Cara Mudah Hapus Background Foto Tanpa Aplikasi Tambahan

Multimedialy.com - Jika dulu kita ingin menghapus background foto kita butuh yang namanya aplikasi editing foto. Untuk pengguna komputer/desktop biasa menggunakan photoshop atau untuk pengguna mobile juga ada aplikasi tersendiri untuk editing foto seperti Picstart.

Memang dengan aplikasi tersebut kita bisa menghapus background foto kita. Untuk seseorang yang sudah terbiasa menggunakan dan tahu cara pakainya maka akan mudah untuk menghapus background di aplikasi tersebut.

Namun untuk mereka yang awan tentang komputer ataupun smartphone akan sulit rasanya untuk hanya sekedar menghapus background foto dengan rapi. 

Baca juga: Cara Mengubah Ukuran Foto Sesuai Kebutuhan

Nah untuk itu saya ada solusi mudah untuk bisa menghapus background foto tanpa memerlukan aplikasi tambahan dan tanpa perlu anda melakukan sesuatu yang menyulitkan, semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Kita akan menghapus background foto kita memanfaatkan tools online berbasis web dari Remove.bg dengan tools ini anda bisa menghilangkan background alias membuat foto jpeg anda menjadi png tanpa background semudah melakukan proses upload dan download.

Berikut cara untuk menghilangkan background foto dengan remove.bg:

  • Buka di web browser kalian situs Remove.bg , anda bisa akses melalui dekstop/komputer atau melalui smartphone.
  • Selanjutnya jika sudah terbuka silakan upload gambar/foto yang ingin anda hilangkan backgroundnya, klik Upload file lalu pilih file gambar/foto yang ingin anda hilangkan.


  • Disini anda juga bisa menggunakan opsi url, anda cukup mengcopy url gambar yang ingin anda hilangkan backgroundnya lalu anda pastekan url (ctrl + v) (desktop) atau klik url untuk memasukan url (mobile).
  • Setelah gambar anda sudah masukan, tunggu sebentar prosesnya (1-3 detik) dan akan langsung keluar hasilnya.


  • Anda bisa tekan download untuk mendownload hasil gambar/foto yang sudah anda hilangkan backgroundnya. 
Mudah sekali bukan ?

Tools ini cukup canggih berkat bantuan A.I sehingga mampu mengenali mana objek dan background lalu memisahkannya. Namun tetap saja akan ada miss dan error jika objek yang ada difoto atau gambar terlalu rumit untuk dimengerti A.I.

Tools ini tidak hanya bisa anda gunakan untuk memisahkan foto dengan backgroundnya bahkan juga gambar desain dengan backgroundnya, silakan anda coba saja. Intinya disini anda bisa membuat foto/gambar menjadi .png dengan mudah.

Sedikit kekurangan dari tools ini adalah belum memberikan resolusi penuh untuk pengguna gratisnya. Jadi anda hanya bisa mendapatkan foto/gambar yang sudah dihilangkan backgroudnnya dengan resolusi 500x500px , sudah cukup terbilang besar tidak sampai ke tahap pecah sekali. 

Kecuali anda seorang profesional dibidang desain ya anda bisa menggunakan aplikasi yang proper untuk menghilangkan background agar mendapatkan resolusi yang tinggi.


Itu dia sedikit tutorial tentang menghilangkan background dengan mudan dan menyenangkan dengan bantuan tools remove.bg, kalau ada yang mudah dan praktis kenapa harus pakai cara yang sulit.

Sekian dari saya, jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman kalian. 

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic