Cara Merawat Laptop Yang Baik dan Benar Awet Hingga Tua

Multimedialy.com - Ketika memiliki sebuah laptop baru kita sebagai pemiliknya tentunya ingin laptop kita bisa bertahan lama, awet alias tidak cepat rusak. Kita sebagai pengguna tentunya ingin laptop kita bisa tetap nyaman digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama sampai anda merasa anda perlu mempunyai sebuah laptop baru (upgrade) karena faktor spesifikasi yang sudah tidak sesuai dengan pekerjaan anda saat ini.

Jika kita menggunakan laptop dengan baik, benar dan merawatnya tentunya anda tidak perlu sedikit-sedikit service laptop ataupun mengalami kerusakan laptop sehingga harus membeli sebuah laptop baru.

Kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan suatu brand laptop jika laptop kita dari brand tersebut rusak. Misal anda pakai brand a cepat rusak terus anda katakan laptop a kualitas buruk sehingga laptop yang anda gunakan cepat rusak. 

Anda mungkin perlu intropeksi diri apakah diri anda sudah benar dalam penggunaan laptop? bisa jadi rusak itu karena faktor pemakaian anda yang sembrono.

Baca juga: Cara Mempercepat Kinerja Laptop Lama Agar Tidak Lemot

Pada artikel ini saya akan membahas tentang cara merawat laptop baru anda agar tetap awet dan tahan lama sehingga tetap bisa berjalan dengan baik dimasa yang akan datang. Mulai dari cara penggunaan, perawatan dan hal-hal lainnya, berikut penjelasannya:

Pastikan Laptop dalam Kondisi Mati Ketika Dibawa Berpergian

Ketika anda sedang menggunakan laptop anda untuk bekerja, anda sedang membuka begitu banyak aplikasi untuk pekerjaan anda dan pada saat itu juga anda pindah tempat atau pergi dari tempat tersebut. 

Kebanyakan dari kita akan menutup layar laptop dan memasukan laptop kedalam tas untuk membawanya pergi.

Memang dengan cara ini semua pekerjaan anda tidak akan tertutup dan anda tidak perlu melakukan proses yang begitu lama untuk bisa melanjutkan pekerjaan tersebut di tempat yang kita tuju. Jadi lebih praktis karena tinggal kita tutup layar, dan lalu kita buka layar semua aplikasi, dan file pekerjaan kita sudah terbuka semuanya.

Namun hal tersebut bisa jadi masalah bagi laptop anda.

Karena menutup layar laptop buka berarti laptop kita mati. By default pengaturan laptop kita akan masuk ke dalam mode standby jika kita menutup layar monitor. Dalam mode standby ini komponen hardware laptop masih bekerja dengan kondisi hemat energi sebelum masih ke mode hibernate (jika baterai sudah terlalu rendah atau habis).

Sampai disini mungkin anda sudah dapat point yang ingin saya sampaikan.

Jika memang anda ingin membawa laptop anda berpergian sebaiknya memang dalam kondisi mesin mati bisa dengan hibernate atau shutdown sekalian. 

Ketika anda hanya menutup layar atau mode standby/sleep masih ada komponen laptop kita yang bekerja. Yang namanya masih bekerja pasti memakan daya dan juga mengeluarkan panas. Kebayang dong kalau dibawa berpergian dimasukan ke dalam tas (dalam durasi yang tidak menentu) bisa jadi overheating. 

Belum lagi kadang kita sebagai pemilik laptop kalau laptop kita masih standby atau kondisi sleep dan didiamkan begitu saja seharian didalam tas, aduh bisa-bisa overheat parah jangan sampai menyesal karena ada komponen yang rusak akibat kebiasaan tidak mematikan laptop ketika membawanya berpergian.

Disini saya tidak mengatakan mode standby/sleep itu berbahaya dan merusak laptop. Semua itu ada porsi dan fungsinya masing-masing. Dengan mode standby/sleep anda bisa kembali menyalakan laptop anda dengan cepat dan bisa melanjutkan pekerjaan anda sebelumnya, tapi kurang tepat jika anda gunakan ketika laptop anda ingin bawa berpergian lebih baik anda meluangkan sedikit waktu anda untuk menyimpan pekerjaan anda dan mematikan laptop dengan proses shutdown.

Gunakan Tas Yang Memang Proper Untuk Laptop

Penting untuk anda membawa laptop anda berpergian dengan tas yang memang proper digunakan untuk membawa laptop.

Anda bisa menggunakan tas yang memang disediakan slot atau tempat untuk memasukan laptop kesayangan anda. 

Dengan laptop yang ada tempat khusus laptop anda bisa membawa laptop anda berpergian tanpa perlu khawatir laptop didalam tas tergoncang-goncang karena dan berbenturan dengan barang bawaan lainnya yang ada ditas anda.

Pastikan juga anda tidak menaruh barang-barang yang bisa menjadi bahaya bagi laptop anda. Jangan menaruh benda-benda seperti air minum, bentar cair lainnya, magnet,dll dalam satu slot tempat tas anda. 

Anda bisa menaruh air minum dibagian luar, dan laptop didalam (sesuai tempat dan fungsinya). Karena menaruh air minum didalam tas cukup riskan juga karena anda tidak akan dengan cepat menyadari air bocor, akibatnya laptop anda bisa tidak tertolong.

Anda juga bisa menggunakan tas laptop bawaan yang anda dapatkan ketika membeli laptop tersebut.

Gunakan Laptop di Tempat Yang Benar

Untuk menjaga laptop anda agar tetap bisa awet penting kita memperhatikan cara kita menggunakan laptop tersebut dalam hal ini adalah tempat kita menggunakan laptop.

Pertama: Jangan gunakan laptop di kasur atau sofa
Kasur atau sofa memiliki permukaan yang tidak solit (empuk) menggunakan laptop diatas permukaannya hanya akan menutup saluran udara masuk dibawah laptop yang mengakibatkan aliran udara masuk dan keluar untuk membuang panas dari dalam laptop terganggu.


Akibatnya laptop akan menjadi panas alias overheating. Tentunya ini akan menjadi masalah hardware jika panasnya kelewatan panas. Misal anda gunakan laptop anda untuk pekerjaan berat ditambah digunakannya diatas kasur/sofa empuk ya udah aliran udara terganggu ditambah air flow terganggu makin overheat deh.

Selain masalah itu kasur dan sofa cenderung tempat yang kotor terdapat banyak debu atau kotoran kecil yang bisa saja terbawa masuk kedalam laptop karena laptop menggunakan sistem fan jadi sangat memungkinkan debu dan kotoran dari luar masuk kedalam apalagi jika lingkungan sekitar memang kotor. Akibat jangka panjangnya ya debu dan kotoran ini akan menumpuk dan lagi-lagi akan menganggu air flow dan sistem pendinginan laptop anda.

Ujung-ujungnya ya overheat lagi anda.

So gunakan laptop anda ditempat yang:
  1. Bersih dari debu, pasir dan kotoran lainnya yang bisa masuk kedalam laptop.
  2. Tempat yang berpemukaan keras bukan seperti kasur atau sofa yang bisa menutup lubang udara dibawah laptop.
  3. Hindari makan dan minum di dekat laptop anda. Makanan dan minuman yang anda bawa didekat laptop anda bisa menjadi bahaya bagi laptop anda, misal anda tidak sengaja menyenggol ataupun teman anda menyengolnya hingga menumpahi/menjatuhi laptop anda. Hem.. bisa konsleting bukan. So jauhkan makanan minuman dari laptop anda (seaman mungkin menurut anda).
  4. Jauhkan dari anak kecil dan hewan peliharaan. Anak kecil dan hewan peliharaan bisa menjadi laptop anda. Kitapun tidak bisa menyalahan anak kecil (yang tidak paham apa-apa) dan juga hewan, kita sebagai pengguna laptop yang smart lah yang wajib mengaman laptop kita, baik saat digunakan bekerja atau saat menyimpannya dirumah.

Jangan Gunakan Laptop Sampai Mati atau Baterai 0%

Pola pemakaian sangat berpengaruh dalam keawetan komponen perangkat keras laptop kita. Salah satunya adalah pola pemakaian laptop dalam kondisi menggunakan baterai yang benar adalah tidak membiarkannya sampai benar-benar kondisi baterai habis atau 0%.


Menggunakan perangkat elektronik apapun yang menggunakan baterai (termasuk laptop) hingga baterainya benar-benar kosong sampai akan memperpendek umur atau usia baterai perangkat tersebut.

Ketika anda menggunakan laptop hingga kehabisan baterai proses charge akan membutuhkan tenaga ekstra lagi untuk mengisinya, ini ditandai dengan indikator charge yang agak lama muncul jika anda melakukan charga di kondisi baterai habis. Karena bekerja lebih berat inilah baterai jadi lebih panas. Panas ini bisa dikatakan menjadi masalah utama baterai cepat rusak.

Idealnya anda sudah melakukan charge laptop anda saat memasuki 30%-20% untuk meringankan kerja baterai laptop dan membuatnya lebih tahan lama.

Bersihkan Laptop Secara Berkala

Kebersihan laptop anda adalah hal penting yang perlu kita jaga.

Dengan rutin membersihkan bodi luar laptop anda bisa menjaga setiap komponen tetap awet dan tetap enak untuk dilihat.

Kita sebagai pengguna juga akan merasa lebih nyaman bekerja jika laptop kita bersih dari kotoran, dari segi kesehatan pengguna juga akan lebih baik anda membersihkannya, bukan?

Untuk membersihkan laptop cara terbaik adalah dengan menggunakan tisue dan alkohol (dengan konsetrasi tinggi 70% / 96%).

Kenapa dengan alkohol?

Karena alkohol memiliki sifat mudah menguap sehingga tidak menimbulkan konsleting yang mungkin saja terjadi. Walau anda mengelap bagian luar bukan tidak mungkin terjadi konsleting, kasus paling sering di keyboard. Semakin tinggi kadar alkoholnya semakin baik untuk membersihkan perangkat elektronik. 

Belum lagi alkohol juga bisa membersihkan kuman dan bakteri yang ada dilaptop anda, sehingga lebih higienies dalam bekerja dengan laptop.

Silakan basahi tisue dengan alkohol (bisa anda dapatkan di apotek) lalu gunakan untuk menlap setiap bagian luar laptop anda. Bersihkan setiap sisi yang bisa anda bersihkan.

Anda juga bisa melakukan bersih-bersih bagian dalam laptop anda jika dirasa suhu laptop anda tinggi itu bisa juga dikarekan dalaman laptop anda yang kotor dengan debu dan kotoran sehingga menganggu aliran udara dalam membuang panas keluar. 

Anda bisa lakukan sendiri atau menyerahkannya ke teknisi.

Lakukan pembersihan debu-debu didalam laptop 1, 2, atau 3 tahun sekali. Tergantung dari pemakaian anda jika anda sembarangan dalam memakai laptop di tempat kotor maka otomatis juga dalaman laptop anda cepat kotor. 

Gunakan Pheriperal Tambahan Ketika Bermain Game

Jika ada yang mengatakan bermain game dilaptop bisa merusak laptop, pendapat itu tidak sepenuhnya salah.

Pertama yang perlu anda garis bawahi anda bisa bermain game di laptop anda selama laptop anda memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan game tersebut atau bahasanya laptop anda kuat speknya.

Kedua perhatikan juga suhu laptop anda, anda beberapa kondisi laptop anda akan terasa sangat panas ketika bermain game (overheat) tentunya ini tidak baik jika diterus-teruskan.

Namun jika laptop anda spesifikasinya kuat dan tidak panas, gas ajalah.

Namun ada hal penting ketika anda bermain game biasanya akan memerlukan keyboard maka saya sarankan anda membeli keyboard eksternal untuk bermain game di laptop anda.

Karena kita tahu ketika bermain game kita tidak bisa memencet keyboard dengan halus, takutnya kalau pakai keyboard dari laptop hanya akan membuatnya cepat rusak dan jebol.

Lebih baik anda merogoh kocek untuk membeli keyboard, mouse, joystick atau pheriperal lainnya yang mendukung gaming anda di laptop.

Hati-Hati Tegangan Listrik Tidak Stabil

Salah satu ciri listrik di rumah anda atau tempat anda bekerja tidak stabil ditandai dengan lampu listrik yang meredup dan terang sendiri atau kalau anda menggunakan kipas angin (besar) maka baling-balingnya bisa melambat sendiri dan kembali normal. Semakin sering hal ini terjadi berarti listrik ditempat anda sangat tidak stabil.

Hal ini bisa merusak perangkat elektronik anda termasuk laptop kesayangan anda.

Ada banyak faktor yang menyebab listrik rumah anda tidak stabil, akan tetapi tidak akan saya bahas di artikel ini.

Solusi untuk anda yang sumber listriknya kurang stabil adalah dengan menggunakan stabilizer atau starter volt. Anda bisa membelinya di toko elektronik dan toko komputer. Alat ini penting untuk anda yang listrik rumahnya kurang stabill.

Selain itu jika anda menggunakan sumber listrik dari genset (misal saat mati lampu, atau hal lainnya) anda wajib menggunakan yang namanya stabilizer ini. Karena listrik yang dihasilkan genset sangat tidak stabil dan berbahaya bagi baterai dan perangkat elektronik lainnya yang langsung nancep begitu saja.

Selalu Update Sistem Operasi dan Driver Laptop

Penting bagi kita untuk melakukan update sistem operasi laptop kita. Jika ada permintaan ijin untuk melakukan update dan instalasi update sistem operasi (windows/mac os) maka jangan ragu untuk melakukannya.

Update sistem operasi dan driver laptop sangat penting agar fungsi software dan hardware tetap bisa optimal dan selaras dari waktu kewaktu.

Update sistem operasi & driver penting untuk jaminan keamanan/security, perbaikan bug, stabilitas, fitur-fitur baru dan juga performa.

Itu dia tentang cara dan tips untuk merawat laptop baru kesayangan anda dengan baik dan benar tentunya agar tetap awet dan tidak cepat rusak. Semoga bisa bermanfaat.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.