Tips Agar Blog Anda Diterima Google Adsense

Multimedialy.com - Kita tahu ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menghasilkan uang melalui sebuah blog. Anda bisa menjual space iklan mandiri, konten placement, jasa review produk, afiliasi, menjual jasa / produk lain atau memasang iklan dari jaringan periklan seperti Google Adsense.

Walau sekarang ini banyak sekali jaringan periklanan sejenis Google Adsense akan tetapi tetap menurut saya Adsense masih menjadi primadona bagi kalangan blogger.

Ibarat kata Google Adsense ini merupakan cara terbaik untuk bisa mendapatkan uang melalui sebuah blog dengan memasang kode iklan dari google adsense maka iklan akan muncul secara otomasi menyesuaikan dengan konten blog anda dan anda akan dibayar perklik ditambah perseribu kali tayang.

Akan tetapi untuk bisa diterima sebagai publisher atau agar blog anda bisa diterima google adsense bisa dikatakan tidak mudah tapi juga tidak susah asal anda tahu caranya. 

Kali ini saya akan membagikan tips agar blog anda bisa di google adsense. Buat teman-teman yang baru mau mencoba mendaftar atau yang sudah daftar adsense tapi ditolak mungkin bisa membacanya juga sebagai pembelajaran.

Tips Agar Blog Diterima Google Adsense

Mungkin disclaimer dulu diawal tips ini merupakan murni 100% dari pengalaman pribadi yang dasarnya berasal dari situs support.google.com/adsense

Memastikan Kelayakan Blog Anda

Tampilan Blog
Tampilan blog sangatlah penting untuk anda perhatikan. 

Karena pengalaman pribadi saya tidak jarang blog saya ditolak karena alasan tema ini. Karena ketika saya ditola, saya bisa memastikan semuanya ketentuan lainnya sudah saya penuhi. Akhirnya saya memutuskan untuk memodifikasi tampilan blog saya dan mengirim ulang. Hasilnya betul sekali diterima.

Pengalaman saya pribadi tema dengan thumbnail atau tampilan gambar cuplikan dihomepage mempunyai persentase yang lebih tinggi untuk keterima dibanding tampilan blog dihomepage tanpa thumbnail dari artikelnya.

Buat teman-teman yang masih bingung, tema blog yang baik itu yang seperti apa sih?

Menurut saya pribadi tema blog yang baik itu:
  1. Memiliki desain yang simple dan bersih
    Sekarang ini trend tampilan sebuah blog yang simpel-simpel dan terlihat bersih. Pengunjung yang datang ke blog kita di search engine dari google mereka datang hanya ingin melihat informasi atau artikel yang kita tulis. Pastikan semua navigasi, tatak letak, dan menu-menu lainnya jelas dan tidak membingungkan pengunjung.
  2. Selalu tampil bagus di semua jenis browser
    Kita tahu bahwa pengunjung blog kita tidak hanya datang dari satu sistem operasi atau dari satu jenis browser. Mereka membuka blog kita dari berbagai macam sistem operasi dan browser. Untuk itu ketika anda memilih tema untuk blog anda, anda bisa mencoba melakukan uji coba dengan membuka tema tersebut diberbagai browser. Tema blog yang baik akan memilik tampilan yang tetap sama di semua jenis browser.
  3. Responsive desain atau mobile friendly
    Jika dulu orang buka internet perlu didepan komputer (baru sedikit pengguna internet mobile) sekarang sebaliknya pengguna mobile begitu banyak. Untuk itu pastikan tema blog anda sudah responsive atau tampilannya bisa menyesuaikan dengan ukuran device penggunjung. Mobile frinedly istilah lainnya.
  4. Teroptimasi SEO Onpage
    Tema blog yang teroptimasi ada 3 hal yang harus ada menurut saya: meta tag lengkap dengan open graph, breadcrumbs, dan juga struktur data yang valid melalui alat pengujian data terstruktur google.
  5. Cepat dalam akses loading
    Dengan menggunakan tema blog yang cepat dalam loadingnya anda akan mendapatkan banyak benefit dari segi pengunjung lebih nyaman tentunya mengakses blog dengan loading, anda juga bisa meningkatkan SEO blog anda dan mendapatkan posisi yang lebih baik di pencarian google. Kecepatan akses ini juga penting ketika blog anda sudah diterima adsense karena semakin cepat loading semakin cepat iklan blog anda muncul (ada didalam guideline adsense untuk meningkatkan kecepatan blog agar penghasilan meningkat).
  6. Fitur tambahan lain yang diperlukan
    Adapun fitur lainnya yang cukup penting untuk ada seperti tombol share agar pengunjung bisa membagikan artikel anda ke sosial media dengan cepat dan mudah. Widget lain seperti artikel terbaru, artikel terpopuler dan artikel terkait juga bisa jadi hal yang baik untuk blog anda.
Karena saya sendiri kurang suka bergonta-ganti tema/template blog karena akan buang-buang waktu. 
Anda harus melakukan setting disana-sini dan belum lagi masalah error broken link yang mungkin terjadi. 

Mending waktu tersebut digunakan untuk yang lebih bermanfaat seperti menulis artikel agar pengunjung blog anda meningkat. 

Untuk itu  saya sarankan untuk selalu selektif dalam menentukan tema blog yang akan anda gunakan. Pilih tema yang memang terbaik untuk blog anda yang sesuai dengan 6 kriteria diatas insyaallah bisa digunakan dalam waktu yang lama tanpa perlu berpaling ke tema yang lain.

Jika anda punya dana lebih, anda bisa menginvest uang anda untuk membeli tema/template blog premium yang memang biasanya tema atau template premium ini lebih diperhatikan faktor-faktor yang saya sebutkan tadi.

Tapi juga tidak sedikit tema/template gratisan yang sangat bagus kualitasnya.

Anda bisa mencoba premium blogger buatan saya: Menowo V3 yang tentunya sudah sesuai dengan kriteria tema yang baik untuk blog adsense anda.
Catatan penting: penting untuk teman-teman melakukan edit tema blog agar semua tampilan menunya siap dan pastikan tidak ada menu yang masih kosong linknya belum terisi (masih berupa #).
Konten Blog
Konten isi blog adalah satu hal penting yang perlu diperhatikan banyak dari kita yang masih kurang dalam kualitas dan tidak memenuhi kebijakan dari google adsense hingga akhir menerima email balasan bahwa blog ditolak karena masalah konten.

Lalu apa konten atau artikel blog seperti apa yang bisa membuat blog kita diterima google adsense?
  1. Konten orisinil yang unik dan menarik
    Penting untuk menjaga ke orisinalan artikel yang anda tulis. Pastikan artikel yang anda tulis di blog anda bukan hasil dari copy paste. 

    Walau dalam beberapa kasus juga tidak sedikit blog dengan artikel copy paste bisa dan diterima untuk google adsense. Mungkin ini sedikit anomali tapi untuk amannya saya sendiri lebih merekomendasikan menulis artikel yang orisinal buatan anda sendiri, tidak dari hasil copy paste, ketika menggunakan gambar di artikel/blog pastikan juga tidak melanggar hak cipta orang lain dan jika anda menggunakan kutipan / referensi lain maka anda wajib memberikan sumbernya.

    Artikel yang orisinal ini tidak hanya untuk persyaratan mendaftar google adsense. Dengan artikel yang orisinal anda juga bisa mendatang lebih banyak pengunjung dari pencarian google. Karena google sendiri mempunyai kebijakan yang sama di pencarian mereka.

    Mereka lebih menyukai konten-konten yang memang original yang masih unik dan tentunya menarik untuk dibaca pengunjung.
  2. Konten yang sesuai kebijakan google
    Kedua pastikan juga artikel yang anda tulis di blog anda sesuai dengan kebijakan yang ada di google adsense, ada beberapa kategori artikel yang memang rancu dan tidak diperbolehkan ditulis di blog publisher iklan mereka, seperti: melanggar hak cipta, berbau SARA, pembobolan (hacking), membagikan sesuatu yang ilegal dan dilarang hukum,dst.

    Jika anda menulis artikel seperti contoh diatas kemungkinan besar anda kan ditolak karena konten blog anda melanggar kebijakan dari google.

    Untuk lengkapnya teman-teman bisa membaca kebijakan konten dari google adsense disini: https://support.google.com/adsense/answer/9335564 ini wajib anda perhatikan dan laksakan agar bisa diterima dan setelah anda diterima sekalipun agar tidak terjadi pembatasan iklan atau banned adsense.
Jika anda sudah menuliskan artikel yang original, unik, menarik dan sesuai kebijakan google maka semua persyaratan dari segi konten sudah anda penuhi.

Anda bisa menuliskan 10-15 artikel sebelum anda mendaftarkan blog anda di google adsense pastikan 2 hal diatas sudah terpenuhi dari artikel anda.

Halaman dan Menu di Navigasi
Ada beberapa halaman yang harus anda buat dan harus anda pasang didalam navigasi blog anda. Yaitu halaman:
  1. Halaman Tentang (About)
    Berisikan informasi tentang blog anda (seperti kapan dibuat, membahas tentang apa saja,dll) dan juga informasi diri anda sebagai pemilik dan juga penulis blog. Silakan perkenalkan diri anda.
  2. Halaman Kontak (Contact)
    Halaman ini penting agar pengunjung blog anda bisa menghubungi anda jika memang diperlukan. Juga merupakan syarat wajib bagi anda yang ingin mendaftarkan adsense dengan blognya.
  3. Halaman Daftar Isi (Sitemap)
    Halaman ini berisi daftar isi seluruh artikel yang ada diblog anda, anda bisa membuatnya secara otomatis dengan kode javascript. Silakan cari tutorial membuat halaman daftar isi blog di google.
  4. Halaman Privacy Policy dan Dislaimer
    Untuk halaman ini anda tidak perlu bingung untuk membuatnya, kita bisa menggunakan generator privacy policy dan disclaimer yang diperlukan untuk para penerbit google adsense.

    Privacy Policy Generator: https://www.privacypolicyonline.com/privacy-policy-generator/
    Disclaimer Generator: https://www.privacypolicyonline.com/disclaimer-generator/
Setelah ke empat halaman tersebut anda buat masukan ke dalam menu atau navigasi blog anda. Saya lebih menyarankan memasukannya dinavigasi bagian atas dibandingkan footer.

Mengirim Sitemap di Google Search Console
Walau tidak ada dipersyaratan resminya tapi juga sangat penting dan wajib anda lakukan di blog anda (jika belum dan jika sudah silakan diskip).

Dengan mendaftarkan blog dan mengirim sitemap atau peta situs di Google Search Console, anda akan membuat seluruh konten yang ada di blog anda di index oleh mesin pencari google.

Dengan terindex di pencarian google artinya blog anda bisa ditemukan oleh orang banyak kedepannya. Semakin banyak pengunjung datang sama artinya semakin banyak penghasilan yang akan anda terima nantinya.

Untuk cara mendaftar dan mengirim sitemap di google search console anda bisa membaca artikel dari saya: Cara Mendaftar dan Mengirim Sitemap di Google Search Console

Catatan penting!
Jika 4 hal utama diatas seperti tampilan, konten, navigasi dan halaman sudah anda penuhi semuanya anda bisa mencoba mendaftarkan blog anda ke Google Adsense.

Jika anda mengalami penolakan dengan alasan konten anda bisa memastikan sekali lagi bahkan konten artikel anda memenuhi kebijakan konten dari google adsense. Silakan ketahui permasalahan konten artikel blog anda dan lakukan perbaikan. Anda bisa mengedit atau menghapus artikel yang menurut anda masih ragu apakah sesuai kebijakan google adsense.


Namun jika alasannya situs anda belum siap maka anda bisa menganti tema/template blog anda ke tampilan lain sembari melakukan menulis beberapa artikel baru dan melakukan submit ulang.

Pertanyaan yang sering ditanyakan?

Berapa minimal umur blog?
Tidak ada minimal umur blog anda bisa mendaftarkan blog atau situs anda kapan saja jika anda sudah yakin siap.

Berapa minimal artikel?
Sebenarnya tidak ada minimal artikel yang official google adsense tentukan agar bisa diterima. Dipenjelasan diatas menurut saya sweet spot berada di 10-15 artikel atau lebih banyak agar tentunya setelah anda diterima adsense anda sudah punya artikel yang cukup untuk mendatangkan pengunjung.

Pertanyaan lain ajukan dikolom komentar!

Itu dia tips dan sedikit sharing pengalaman saya agar blog bisa diterima Google Adsense, semoga bermanfaat.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic