Pengertian Jaringan Komputer PAN, LAN, CAN, MAN, WAN

Multimedialy.com - Jika kita belajar akan jaringan komputer kita akan mengetahui bahwa jaringan komputer dibedakan berdasarkan rentang jarak koneksinya (rentang geografis) dalam hal ini mungkin anda mengenal istilah seperti PAN, LAN, MAN, WAN, GAN. Lalu apa sih pengertian dan perbedaanya dari masing-masing jaringan tersebut? akan saya bahas pada artikel ini.

Pengertian jaringan komputer sendiri adalah dua atau lebih perangkat/komputer yang saling terhubung dan terkoneksi satu sama lain sehingga bisa berkomunikasi dan berbagi sumber daya seperti printer (sharing printer istilahnya), berbagi koneksi internet dan berbagi file secara realtime.


Berikut penjelasan mengenai PAN, LAN, MAN, WAN, dan GAN.

Apa itu PAN (Personal Area Network)?

Jaringan PAN bisa dikatakan adalah jaringan skala kecil yang menghubungkan secara langsung satu perangkat ke perangkat lain. Skala jaringan PAN ini sangat kecil lebih kecil dari LAN, hanya beberapa sentimeter hingga beberapa meter.

Contoh dari pengaplikasian dari PAN dalam dunia nyata adalah sambungan usb antara device smartphone dan komputer, speaker bluetooth, printer dengan komputer, keyboard dan komputer, dan perangkat lainnya yang terhubung dalam skala kecil.

Untuk koneksi pada jaringan PAN bisa menggunakan sistem kabel yang bisanya menggunakan kabel seperti kabel usb, thunderbold,dll.


Sedangkan untuk jaringan PAN tanpa kabel bisa disebut sebagai WPAN (wiredless personal area network) dimana perangkat satu dengan yang lain terhubung tanpa menggunakan kabel, teknologi yang umum digunakan seperti bluetooth, wifi, dll.

Untuk jaringan PAN tidak membutuhkan alat perantara jaringan agar bisa terhubung seperti router. Karena pada jaringan PAN sendiri tidak menggunakan akses internet secara langsung, untuk bisa digunakan melalui internet perlu dihubungan ke jaringan LAN yang terhubung ke internet.

Jadi jaringan PAN ini jaringan yang sangat kecil skalanya hanya sebatas jaringan antara device satu ke device satunya yang menggunakan kabel atau dengan nirkabel (WPAN).

Apa itu LAN (Local Area Network)?

Local area network atau kepanjangan dari LAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan 2 atau lebih komputer (sekelompok) dengan cangkupan area kecil seperti ruangan, lantai atau gedung. 

Contoh yang umum dari pengaplikasian jaringan LAN adalah jaringan wifi yang ada dirumah anda, dan jaringan lainnya yang masih satu area tempat atau gedung. Jika sudah lebih luas lagi menghubungkan dua gedung atau lebih maka masuk sebagai jaringan WAN atau MAN.

Perangkat yang umum digunakan untuk menghubungkan perangkat didalam jaringan LAN adalah router. Untuk jaringan skala kecil seperti rumahan biasanya hanya menggunkan sebuah router saja untuk koneksi, sedangkan untuk jaringan LAN yang lebih luas seperti satu gedung perlu juga yang namanya Switch agar pengiriman paket data lebih efisien.


Dengan jaringan lan anda bisa membagikan koneksi internet atau sekedar membagikan sumber daya seperti Sharing printer dimana anda bisa menggunakan printer anda melalui jaringan yang terhubung. 

Apa itu CAN (Campus Area Network)?

CAN (Campus Area Network) adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer dengan jangkau area yang terbatas dalam satu kampus atau sekolah.

CAN biasanya terhubung dengan internet publik. Jadi CAN ini merupakan jaringan yang lebih besar dari jaringan LAN tapi tidak lebih besar dari MAN (Metropolitan Area Network).

Pengaplikasiannya di universitas atau perguruan negeri atau lembaga pendidikan lainnya adalah CAN ini memberikan akses internet untuk siswa dan fakultas. Selain itu dengan jaringan CAN memungkinkan pengguna untuk berbagi fil dan data dengan cepat dalam jaringan tanpa perlu keluar jaringan dari CAN.  Sehingga meminimalkan lantensi karena area untuk mengirim dan menerima data jadi lebih pendek/atau langsung tanpa keluar jaringan.

Disini Perusahaan besar juga bisa dianggap sebagai jaringan CAN, jadi tujuannya interkoneksi LAN beberapa gedung, terhubung dengan internet, dan masih dalam satu area/tempat.

Apa itu MAN (Metropolitan Area Network)?

Sesuai dengan namanya Metropolitan Area Network merupakan jaringan komputer yang menghubungkan komputer dalam area jangkauan metropolitan atau kita bisa sebut dalam satu kota atau wilayah yang cukup besar tidak harus dalam satu kota (hanya sebagai gambaran luas jaringannya bisa untuk interkoneksi dalam area kota).

Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) lebih besar dari pada jaringan LAN (Local Area Network) tapi tidak lebih besar dari WAN (Wide Area Network).

Kebanyakan dari pengaplikasian MAN sekarang ini menggunakan teknologi kabel serat optik untuk membentuk koneksi antara satu jaringan LAN ke jaringan LAN lainnya. 

Apa itu WAN (Wide Area Network)?

Jaringan WAN atau Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang sangat besar dan menghubungkan banyak komputer atau jaringan lain dalam jangkauan yang amat luas. 

Jaringan WAN ini biasa digunakan untuk skala bisnis untuk keperluan menghubungkan jaringan komputer mereka. Dimana setiap kantor biasanya memiliki jaringan local areanya sendiri atau kita sebutnya jaringan LAN. LAN ini akan terhubung dengan jaringan LAN yang lain dalam jangkauan daerah yang sangat luas.

Jika LAN digunakan untuk jaringan local satu titik yang masih dalam area satu gedung. Maka WAN ini dibuat agar bisa melakukan konektivitas jarak jauh.

Itu dia sedikit penjelasan tentang jaringa komputer berdasarkan skala jangkauan areanya seperti PAN, LAN, CAN, MAN, WAN, GAN. Semoga bisa bermanfaat.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic