) dan RKT (rasio klik tayangan) anda lebih kecil.

CPC (cost per click) atau BPK (biaya per klik) iklan adsense sebenarnya ditentukan oleh banyak faktor seperti jenis iklan yang anda pasang, ukuran iklan tersebut, konten dari situs anda, dan masih banyak lagi.

Sedangkan RKT (rasio klik pertayangan) ini juga banyak sekali faktor yang mempengaruhi seperti tema yang digunakan, jenis iklan, ukuran iklan, penempatan, dll.

Nah disini saya akan memberikan sedikit rahasia dari percobaan saya yang selain bisa menaikan cpc juga bisa menaikkan RKT adsense, so secara otomatis penghasilan anda juga akan meningkat dengan jumlah pengunjung yang sama.

Disclaimer terlebih dahulu: tutorial yang saya berika 100% tidak melangggar peraturan dari adsense murni optimasi yang saya coba dan teryata berhasil di blog yang saya kelola. Berhasil atau tidaknya di anda ada banyak faktor lain yang mempengaruhi tapi cara ini boleh anda coba bagi anda yang galau melihat dasbor adsense segitu-gitu aja.

Teori Awal

Sedikit cerita awal mula saya mendapatkan ide ini.

Awalnya tentunya saya yang galau melihat cpc blog saya yang stabil diangka 500 perak dan ditambah lagi RKT dibawah 1%. Tentunya disini ada yang salah dong, terutama RKTnya. 

Saya coba cara-cara mainstrem yang ada di internet hasilnya nihil yang ada saya hanya menghabiskan waktu saya.

Lalu saat itu saya mulai berpikir dan mengamati blog saya sendiri.

Setelah saya amati teryata iklan yang muncul hampir semuanya iklan yang dipersonalisasikan. 

Contoh: saya sedang mencari tentang celana di shoope maka iklan yang muncul di blog saya waktu membuka adalah iklan celana dari shoope (tidak menyesuaikan konten blog saya) bahkan saya coba masuk melalui pencarian hasilnya tetap sama.

Disini saya ketemu aha momentnya.

Karena menurut penilaian saya pribadi iklan dipersonalisasi berdasarkan apa yang pengunjung buka sebelumnya tidak akan memberikan CPC yang tinggi (jadi yang muncul hanya iklan receh).

Percuma dong sampai ada yang buat blog hpk (high paying keyword) tapi pengunjung masuk dari google pun iklan munculnya berdasarkan personalisasi mereka sebelumnya.

Ibaratnya anda build blog tentang asuransi, kesehatan, software,dan jenis hpk lainnya tetap saja mendapati cpc kecil jika iklan yang muncul iklan celana shoope berdasarkan personalisasi tadi.

Itu penilaian saya dari segi CPC. 

Lalu dari segi RKT atau rasio iklan yang personalisasi seperti muncul barang-barang yang kita cari di e-commerce ini juga rasio kliknya lebih kecil (ini penilaian saya pribadi diawal).

Teorinya mereka melihat iklan yang sudah mereka lihat produknya sebelumnya atau mungkin saja sudah mereka beli. 

Ibaratnya anda dikasih iklan yang tahu apa isinya. 

Anda membuka di website A iklan adsense tentang barang A, anda buka website B iklan adsense tentang barang A, disini ada kecenderungan iklan yang muncul diberbagai website akan sama karena ngambil data dari pengunjung (personalisasi).

So kalau pengunjung sudah buka atau klik iklan A di website A maka kemungkinan untuk mengklik iklan a (iklan yang sama) di website B atau website lainnya jadi kecil.

Disinilah saya berpikir kalau iklan yang muncul akan lebih baik jika berdasarkan teks atau konten yang muncul di website atau blog kita tidak berdasarkan personalisasi data pengunjung.

Jika iklan berdasarkan konten maka setiap konten yang anda buat mempunyai iklan yang berbeda. 

Pengunjung akan disuguhkan iklan yang relavan berdasarkan konten yang anda buat.

Kalau anda bahas tentang hosting, pengunjung anda datang di google, dan iklan yang muncul karena berdasarkan konten maka akan muncul iklan hosting & domain.

Pengunjung yang memang sebelumnya ngulik dan ingin tahu tentang tentang hosting tentunya lebih besar kemungkinan mengklik iklan tersebut karena penasaran dengan penawaran yang diberikan.

Dari segi RKT tentunya naik bukan?

Dari segi CPC tidak ada lagi iklan-iklan receh berdasarkan personalisasi semua berdasarkan konten. Anda tinggal mengisi dengan konten-konten yang termasuk dalam high paying keyword.

Berdasarkan teori diatas saya coba praktekan (walau belum lama) tapi hasilnya sudah lumayan dari yang CPC 500an jadi 1700 dari RKT >0,5 jadi 2-3%. Ini tanpa melakukan perubahan tema/tampilan blog atau merubah posisi iklan.

Eksekusi

Langsung saja kita masuk ke praktek untuk menerapkan yang saya teorikan diatas.

Masuk ke akun google adsense.

Klik menu Kontrol pemblokiran, Konten dan Semua situs (hanya bisa diterapkan disemua situs)

Scroll ke paling bawah klik "Kelola penayangan iklan"


Disini teman-teman bisa off-kan atau blokir untuk iklan berbasis pengguna.

Selesai.

Sampai disini iklan adsense di website anda sudah tidak menampilkan iklan berdasarkan personalisasi pengguna.

Jika bermain adsense untuk luar negeri juga bisa menonaktifkan iklan personalisasi CCPA dan Uni Eropa. Seperti ini:



Tambahan saya juga memblokir iklan kategori sensitif.

Game kasino dan kotrasepsi.


Biar lebih enak aja uangnya (lebih berkah), selain itu feeling saya kedua jenis iklan ini tidak akan mendapatkan banyak klik di blog saya. Untuk cpc saya kurang tahu tapi dari 2 pertimbangan diatas saya putuskan saya blokir saja.

Dan iklan kategori umum "Hukum & Pemerintahan"


Kalau ini feeling saja saya lihatnya kok masyarakat kita kurang tertarik sama hukum & pemerintah. Kecuali blog anda membahas tentang hukum dan pemerintahan bisa lewati saja (jangan diblokir).

Selain settingan diatas anda juga bisa mencoba panduan penempatan iklan versi saya.

Untuk penempatan iklan terbaik untuk CPC dan RKT versi saya:

Non AMP:

  1. Responsive tapi saya atur square bisa 336x280 atau 300x250 saya posisikan center dibawah judul (awal artikel) dan diakhir artikel.
  2. Responsive tapi saya atur vertikal bisa 300x600 saya posisikan disidebar.
  3. Iklan dalam artikel.
  4. Iklan match content (jika tersedia, posisi paling akhir artikel).
AMP:
Jika anda pengguna amp karena tidak bisa menggunakan iklan dalam artikel maka saya biasa kombinasikan dengan auto ads, hampir sama dengan non amp hanya beberapa penyesuaian.
  1. Responsive tapi saya atur square bisa 336x280 atau 300x250 saya posisikan dibawah judul (awal artikel) dan diakhir artikel.
  2. Responsive tapi saya atur vertikal bisa 300x600 saya posisikan disidebar.
  3. Auto ads dengan setting pemuatan iklan setengah saja dan semuanya di enable.

  4. Iklan match content (jika tersedia, posisi paling akhir artikel).
Saya sendiri sebenarnya kurang suka dengan auto ads karena penempatan iklan kita tergantung maunya google, ini yang membuat penghasilan tak menentu. Tapi karena di adsense AMP belum begitu support semua jenis iklannya maka tidak ada pilihan lain. 

Itupun dengan catatat saya tidak sett full pemuatan iklan (hanya setengah) agar tidak terlalu banyak iklan dan CPC tetap terjaga.

Seperti hukum permintaan dan penawaran. Jika slot iklan kita jaga (tidak terlalu banyak) maka pengiklan akan menawarkan harga lebih untuk mendapatkan bagian tersebut.

 Itu dia tentang cara saya untuk meningkatkan CPC dan RKT google adsense, anda bisa mencoba mempraktekan semuanya untuk hasil yang maksimal.

Cara ini bisa anda coba untuk anda yang galau dengan CPC murah kebangetan dan CTRnya kecil, buat anda yang sudah besar CPC dan RKTnya saya rasa tidak perlu mencobanya takutnya kurang bersyukur malah dikasih turun, hehehe.

Segala resiko ditangan anda, dan saya tidak menjamin 100% cara ini berhasil banyak faktor lain yang mungkin mempengaruhi. Tapi boleh dicoba.

Anda bisa menayakan jika ragu dan masih ada pertanyaan yang belum terjawab dan tinggalkan komentar anda jika berhasil menggunakan cara ini.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic