Cara Iklan Di Shopee Agar Efektif dan Tidak Boncos

Multimedialy.com - Cara paling efektif untuk menarik pembeli di dalam toko marketplace adalah beriklan. Karena cara ini instal dan efektif, namun tetap harus ada tekniknya. Kali ini, kami akan memberikan tips dan trik bagaimana cara iklan di shopee agar efektif dan tidak boncos.

Efektif disini memiliki maksud dengan biaya yang murah, Anda bisa mendapatkan jangkauan yang tepat serta luas. Sehingga Anda tidak rugi dan mengalami boncos atau tidak tidak mendapatkan dampak dari iklan yang sudah Anda bayarkan.

Tips dan trik ini tentu perlu diketahui oleh semua orang yang bekerja di marketplace, terutama Shopee. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini!

1. Pilih Keyword Terbaik

Pertama, ketika Anda mencoba iklan di marketplace Shopee, maka Anda akan diberikan rekomendasi banyak kata kunci oleh sistem Shopee. Kami sarankan untuk tidak mengambil semuanya, karena jika itu Anda lakukan, maka iklan Anda tidak akan intensif.

Maksudnya fokus keywordnya akan tersebar dan tidak efektif. Maka dari itu, lebih baik pilih sedikit fokus keyword dan pilih yang paling relevan dari produk atau jasa yang Anda miliki. Pilih yang mengandung 2-3 suku kata.

Pastikan jangan mencoba mencari keyword dengan satu kata. Karena hal itu sangat beresiko dengan pengiklan yang lain. Sehingga, kamu bisa saja tidak mendapatkan prioritas. Maka dari itu, tetap utamakan pilih yang relevan dengan produk Anda.

2. Jangan Menggelontorkan Budget Sembarangan

Pengiklan pemula terkadang sering sembarangan dalam mengeluarkan budget iklan. Asal memilih keyword dan menghabiskan budget pada keyboard yang tidak tepat. Hal itu akan sangat berdampak pada proses pengiklanan.

  • Pastikan coba ke harga yang paling rendah untuk mencari ketepatan kata kunci
  • Harga yang tinggi tidak menjamin keamanan iklan
  • Kompetitor bisa saja melakukan kecurangan dengan boom click
  • Riset dan pikirkan proses iklan Anda dengan matang

Beberapa tips di atas perlu kamu perhatikan. Karena dalam pasar internet, apapun bisa terjadi. Pastikan Anda memikirkan logika beriklan sebelum mengambil keputusan dalam mengeluarkan budget iklan yang Anda miliki.

Semua demi menghasilkan proses iklan yang aman dan bebas dari boncos. Jika Anda tidak sudah melakukan tips dan trik di atas, Anda bisa saja mengalami kerugian tanpa closing sama sekali.

3. Menaikkan Budget Iklan Secara Berkala

Setelah beriklan dengan metode budget terendah, kamu bisa membaca data. Jika iklan yang kamu pasang belum bekerja, lakukan tips ketiga sekali lagi. Karena boleh jadi, keyword yang Anda pilih belum sesuai dan tidak mendatangkan pembeli.

Kamu harus memenuhi tiga syarat untuk melakukan peningkatan budget, syarat ini adalah:

  • Iklan sudah Anda terapkan minimal 3 hari
  • Anda sudah mendapatkan orderan dari pembeli
  • Banyak engagement dari pemilihan Keyword yang Anda lakukan

Jika tiga syarat di atas sudah terpenuhi, kamu bisa upgrade budget iklan Shopee kamu. Jika belum pastikan terus melakukan eksperimen terhadap beberapa keyword yang paling relevan dengan produk yang kamu jual.

4. Terus Belajar dan Mencoba

Kegagalan ketika beriklan adalah hal yang wajar. Apalagi jika Anda adalah seorang pemula dalam Marketplace. Maka dari itu, hal yang wajib kamu lakukan adalah terus belajar dan try and error.

Tidak masalah jika eksperimen kecil-kecilan Anda tidak berhasil. Pastikan setelah itu kembali mencoba dengan analisis yang lebih intensif. Dijamin, lambat laun Anda pasti dapat mengetahui rahasia cara iklan di Shopee agar efektif dan tidak boncos. Selamat mencoba!

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic