Cara Screenshot di Komputer atau Laptop Windows

Multimedialy.com - Ketika kita ingin mengambil gambar yang ada di layar komputer atau laptop apa yang kita lakukan?

Untuk orang yang masih baru menggunakan komputer atau laptop biasanya mereka akan mengambil foto secara manual melalui handphone mereka. Saya sendiri dulu juga melakukan hal yang sama dan tidak sedikit juga teman saya yang masih melakukan hal tersebut.

Cara tersebut kurang tepat jika anda ingin mendapatkan hasil foto layar yang jelas, Apalagi untuk tujuan yang lebih serius misal untuk menunjukan hasil tugas, pekerjaan atau hal lainnya. 

Baca juga: Cara Mempercepat Performa Windows 10

Untuk anda yang masih belum tahu cara melakukan screenshot, pada artikel ini saya memberikan beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan untuk menscreenshot layar komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows. 

Anda silakan pilih sendiri mau pakai cara yang mana yang anda anggap mudah dan praktis.

Cara Screen Layar Komputer atau Laptop Anda

Untuk melakukan screenshot layar pada komputer atau laptop disini anda tidak perlu menggunakan aplikasi khusus, hampir semua sistem operasi desktop sudah menyediakan fitur screenshot dari bawaan mereka. 

Namun anda juga bisa menginstall aplikasi tambahan untuk melakukan screenshot karena bisanya menawarkan fitur yang lebih yang mungkin bisa berguna dan memudahkan.

Cara ini bisa anda gunakan untuk anda pengguna sistem operasi windows 10, 8.1, 8, windows 7 atau dibawahnya.

Cara Screenshot Menggunakan Print Screen
  1. Pertama yang anda siapkan tentunya adalah tampilan layar yang ingin anda capture atau screenshot.
  2. Jika sudah silakan tekan tombol Print Screen pada keyboard anda.
  3. Disini anda sudah berhasil menangkap tangkapan layar komputer atau laptop anda.
  4. Untuk menyimpan gambarnya anda bisa buka aplikasi Paint, lalu tekan Ctrl + V maka akan keluar hasil tangkapan layar anda.
  5. Anda bisa melakukan editing di Paint atau langsung saja melakukan Save as untuk menyimpan gambar.
  6. Selain dengan paint anda juga bisa langsung melakukan Ctrl + V misal pada file dokument word anda, cara ini bisa anda lakukan di berbagai aplikasi lainnya silakan anda coba saja.
Kekurangan dari cara screenshot dengan Print Screen ini adalah area yang bisa anda screenshot adalah keseluruhan layar yang tampilan. Anda perlu melakukan editing jika hanya ingin mengambil bagian tertentu yang ingin anda screenshot.

Nah untuk anda yang ingin screenshot bagian/area tertentu bisa menggunakan alternatif cara kedua dibawah ini.

Cara Screenshot Menggunakan Snipping Tools
  1. Tetap sama anda sudah menyiapkan apa yang ingin anda screenshot.
  2. Buka aplikasi Snipping Tool, bisa langsung tekan tombol windows dan lakukan search kata kunci Snipping Tool.

    Aplikasinya seperti ini:
  3. Jika fitur search windows anda tidak bisa maka bisa anda cari di menu Windows, lalu pada folder Windows accessories anda akan menemui Snipping Tool


  4. Jika sudah terbuka Snipping toolnya, silakan tekan New untuk melakukan screenshot.


  5. Disini anda bisa tarik area mana yang ingin anda screenshot pada layar komputer/laptop anda. 
  6. Jika sudah anda bisa melakukan editing sederhana seperti melakukan coretan pen, highlight, dll.


  7. Jika sudah silakan tekan icon save untuk menyimpan.
Dengan cara ini sudah cukup untuk kebutuhan saya karena bisa dengan mudah melakukan screenshot pada area tertentu dan melakukan coretan ataupun highlights yang mungkin saya butuhkan. 

Selain 2 cara diatas yang menggunakan aplikasi bawaan dari windows ada juga aplikasi pihak ketiga yang juga bisa anda coba untuk melakukan screenshot karena anda point yang tidak anda dapat dengan 2 cara diatas.

Cara Screenshot Layar Menggunakan Fitur Game Bar Windows 10
Cara ini kita akan memanfaatkan fitur screenshot pada fitur Game Bar yang ada di Windows 10. Fitur ini cukup berguna untuk anda melakukan screenshot saat bermain game full screen pada komputer atau laptop anda, dimana anda tidak bisa melakukan screen dengan cara biasanya. 

Berikut caranya;
  1. Untuk bisa menggunakan fitur screenshot dari Game Bar Windows 10 pertama anda harus pastikan fitur Game Bar sudah on. 
  2. Untuk mengecek dan mengaktifkannya masuk ke Settings, ke menu Gaming, lalu pastikan dalam kondisi On jika belum silakan di Onkan.



  3. Sampai disini anda sudah bisa memanfaatkan fitur screenshot dari game bar.
  4. Silakan mainkan game anda, dan untuk melakukan screenshot tekan Alt + Win + Print Screen
  5. Anda bisa melakukan berkali-kali screenshot tanpa menggangu jalannya permainan anda.
  6. Untuk file yang tersimpan ada di folder Videos lalu Capture.
Cara Screenshot Layar Menggunakan Aplikasi Lightshot
  1. Pertama tentunaya kita harus download dan install aplikasi Lightshot: klik disini untuk link downloadnya. Pilih untuk sistem operasi Windows karena juga tersedia untuk MacOS.
  2. Jika sudah proses downloadnya, silakan lakukan instalasi seperti biasa. Cukup buka aplikasinya, dan next-next. Aplikasinya ini berukuran kurang dari 3 mb cukup kecil tidak akan membebani komputer atau laptop anda.
  3. Jika sudah terinstall maka anda akan icon tray aplikasi lightshot, untuk melakukan screenshot anda bisa klik icon tersebut atau bisa dengan langsung menekan tombol Prnt Scrn.


  4. Dengan menekan tombol Print Screen maka anda langung bisa menyeleksi area yang ingin anda screenshot. Anda bisa juga melakukan editing seperti menambahkan garis, coretan, anak panah, teks, dll.


  5. Jika sudah anda bisa tekan icon save untuk menyimpan secara offline di komputer anda atau bisa menguploadnya ke internet.
Yang saya suka dengan aplikasi Lightshot ini anda bisa melakukan screenshot dengan mudah cukup tekan Print Screen, fitur-fitur juga cukup lengkap dan ketersedian fitur untuk upload ke internet. Jadi ibarat 2 fitur dari Print Screen bawaan dan snipping tools + bisa langsung online/upload ke internet.


Itu dia tentang cara screenshot layar komputer atau laptop untuk para pengguna sistem operasi Windows, silakan anda tentukan anda lebih suka dengan cara yang mana. Sesuaikan dengan kebutuhan anda juga.

Sekian jika dirasa artikel ini bermanfaat jangan lupa share artikel ini ke sosial media.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic