Cara Mudah Untuk Kamu Yang Ingin Berhenti Merokok

Multimedialy.com - Merokok merupakan sebuah kebiasaan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita dimasa yang akan datang. Sayapun yakin kebanyakan perokok di Indonesia sudah tahu bahaya yang bisa ditimbulkan dari yang namanya merokok. 

Baca juga: Ciri-Ciri Terkena Diabetes

Menurut beberapa penelitian juga menyebutkan ada lebih dari 5000 jenis bahan kimia pada rokok konvensional yang dapat memicu timbulnya kanker dimasa yang akan datang. Bahan kimia tersebut ada didalam TAR yang ada didalam rokok.

Pemerintahpun sudah membuat berbagai peraturan agar bisa mengurangi angka perokok terutama dari kalangan anak mudan dan remaja seperti dengan menaikan cukai rokok dan juga foto dari orang-orang yang terkena penyakit akibat merokok.

Tapi faktanya semua hal tadi masih belum bisa efektif untuk menghentikan seorang yang sudah menjadi pencandu dalam merokok. 

Pada kali ini saya akan sedikit sharing untuk teman-teman semuanya yang perokok (yang sudah ketergantungan) agar bisa lepas 100% dari yang namanya merokok dan untuk teman-teman yang tidak merokok agar tetap bisa didalan yang benar.

Niat dan Prinsip Yang Kuat Untuk Tidak Merokok

Berdasarkan apa yang kita lihat dilapangan perokok baru di Indonesia mereka memulai merokok bukan karena diri sendiri namun karena adanya ajakan dari teman dan lingkungan sekitar.

Kebanyakan dari kita ikut menjadi perokok karena faktor eksternal atau dari luar yang mempengaruhi kita jadi mencoba merokok dan akhirnya kecanduang.

Faktor dari ajakan teman anda atau lingkungan anda bisa anda bentengi dengan niat dan prinsip yang kuat untuk tidak merokok.

Anda harus tahu alasan-alasan kenapa anda tidak boleh merokok dan kuatkan itu menjadi sebuah prinsip hidup anda. Jika benteng diri sudah kuat maka faktor dari luar ini tidak akan bisa mempengaruhi anda untuk merokok.

Anda harus yakin bahwa tidak merokok itu adalah hal yang benar dan baik untuk masa depan anda.

Pahami Bahaya Merokok Lebih Mendetail

Ini mungkin bisa menjadi alasan kenapa para perokok di Indonesia tidak bisa berhenti untuk merokok. 

Mungkin faktor edukasi atau informasi yang kurang tentang bahaya merokok. Walau kita tahu bahwa di kemasan merokok ada gambar dari dampak bahaya merokok, saya rasa mungkin itu semua kurang.

Kita yang ingin mencoba berhenti merokok bisa mencoba menonton video-video dokumenter atau video lainnya dari para mantan perokok aktif yang sekarang ini sudah berhenti merokok karena sebuah penyakit.

Menonton sebuah video membuat anda bisa merasakan secara langsung bahaya dari merokok, ini bisa menguatkan diri anda untuk berhenti dan tidak merokok lagi.

Alihkan ke Kegiatan Positif Lain Yang Bisa Mengisi Waktu Luang Anda

Ketika anda sudah menjadi perokok aktif dan anda mencoba untuk merokok sekali saja maka anda akan merasakan ada yang kurang dari diri anda. Bisa secara fisik mungkin mulut terasa masam. Ataupun hal-hal lain yang mengingatkan anda untuk merokok seperti waktu habis makan, sehabis minum kopi atau sedang mencari inspirasi.

Semua hal tersebut hanya ada didalam alam bawah sadar anda. Untuk itu anda harus berusaha menolaknya cara paling mudahnya untuk melupakan hal tersebut adalah dengan mengisi waktu-waktu tersebut dengan kegiatan yang menyenangkan diri anda yang bisa membuat anda lupa untuk waktu merokok anda.

Mulailah dari Hal Kecil dan Beri Diri Anda Target Untuk Benar-Benar Berhenti Merokok

Jika anda perokok berat yang bisa menghabis lebih dari satu pak rokok setiap harinya maka akan berat bagi diri anda ketika langsung mencoba untuk benar-benar berhenti merokok dalam satu hari. Anda akan sulit untuk berhasil.

Anda bisa mencobanya dari hal-hal kecil seperti mengurangi jumlah batang rokok anda dalam satu hari, beri target harian atau mingguan untuk bisa benar-benar berhenti merokok.

Sedikit-sedikit asal anda lakukan dengan konsisten untuk bisa menghilangkan kecanduang anda para rokok.

Itu dia tips atau sedikit sharing dari saya untuk teman-teman perokok yang ingin mencoba menghilangkan kecanduan pada rokok. Bahwa kesehatan itu mahal harganya so sangat sampai anda sesali apa yang sudah anda lakukan dimasa lalu, pastikan masa depan itu tetap ada dan bahagia.

Semoga bermanfaat sampai jumpa.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.