Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Creativepreneur

Multimedialy.com - Fajri Alhadi - Saat ini banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk dapat menghasilkan uang, salah satunya bisa dilakukan dengan mengembangkan creativepreneur. 

Anda harus tahu bahwa hal ini sudah banyak sekali diminati pemuda-pemudi di Indonesia. Tidak hanya muda-mudi saja, berbagai macam kalangan umur memiliki minat untuk menjalankan profesi creativepreneur.

Tapi, creativepreneur karir yang satu ini memiliki tantangan yang cukup besar, karena masing-masing individu harus memiliki kemampuan kreativitas tinggi. 

Pengertian Creativepreneur

Tidak sedikit orang mengerti tentang creativepreneur, kali ini Anda harus paham tentang dasar dari profesi yang satu ini. 

Jadi creativepreneur adalah profesi yang dimulai seseorang dengan meluapkan seluruh ode-ide kreatifnya. Biasanya, ide kreatif tersebut bisa berupa seni maupun desain yang dijadikan patokan utama. Memang profesi yang satu ini bisa dikatakan mirip sebagai seniman. 

Mengapa bisa? Karena, seniman juga memulai karyanya dari 0 dan meroket hingga membuat hasil karya yang terbaik. Sedangkan, creativepreneur ini memulai sebuah ide kreatif dari 0 hingga menjadi penghasilan bagi mereka. 


Jadi, bisa disimpulkan bahwa creativepreneur ini merupakan kegiatan wirausaha yang ranahnya ke industri kreatif. 

Karakteristik Creativepreneur

Sebelumnya, ada banyak sekali contoh Creativepreneur Indonesia diantaranya yaitu Anda bisa menjadi content creator dan YouTuber. 

Tapi, untuk menempuh profesi creativepreneur, Anda harus memiliki karakteristik dasar profesi. Apakah Anda sudah mengetahuinya? Inilah karakteristik yang harus Anda miliki, diantaranya sebagai berikut: 

  1. Inovatif
    Seorang creativepreneur ini harus memiliki tingkat inovasi yang tinggi dan bisa membuat inovasi ini banyak diminati di masa depan
    Hingga suatu saat inovasi itu akan banyak diminati oleh orang-orang dan menjadi suatu kebutuhan dalam kehidupan. 
  2. Bold moves
    Jadi, karakter yang harus dimiliki oleh creativepreneur adalah memiliki ide kreatif yang konsepnya akan dijual ke khalayak banyak. 
  3. Hybrid skills
    Tuntutan menjadi creativepreneur adalah menjadi seseorang yang multitalenta. Ada banyak sekali yang bisa dijadikan satu oleh creativepreneur seperti gabungan bisnis dan public relation. 
  4. Kolaborasi
    Biasanya seorang creativepreneur ini memiliki keterbatasan dan sadar akan hal tersebut. Maka dari itu, untuk mengunggulkan ide kreatifnya perlu melakukan kolaborasi pas dengan orang lain.
    Dengan kolaborasi maka akan menghemat biaya yang dibutuhkan dan juga menghemat waktu pengerjaannya. 
  5. Short planner
    Setiap profesi harus memiliki rencana jangka waktu yang ditentukan, baik itu jangka panjang maupun jangka pendek. 

Maka dari itu, seorang creativepreneur harus mempersiapkan kemungkinan yang akan terjadi kedepannya dan mempersiapkan seluruh ide kreatif yang akan dijual. 

Langkah Awal Untuk Menjadi Creativepreneur

Kali ini, Anda akan mengetahui tentang bagaimana langkah awal Anda untuk memulai menjadi creativepreneur. 

Apakah Anda sudah mendapatkan sebuah gambaran tersebut? Inilah langkah awal menjadi seorang creativepreneur, diantaranya sebagai berikut: 

  1. Memiliki acuan fokus
    Ketika Anda memilih untuk berkarir sebagai creativepreneur maka Anda harus memiliki satu tujuan utama di dalamnya.
    Ketika Anda memiliki satu tujuan fokus, maka akan semakin terbuka lebar peluang untuk kedepannya. Dengan fokus satu tujuan maka akan memberikan banyak keuntungan serta manfaat untuk Anda. Bahkan, bisa menghilangkan risiko-risiko besar. 
  2. Mengenali potensi diri
    Langkah awal yang perlu dilihat adalah mengetahui potensi diri sendiri. Dengan mengetahui hal tersebut, maka Anda sudah bisa menentukan hal apa yang akan dijual kepada masyarakat.
    Maka dari itu, Anda perlu mengoptimalisasikan potensi diri dan memanfaatkannya untuk mengubah kehidupan finansial. 
  3. Menganggap saran dan kritik semuanya positif
    Ketika Anda menjadi creativepreneur ada saatnya Anda akan mendapatkan saran dan kritik, memang ada yang memiliki konotasi negatif.
    Tapi, Anda harus terbiasa untuk bodo amat dengan saran kritik negatif dan menjadikan semua itu dengan hal positif dalam mengembangkan potensi diri. 
  4. Mempunyai dateline
    Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk memulai creativepreneur profesi adalah mempunyai tenggat waktu yang pas dan sudah disusun sejak awal.
    Jangan sampai Anda mengurangi pencapaian creativepreneur karir karena, malas untuk berpikir mengenai ide kreatif yang akan terjadi di masa depan. 
  5. Produktif 
    Langkah yang sangat awal untuk menjadi seorang creativepreneur adalah menjadi orang yang produktif untuk menghasilkan atau mencetuskan ide-ide kreatif. 

Bagaimana sejauh ini sudah paham bukan dengan creativepreneur? Semua orang dapat melakukan profesi ini. 

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic