Cara Mengubah Ukuran Foto Sesuai Kebutuhan

Multimedialy.com - Foto adalah suatu hal yang paling sering digunakan sebagai lampiran dalam hal-hal yang berhubungan dengan sekolah, pekerjaan ataupun hal lainnya. 

Kita tahu dijaman digital sekarang ini segala sesuatunya serba online dan diupload ke internet atau web. Termasuk dalam urusan foto yang dibutuhkan untuk kebutuhan sekolah, pekerjaan atau hal lainnya ini. Kalau dulu kita cukup dengan mencetak foto ukuran tertentu karena sistem online kita diharuskan mengupload foto secara online melalui website.

Baca juga: Cara Menghapus Background Foto dengan Mudah

Biasanya dalam mengirim atau mengupload foto ini ada aturan yang dibuat sistem tersebut. Biasanya ada batasan ukuran foto baik dari segi ukuran (width/height) ataupun dari segi ukuran size (maksimal berapa KB/MB).

Mungkin untuk orang-orang yang sudah terbiasa dengan komputer mengubah ukuran lebar tinggi foto ataupun size foto adalah hal yang mudah. Tapi untuk yang awan ini akan sedikit memusingkan.

Nah pada kali ini saya akan memberikan solusi buat teman-teman untuk mengecilkan ukuran foto anda agar sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Saya akan bagi tutorial ini menjadi 2 bagian, silakan teman-teman klik sesuai kebutuhkan.

Cara Mengubah Aspek Rasio dan Mengecilkan Ukuran Panjang dan Lebar Foto Sesuai Kebutuhan Kita

Sering kita disuguhkan persyaratan upload foto sekian, misal width (panjang) x height (tinggi) sekian.

Tentunya kita harus memenuhi hal tersebut akan sistem bisa menerima file foto yang kita upload.

Yang pertama harus anda ketahui adalah persyaratan ukuran foto yang diminta, kita ambil contoh saja sistem meminta ukuran foto maksimal 400x300px dimana tentunya aspek rasionya 4:3 potrait ukuran filenya maksimal 50 KB.

Jika foto kita lebih besar maka tidak bisa tentunya bukan? nah kita disini resize ukuran sesuai permintaan dan juga mengubah aspek rasionya jika belum sesuai dengan bantuan tools online.

Dengan tools online anda tidak perlu download dan install aplikasi tambahan lagi (kelamaan) jadi lebih praktis pakai tools online.

Pertama yang saya lakukan adalah mengecek ukuran foto asli saya, caranya cukup klik kanan pada file foto anda lalu pilih Properties masuk ke tab Details dan lihat pada bagian Image akan ada informasi ukuran panjang dan lebar foto.


Ukuran foto saya width: 489 px height: 493 px , so secara ukuran sudah tidak sesuai ketentuan yang saya buat tadi 400x300 (4:3).

Jika foto anda sudah tidak memenuhi ketentuan so mari kita ubah agar sesuai.

Disini saya menggunakan Adobe Photoshop Express (online) photoshop.adobe.com silakan dibuka link website. Saya menyarankan lewat komputer lebih enak prosesnya, walau pakai hp juga bisa.

Silakan klik Upload file dan pilih file foto yang ingin anda sesuaikan ukuran filenya.


Setelah memilih file foto kita akan masuk ke menu Crop and straighten untuk memotong foto menyesuaikan ukuran foto dan aspek rasionya.

Perhatikan menu pengaturan disebelah kanan pada menu Aspect ratio masuk ke menu Photos.


Keterangan
1.Pilih aspek rasio foto sesuai kebutuhan (disini saya karena kasusnya 4:3 saya pilih 4:3). 
2.Lakukan rotate juga jika dibutuhkan, apakah foto anda butuh potrait atau lanskap (biasanya potrait, tapi kembali lagi sesuai kebutuhan anda).
3. Anda juga dapat menyesuaikan crop foto anda dengan mengeser foto anda.
4. Jika sudah sesuai semua klik Crop Image.

Disini saya sudah berhasil mengubah aspek rasio foto saya sesuai kebutuhan saya. Selanjutnya saya akan mengubah ukuran width dan heightnya agar sesuai.

Masuk menu Resize image (disebelah kiri layar).

Pada menu pengaturan resize image dibagian kanan layar, silakan atur width/heightnya sesuai kebutuhan. 

Disini anda juga bisa mengetahui ukuran file nantinya (yang saya garis bawahi).

Jika ukuran sudah anda atur tekan tombol Resize Image dipojok kanan bawah layar.

Sampai disini anda sudah berhasil mengubah ukuran panjang, lebar serta aspek rasionya. Langkah selanjutnya tinggal anda simpan fotonya.

Tekan Download untuk menyimpan foto yang sudah anda edit ke komputer.


Disini anda bisa mengatur format foto mau JPEG atau PNG dan juga mengatur kualitas fotonya (saya biasa mentokin biar tetap bagus kualitasnya) kalau sudah semuanya tekan Download.

Teman-teman bisa lihat juga file size hasil akhir foto anda, disini file size saya 98.1 kB.

File foto akan segera terdownload.

Tutorial diatas sudah berhasil mengubah ukuran foto width, height dan aspek rasio sesuai kebutuhan anda lalu kalau hasil akhir file sizenya masih terlalu besar, bagaimana mengecilkannya (atau mengompress) agar sesuai kebutuhan. Lanjut ke tutorial kedua.

Cara Mengecilkan Ukuran File Foto Agar Kecil Sesuai Kebutuhan Kita (Mengompress)

Jika ukuran file foto anda terlampau besar dari yang diminta, misal dalam kasus saya file saya 98 kB sedangkan untuk bisa mengupload foto ke sistem maksimal 50 kB maka saya perlu mengecilkan ukuran filenya.

Lalu bagaimana cara memperkecil ukuran filenya?

Disini saya akan menggunakan tools online lagi Compress JPG dari https://imagecompressor.io/compress-to-exact-size silakan diklik dan buka websitenya.

Silakan masukan file foto yang ingin anda kecilkan ukuran filenya.

Dibawahnya anda bisa isikan dengan file size yang anda inginkan sesuaikan dengan kebutuhan anda, mau jadi 50 kB, 100 kB, 200 kB, 500 kB, atau 1 MB bisa.



Jika sudah klik tombol Compress.

Tunggu prosesnya sebentar dan jika sudah anda bisa tekan download file untuk menyimpan foto yang sudah anda kecilkan ukurannya.


File akan segera terdownload.


Sampai disini anda sudah berhasil mengubah ukuran foto panjang, lebar, aspek rasio serta ukuran file foto agar sesuai dengan kebutuhan anda. 

Selanjutnya anda bisa menggunakan foto tersebut sesuai kebutuhan anda mungkin untuk di upload ketika mendaftar kerja, kuliah atau mengisi biodata lainnya secara online.


Mudah sekali bukan, anda tidak perlu menginstall aplikasi tambahan bisa anda lakukan secara online. Bisa di komputer/desktop atau smartphone karena menggunakan tools website/online.

Sekian dari semoga bisa bermanfaat jangan lupa bagikan ke teman anda jika dirasa bermanfaat.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic