Cara Pinjam Pulsa / Paket Darurat Telkomsel

Multimedialy.com - Pinjam pulsa ? mungkin banyak dari teman-teman yang belum tahu dan bertanya-tanya emang bisa untuk meminjam pulsa? minjamnya ke siapa mbak-mbak konter? dan pertanyan-pertanyaan lainnya.

Pinjam pulsa sangat wajar jika anda belum tahu karena fitur dan layanan ini memang masih belum banyak orang yang mengetahui caranya, dan baru-baru ini juga dijaman sekarang kita bisa melakukan ini.

Kita tahu bahwa kita sebagai pengguna jaringan telekomunikasi mobile, pulsa adalah komponen yang cukup penting untuk kita. Dengan pulsa kita bisa melakukan sms, panggilan, internet ataupun membeli berbagai macam jenis paket yang sesuai kebutuhkan kita.

Akan tetapi tentunya ada kondisi-kondisi dimana kita butuh yang namanya pulsa tapi kita tidak bisa membelinya. Misal saat dimana tidak ada orang yang menjual pulsa (mungkin ditengah malam atau anda sedang jauh dari konter) ataupun disaat memang anda tidak mempunyai uang (mungkin tanggal tua).

Nah masalahnya saat anda tidak punya pulsa itu, di moment-moment penting dimana anda memang membutuhkannya. Anda membutuhkan pulsa pada saat itu juga dan anda tidak bisa membeli pulsa pada saat itu juga.


Melihat hal ini Telkomsel sebagai salah satu provider jasa telekomunikasi mobile dengan jaringan terbesar dan terbaik di Indonesia memberikan layanan yang namanya Paket Darurat, apa paket darurat itu?

Paket Darurat Solusi Pulsa Habis Disaat Darurat

Paket darurat adalah paket combo (internet, telepon dan SMS) yang bisa anda gunakan dan beli ketika dalam kondisi darurat tidak punya pulsa sama sekali, anda bisa menggunakan paket darurat anda ini agar anda tetap bisa terhubung meski tidak pulsa pulsa dan paket internet.

Konsepnya ketika pulsa anda habis anda biasanya akan diberikan penawaran paket dararut dari Telkomsel berupa SMS masuk, anda bisa menggunakan paket ini sebagai solusi anda yang butuh paket internet, sms atau telepon pada saat itu juga.

Jadi nanti anda akan membayar apa yang anda pinjam dari paket darurat (sejumlah nominal harga paket yang anda pakai) ketika anda melakukan pengisian pulsa. Telkomsel akan secara otomatis melakukan pemotongan untuk biaya pembayaran paket darurat yang anda gunakan sebelumnya.

Bagaimana Cara Menggunakan atau Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel

Paket darurat ini hanya bisa anda gunakan ketika pulsa anda habis atau paket data anda habis (atau mau habis tinggal sedikit) nah biasanya Telkomsel memberika penawaran paket darurat ini, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengaktifkan paket darurat dari Telkomsel.

Cara Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel Melalui Aplikasi MyTelkomsel
  1. Silakan download dan install terlebih dahulu aplikasi MyTelkomsel.
  2. Jika sudah terpasang aplikasinya, silakan dibuka dan lakukan proses login atau verifikasi nomor Telkomsel anda agar bisa masuk ke MyTelkomsel dengan nomor Telkomsel yang sedang anda gunakan.
  3. Jika nomor Telkomsel anda memenuhi kriteria dan persyataran untuk menggunakan layanan paket darurat ini akan muncul penawaran Paket Darurat di aplikasi MyTelkomsel disaat pulsa atau paket data anda tinggal sedikit atau sudah habis.
  4. Silakan gunakan Paket Darurat yang ditawarkan di MyTelkomsel jika tersedia penawarannya.
Selain bisa untuk mencek apakah ada penawaran paket darurat dan mengaktifkannya jika anda membutuhkan. 

Banyak benefit lainnya jika teman-teman menginstall aplikasi MyTelkomsel dengan mudah mendapatkan informasi nomor telkomsel, paket yang sedang aktif, penawaran-penawaran menarik dan masih banyak lagi.

So buat anda pengguna Telkomsel tidak ada ruginya menginstall satu aplikasi ini.

Cara Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel Melalui SMS
  1. Ketika nomor anda memenuhi persyaratan layanan paket darurat dan pulsa/paket anda akan atau sudah habis anda akan menerima sms penawaran paket darurat.
  2. SMS penawaran paket darurat ini biasanya dari nomor 5111.
  3. Jika anda menerima SMS penawaran paket darurat ini dan ingin mengaktifkannya silakan balas saja SMS tersebut dengan kata "YES".
  4. Selanjutnya anda akan menerima sms notifikasi bahwa paket darurat telah berhasil anda aktifkan.
Untuk mengaktiifkan paket darurat anda harus menunggu datangnya sms penawaran paket darurat ini dari Telkomsel, jadi buat anda yang tidak menerima sms bisa mencoba cara lainnya.

Cara Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel Melalui Kode Dial/UMB
  1. Tekan *500*5# lalu tekan Call/OK.
  2. Jika nomor anda memenuhi persyaratan dari Paket Darurat akan muncul pilihan penawaran dari paket darurat di layar smartphone anda.
  3. Silakan jawab dengan "1" untuk melakukan aktivasi.
  4. Anda akan menerima sms notifikasi dari 5111 bahwa paket darurat telah berhasil anda aktifkan, jika tidak menerima sms bisa mengulangi lagi dari awal.
Cara Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel Melalui Aplikasi Facebook
  1. Bermain facebook disaat sisa pulsa atau paket anda akan habis atau sudah habis anda akan menerima notifikasi penawaran paket darurat di aplikasi facebook anda.
  2. Jadi untuk anda pengguna Telkomsel kita tetap bisa mengakses facebook dalam mode gratis disaat tidak mempunyai paket data/pulsa.
  3. Nah disaat anda menggunakan facebook mode gratis ini silakan klik "Lihat Foto" atau "Gunakan data untuk melihat foto" disalah satu foto yang muncul di aplikasi facebook anda.
  4. Jika nomor anda memenuhi persyaratan paket darurat anda akan diberikan penawaran paket darurat melalui aplikasi facebook.

Kriteria dan Persyaratan Paket Darurat Telkomsel

Dari yang teman-teman baca diatas tentang cara mengaktifkan paket darurat atau pinjam pulsanya Telkomsel ada poin yang saya selalu sebutkan yaitu nomor anda harus memenuhi kriteria dan persyaratan dari Telkomsel untuk bisa menikmati layanan paket darurat ini.

Karena paket darurat ini bisa dikatakan kita pinjam atau hutang pulsa ke provider maka provider (Telkomsel) juga tidak sembarangan dalam memberikannya, karena bisa-bisa disalahgunakan penggunnya.

Berikut kriteria dan persyaratannya:
  • Pengguna kartu prabayar Telkomsel yakni simPATI, Kartu As, dan Loop.
  • Nomor Telkomsel yang anda gunakan sudah aktif setidaknya minimal selama 60 hari, jadi yang masih nomor baru dan kurang dari 60 hari tidak bisa memanfaatkan layanan paket darurat ini.
  • Memenuhi kriteria kelayakan yang berdasarkan riwayat pengisian pulsa dan pemakaian pulsa sebelumnya. Jadi jika nomor anda tidak terdapat riwayat pengisian pulsa atau pemakaian pulsa sebelumnya bisa jadi tidak menerima penawaran paket darurat ini.
  • Sudah membayar seluruhnya dari paket darurat yang anda gunakan sebelumnya. Jika anda masih mempunya tunggakan bayaran paket darurat maka lunasi terlebih dahulu dengan mengisi pulsa baru anda bisa menggunakan paket darurat ini kembali.
Mungkin point-point diatas cukup sekedar tahu karena untuk mudahnya anda cukup mengecek dengan cara mengaktifkan paket darurat yang sudah saya terangkan diatas. Jika memang nomor anda memenuhi persyaratan maka akan muncul penawaran yang bisa anda gunakan.

Daftar Paket Darurat Telkomsel

Sesuai dengan namanya paket darurat ini bantuan atau layanan yang diberikan berupa paket internet, telepon dan sms yang tentunya juga memiliki masa berlaku. Telkomsel akan memplotkan nomor anda masuk ke dalam kriteria dan persyaratan apa. 

Jika anda pengguna lama dan aktif melakukan pengisian dan penggunaan pulsa sebelumnya anda akan diberikan tawaran paket darurat dengan tarif yang tinggi. 

Alias anda bisa hutang lebih besar jika nomor anda sudah menjadi pelangga setia Telkomsel.

Berikut daftar paket darurat yang bisa anda dapatkan (dapat berupa sewaktu-waktu)


Tarif Internet Telepon
(Sesama Telkomsel)
SMS
(Sesama Telkomsel)
Masa Berlaku
Rp1.000 100MB 10 Menit 10 1 hari
Rp2.000 250MB 15 menit 15 1 hari
Rp3.000 300MB 30 menit 20 1 hari
Rp5.000 500MB 50 menit 25 1 hari
Rp7.000 300MB 30 menit 20 2 hari
Rp10.000 400MB 50 menit 50 2 hari
Rp13.000 500MB 60 menit 100 3 hari
Rp15.000 600MB 50 menit 100 3 hari
Rp18.000 750MB 50 menit 100 3 hari
Rp20.000 900MB 50 menit 100 3 hari
Rp35.000 1GB 30 menit 150 7 hari
Rp50.000 1,5GB 30 menit 150 7 hari

Cara Melakukan Pembayaran Paket Darurat Telkomsel

Untuk metode pembayaran paket darurat ini semua berjalan secara otomatis.

Jadi Telkomsel akan secara otomatis melakukan pemotongan pulsa disaat anda melakukan pengisian atau top-up pulsa anda sesuai dengan tarif paket darurat yang anda gunakan sebelumnya.

Dan jikalau anda pulsa yang anda isikan masih kurang dari jumlah yang anda pinjam sebelumnya anda akan mendapatkan potongan sisa pembayaran yang belum anda bayar di pengisian pulsa selanjutnya sampai benar-benar lunas.

Untuk pemotongan pulsa otomatis ini anda juga akan menerima SMS notifikasinya jika pembayaran sudah berhasil.


Tidak ada tarif tambahan untuk paket darurat anda hanya perlu membayarkan sejumlah paket yang anda pilih dan gunakan sebelumnya.

Itu dia sedikit pembahasan tentang cara pinjam pulsa atau istilahnya paket darurat di provider Telkomsel. Semoga bisa bermanfaat disaat anda memang membutuhkannya, jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat. Sampai jumpa.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.