7 Cara Membuka Control Panel di Windows 10

Multimedialy.com - Sebagai pengguna sistem operasi Windows, control panel adalah sebuah hal yang penting. Kita akan banyak memerlukan membuka control panel untuk berbagai macam pengaturan mulai dari keamanan, jaringan, hardware, program, tampilan, masalah akun & login dan masih banyak lagi yang bisa kita akses dan lakukan pengaturan di control panel.

Untuk pengguna windows xp, 7, 8 atau 8.1 mungkin sudah terbiasa dengan cara membuka control panel karena menu control panel memang terpampang di menu awal windows dan mudah untuk mengakses.

Untuk sistem operasi windows 10, peletakan control panel sedikit kedalam karena adanya perubahan tampilan start menu windows dan juga ada tambahan menu Settings yang sepertinya ditujukan untuk menganti peran dari control panel.

Baca juga: 11 Cara Mempercepat Windows 10

Akan tetapi kita tetap membutuhkan control panel untuk berbagai pengaturan saat ini, untuk anda para pengguna baru windows 10 yang mungkin saja belum tahu cara untuk membuat control panel di windows 10, berikut tutorialnya.

Cara Membuka Control Panel di Windows 10

Ada beberapa cara yang akan saya berikan untuk membuka control panel, tentunya dengan cara yang termudah untuk dilakukan dan anda ingat nanti.

Melalui Menu Pada Windows

Anda bisa membuka control panel pada menu yang ada pada windows walau lokasinya cukup masuk kedalam, caranya:
  1. Silakan tekan tombol windows pada keyboard atau bisa kalian klik pakai mouse.
  2. Setelah menu windows terbuka, disebelah kanan cari Folder menu Windows System silakan dibuka dan anda akan menemukan Control Panel.


  3. Silakan diklik untuk membukanya.

Melalui Search Windows

Anda bisa memanfaatkan fitur search atau pencarian windows untuk mencari menu control panel, cara:
  1. Tekan tombol windows pada keyboard anda.
  2. Lalu ketikan "Control Panel" untuk melakukan pencarian menu control panel.


  3. Jika sudah ketemu bisa kalian tekan Enter atau double klik pada mouse untuk membukanya.

Melalui Asisten Cortana

Jangan pernah lupakan bahwa Windows 10 sudah dilengkapi dengan asisten virtual Cortana yang bisa membantu menjalankan perintah anda dengan suara, termasuk untuk membuka control panel.
  1. Untuk mengakses Cortana anda bisa langsung dengan mengucapkan Hei Cortana (jika sudah ada setting) atau menekan ikon bar Cortana (disebelah search) atau menekan tombol Win + S.
  2. Jika sudah perintahkan dengan suara anda untuk membuka Control Panel. 


  3. Untuk saat ini Cortana belum support Bahasa Indonesia so gunakan Bahasa Inggris untuk perintahnya misal Open control panel atau Launch control panel.
Jika anda sudah terbiasa menggunakan cortana fitur ini cukup menyenangkan anda bisa menjalankan berbagai perintah dengan suara anda, termasuk membuka control panel.

Melalui Power User

Jika terjadi masalah dengan fitur pencarian di windows 10 anda bisa mencoba dengan cara ini, sangat mudah dan tidak sulit.
  1. Anda mengaksesnya langsung melalui keyboard dengan menekan tombol Windows + X.


  2. Maka akan muncul opsi pilihan menu diatas menu start windows anda.
  3. Silakan arahkan dengan panah keatas dan buka control panel.
  4. Selain itu anda juga bisa membuka menu opsi ini dengan klik kanan pada area menu start windows, maka akan muncul menu yang sama dan klik pada control panel

Melalui Windows Run

Anda bisa memanfaatkan fitur Windows Run untuk membuka control panel secara cepat dengan menekan tombol windows + R lalu ketikan Control Panel, tekan OK atau Enter maka akan terbuka control panel.


Melalui Command Promp

Walau terkesan kurang praktis tapi mungkin saja cara ini bisa anda coba ketika anda sedang membuka command promp:
  1. Buka Command Promp, bisa Windows Search ketikan CMD lalu buka aplikasinya.
  2. Untuk membuka Control Panel melalui CMD cukup ketikan perintah Control Panel dan tekan Enter.


  3. Maka control panel akan terbuka.

Melalui PowerShell

PowerShell ini kurang lebihnya seperti CMD anda bisa melakukan peritah dengan mengetikan kata kunci perintah, untuk membuka control panel dengan PowerShell caranya:
  1. Buka PowerShell, bisa Windows Search ketikan Windows PowerShell lalu buka aplikasinya.
  2. Disini silakan ketikan Control Panel dan tekan Enter untuk menjalankan perintah.


  3. Control Panel berhasil anda buka.
Itu dia 7 cara untuk membuka control panel pada windows 10, semoga anda tidak bingung lagi tentang letak dan lokasi dari control panel ketika mau membuka control panel. 


Semoga bisa bermanfaat.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.