Belajar Tentang Fotografi Smartphone, Agar Foto Jepretan HPmu Jadi Keren

Multimedialy.com - Kalau dulu ketika kita berbicara tentang fotografi maka yang ada dibayang kita adalah seorang fotografer profesional dengan kamera slr yang besar.

Namun seiring dengan perkembangan jaman, untuk bisa menghasilkan sebuah foto yang menarik bagi orang banyak tidak melulu harus dengan peralatan yang lengkap dan mahal.

Anda sebagai seorang yang awam atau baru mengenal tentang fotografi bisa juga menghasilkan foto yang menarik dan indah bagi diri anda sendiri ataupun orang lain hanya bermodalkan sebuah smartphone.

Smartphone sekarang ini mengalami perkembangan yang pesat terutama dari segi kualitas foto, smartphone kelas entri level sekalipun sekarang ini sudah sangat baik kualitasnya apalagi jika anda menggunakan smartphone kelas high end atau flagship.

Karena kita bicara tentang fotografi, kualitas suatu karya fotografi tidak hanya ditentukan dari peralatan yang digunakan juga ada teknik dan perasaan/pesan yang pesan dalam sebuah foto yang bisa anda asah dan latih.

Nah pada kali ini saya akan memberikan sedikit tips, trik dan tutorial agar anda bisa menghasilkan foto yang menarik dan keren dengan smartphone anda. Langsung saja kita masuk ke tutorialnya.

Teknik dalam Memegang Kamera Smartphone Yang Baik dan Benar

Sebagai dasar yang perlu anda ketahuia dan pahami adalah cara anda dalam memegang smartphone ketika ingin mengambil sebuah foto.

Untuk teknik memegang kamera yang benar adalah dengan menggunakan kedua tangan anda. Dengan menggunakan kedua tangan grip anda memegang smarphone akan lebih kuat dan stabill. Untuk memegangnya juga rileks saja jangan terlalu kuat atau kaku dan juga jangan terlalu lemas. Dibuat senyaman dan senatural mungkin.


Selain itu jika ada tempat yang memungkinkan tangan anda bersandar maka gunakanlah sebagai tumpuan tangan anda agar tidak bergoyang ketika mengambil gambar.

Walau terdengar sepele namun dengan teknik yang benar agar memberikan pegangan yang kuat sehingga kamera smartphone anda lebih minim getaran atau gak goyang pada saat mengambil gambar.

Selain teknik dalam memegang smartphone yang perlu anda perhatikan. Anda juga harus menekan tombol shutter atau tombol untuk memotret dismartphone anda dengan pelan dan lembut. Karena tidak sedikit dari kita yang masih terlalu kasar dalam menekan tombol untuk mengambil foto yang akibatnya malah gambar jadi blur karena gerakan kita yang terlalu kasar. Untuk anda yang masih belum terbiasa bisa membiasakan diri mekan tombol jepret dengan selembut mungkin.

Memang kenapa kalau kita tidak stabil dalam memotret?
Tentunya akan mempengaruhi hasil biasanya foto yang dihasilkan akan menjadi blur. Terutama saat anda memotret di kondisi yang sedikit cahaya (indoor atau malam hari misalnya). Hal ini dikarekan kondisi yang kurang cahaya maka untuk menghasilkan foto yang terang kamera akan mengkompensasi dengan melambatkan shutter speed (dalam mode auto).

Teman-teman bisa mempelajari tentang mode manual seperti shutter speed, iso dan apperture.

Setting Kamera Ke Resolusi Terbaik

Produsen smartphone jaman sekarang berlomba-lomba dengan memberikan resolusi megapixel kamera yang besar. Nah untuk anda pengguna smartphone juga harus smart dalam mengenal dan memahami kemampuan fotografi kamera smartphone anda.

Anda kondisi dimana anda lebih baik menggunakan megapixel besar atau penuh misal opsi 48mp, 64mp atau 108mp untuk mendapatkan detail yang lebih baik. Ada juga kondisi dimana anda lebih baik menggunakan resolusi bawaan misal 12mp, 16mp,dll dari sistem pengabungan pixel (pixel binning).

Intinya disini jika smartphone anda mempunya menu opsi untuk menggunakan resolusi tinggi anda wajib mencobanya, lihat hasilnya dan jadikan pembelajaran dalam anda melakukan fotografi dengan smartphone.

Anda akan tahu diskenario apa anda harus menggunakan resolusi penuh atau versi pixel binning.

Jangan Lupa Untuk Menlap Lensa Kamera Smartphone

Penting bagi kita untuk menjaga kebersihan dari lensa kamera smartphone kita, silakan lap lensa kamera smartphone anda sebelum anda gunakan untuk memotret.

Tujuannya tidak lain dan bukan agar foto yang dihasilkan lebih tajam dan kualitas foto yang dihasilkan lebih maksimal.


Anda bisa menggunakan kain micro fiber yang lembut yang mana khusus untuk membersihkan optik seperti kacamata dan lensa kamera.

Harganya cukup murah bisa anda dapatkan di berbagai online shop.

Baru Belajar Gunakan Mode Auto dan Manfaatkan Exposure Compensation

Belajar fotografi tidak melulu tentang pengaturan kamera. Anda bisa memanfaatkan mode auto untuk hal yang lebih praktis dan cepat. 

Dimana mode auto ini melakukan semua pengaturan exposure/cahaya secara otomatis dan memberikan hasil foto pengaturan exposure yang terbaik. 

Yang perlu anda manfaatkan untuk memaksimalkan mode auto dalam kamera smartphone adalah fitur exposure compensation atau lock mode cahaya.


Dimana anda cukup menekan objek yang ingin di fokuskan dalam foto anda, anda bisa membuat cahayanya naik ataupun cahayanya turun sesuai dengan skenario yang ingin anda buat.

Misal jika anda ingin membuat foto siluet di pantai yang dramatis anda bisa mentap/fokuskan objek yang paling terang (matahari) lalu menurunkan exposure/cahayanya agar foto yang dihasilkan lebih gelap dan dramatis lagi scene siluetnya.

Jangan Gunakan Zoom Digital

Jika smartphone anda tidak mempunyai lensa telephoto maka fitur zoom yang ada pada smartphone adalah zoom digital yang sama artinya dengan melakukan croping pada hasil foto. 

Tentunya dengan zoom digital kualitas gambar dari segi ketajaman akan berkurang karena ya cuma ngecrop dari foto aslinya.

So buat teman-teman yang smartphonenya tidak mempunyai lensa telephoto jangan lakukan zoom untuk mengambil gambar, sebisa mungkin untuk bergerak mendekat ke objek untuk mendapatkan foto dari jarak yang dekat atau close up.

Manfaat Fitur Yang Disediakan Aplikasi Kamera

Kelebihan dari smartphone jaman sekarang adalah banyaknya mode dan fitur tambahan yang disediakan sebagai penunjang fotografi anda.

Anda bisa mencoba menggunakan dan memanfaatkan fitur tersebut untuk meningkatkan kualitas.

Satu fitur yang wajib dan biasa saya gunakan adalah HDR

Dengan mengaktifkan mode HDR hasil foto yang dihasilkan akan meningkat ketajaman dan dinamic rangenya sehingga anda bisa menangkap area yang gelap dan terang sekaligus sehingga detail masih dapet.


Selain mode HDR saya juga menyarankan anda menggunakan mode malam/night mode yang sangat amat berguna memperbaiki kualitas detail foto smartphone anda menjepret dikondisi low light atau malam hari.

Selebihnya seperti fitur A.I/Scene Recognition, dan mode lainnya bisa anda coba dan pelajari. Manfaat betul fitur dan mode yang ada dikamera smartphone anda.

Perbanyak Angle Pengambilan Gambar

Setiap angle dalam anda mengambil gambar akan memberikan kesan yang berbeda dalam setiap fotonya. Untuk anda yang baru belajar anda bisa memperbanyak angle ketika memotret sesuatu hal yang anda angap menarik.

Temukan angle terbaik yang bisa menyampaikan pesan dan membuat objek yang anda foto terlihat lebih menarik difoto.

Jangan ragu untuk mengambil gambar sebanyak mungkin sehingga anda bisa mengambil 1 yang terbaik untuk bisa anda poskan ke sosial media.

Pelajari Tentang Komposisi dalam Fotografi

Komposisi dalam fotografi kita akan berbicara tentang bagaimana cara kita menempatkan suatua objek yang ingin kita foto agar terlihat menarik didalam sebuah frame kamera smartphone anda.

Karena kita disini menggunakan kamera smartphone secara kualitas tentunya masih belum bisa melampaui kualitas kamera DSLR atau mirrorless.

Tapi dengan teknik komposisi yang pas foto tersebut menjadi lebih menarik dan terlihat menonjol ketika orang melihat foto tersebut.

Orang bisa langsung tahu mana objek yang ingin anda tonjolkan atau tunjukan dalam foto.

Teknik komposisi yang paling umum dan cocok diberbagai skenario fotografi adalah rule of third.

Rule of third


Jika di smartphone anda harus mengaktifkan fitur grid kamera 3x3 lalu menempatkan objek menarik (point of interest) yang akan anda foto di pertemuan titik dari 3 garis tersebut. Kurang lebihnya seperti ini;

Dan masih banyak lagi teknik komposisi fotografi lainnya yang bisa anda mempelajar agar fotografi smartphone anda makin kece dan keren.

Perbanyak Jam Terbang Memotret Anda dan Minta Masukan dari Teman

Perbedaan seorang fotografer profesional dan amatir/newbie bukanlah alat ataupun skill secara teknikal.

Seorang yang pemula diberikan perangkat kamera yang sama, diajarkan teknik yang sama, menggunakan teknik yang sama dan objek yang difoto sama secara hasil bisa beda dibandingkan mereka yang sudah berkencimpung lama di dunia fotografi.

Perbedaannya ada di jam terbang dan pengalaman.

Fotografi bukan sekedar soal alat dan teknikal ada faktor rasa atau perasaan yang hanya bisa dicapai dengan terus berlatih dan berlatih. Jam terbanglah yang akan membawa anda mengenal rasa dan perasaan dalam fotografi.

Anda akan langsung tahu bagaimana menyampaikan sebuah pesan melalui foto atau membuat sebuah objek terlihat lebih menari didalam sebuah foto.

Buat anda yang pemula teruslah memotret, sembari mempelajari teknik-teknik baru dalam fotografi jangan lupa juga untuk meminta saran dan kritik dari orang lain.

Dengan terus memotret dengan smartphone anda juga bisa merasakan kemampuan atau kamera smartphone anda merespon.

Anda bisa mencoba mempraktekan semua hal yang sudah saya sebutkan diatas, selain itu anda juga menambah peralatan yang menunjang untuk berfotografi ria di smartphone seperti salah satunya tripod. Saya yakin setelah anda mencoba semua tutorial diatas hasil foto yang anda hasilnya menjadi lebih baik lagi.

Itu dia tentang fotografi smartphone, semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic