Hal yang Harus Anda Perhatikan Ketika Olahraga Jogging

Multimedialy.com - Cara Jogging yang Benar dan Rasakan Manfaat Maksimalnya - Jogging siapa yang tidak pernah melakukan olahraga lari santai ini. Jogging bisa dikatakan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan mana saja karena kita tidak perlu alat khusus dan  juga kita bisa melakukan dengan seorang diri ataupun bersama teman.

Berbeda dengan olahraga lain seperti bulutangkis, sepakbola, basket, volly, dll dimana kita memerlukan orang lain sebagai tim dan lawan. Jadi kita perlu mengumpulkan teman kita terlebih dulu.

Joging lebih sederhana anda bisa lakukan kapanpun, dimanapun, sendiripun anda tetap bisa melakukan olahraga yang satu ini.

Walau terdengar olahraga yang sederhana hanya sebatas berlari santai tapi teryata ada banyak manfaat dari olahraga jogging yang mungkin perlu anda ketahui:

  • Menurunkan berat badan.
    Sama seperti olahraga lain jogging juga efektif untuk anda yang ingin membakar lemak dan kalori dalam tubut, cocok untuk anda yang ingin menurunkan berat badan (mencegah anda obesitas).
  • Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.
    Stamina yang baik karena anda rutin melakukan joging akan baik dan sangat berguna dalam kehidupan, anda jadi tidak cepat capek dan lelah dalam kehidupan sehari-hari terutama ketika rutinitas pekerjaan anda yang padat. Olahraga penting agar anda bisa menjaga stamina dan daya tahan tubuh. Apalagi dimasa pandemi seperti ini penting untuk meningkatkan imunitas diri salah satunya dengan berolahraga.
  • Mengurangi kolestrol serta menjaga kadar gula dara dan tekanan darah tetap stabil.
  • Mencegah berbagai penyakit kronis seperti diabetes, stroke, dan penyakit jantung.
  • Mampu menengkan suasana hati, dan menghilangkan stress sejenak.
    Hirup pikuk dunia terkadang membuat kita lelah dan sejenak ingin menenangkan diri. Jogging adalah olahraga yang mungkin bisa membuat anda sedikit lupa dengan segala permasalah yang anda. Anda bisa melakukannya dengan teman sembari bercerita atau sendiri dengan mendengarkan musik.
  • Tidur lebih nyenyak
    Apakah anda orang yang sulit untuk tidur tepat waktu dimalam hari. Anda hanya bisa tidur setelah larut malam padahal anda tahu itu tidak sehat dan mungkin anda perlu bangun pagi untuk pekerjaan sehingga tidur malam akan menjadi masalah bagi anda. Ketahuilah dengan berolahraga anda bisa membuat tidur anda lebih nyenyak dan lebih sore lagi atau tidak kemalaman.
Banyak sekali manfaat yang bisa anda rasakan dengan berolahraga jogging, namun sama seperti olahraga lainnya ketika anda melakukan olahraga anda tidak bisa sembarangan dalam melakukannya. Anda hal-hal yang perlu anda perhatikan agar olahraga jogging anda tetap maksimal dan memberikan manfaat terbaik bagi tubuh.

Pemanasan

Pemanasan penting sekali anda lakukan ketika ingin memulai olahraga apapun itu, baik olahraga berat maupun yang ringan. Anda tidak bisa melewatkan hal yang satu ini dan menyepelekannya begitu saja. Tanpa pemanasan yang benar sebelum berolahraga anda akan beresiko lebih besar terjadi cedera, kram otot, ataupun keseleo.

Untuk olahraga jogging dimana kegiatan yang dilakukan adalah berlari ringan saja maka anda bisa melakukan pemanasan seperti:
  1. Anda bisa berdiri dengan satu kaki anda lalu ayunkan kaki satunya kedepan dan belakang selama beberapa menit. Lakukan berganti juga dengan kaki satunya. Selain gerakan kaki kedepan belakang anda juga bisa melakukan dengan perengangan pergelangan kaki anda dengan gerakan memutar.
  2. Berjalan santai juga perlu. Sebelum melakukan jogging anda bisa melakukan pemanasan dengan berjalan santai dan setiap 10 langkah anda bisa diselingkan dengan lompatan ditempat dari kedua kaki hingga lutut anda setinggi pingan. Lakukan berulang hingga 4 kali.
  3. Lakukan juga gerakan berjalan yang mengangkat lutut anda setinggi pinggang anda lakukan hingga 10 kali.
Hal ini perlu anda lakukan agar otot anda tidak cedera juga untuk mengurangi stres di jantung karena anda tiba-tiba melakukan olahraga jogging. Lakukan step-by-step agar denyut jantung sudah dalam kondisi siap untuk melakukan aktivitas fisik.

Teknik dalam Jogging

Walau terdengar olahraga simpel dan mudah tapi jangan salah tetap ada cara yang benar agar tadi tidak terjadi cedera, dan hasilnya maksimal.

Untuk anda yang baru memulai olahraga jogging setelah lama tidak berolahraga maka jangan memporsir diri anda terlalu tinggi karena resiko cedera tinggi dan juga jantung anda mungkin tidak akan kuat jika tiba-tiba diberikan olahraga yang berat.

Untuk awal anda bisa memberikan selingan berlari dan berjalan. Ini agar memberi waktu bagi diri anda untuk bernafas dan mengisi energi lari. Dengan begitu anda bisa melakukan jogging dengan jarak dan waktu yang lebih lama. Anda tidak cepat capek dan mencegah cedera otot dan sendiri.

Untuk optimalnya disarankan melakukan lari dan berjalan kaki dengan rasio perbandingan 1:7 jadi lari 1 menit dan berjalan kaki 7 menit. Itu untuk anda yang baru memulai akan berolahraga (untuk permulaan). Sisanya anda bisa menyesuaikan dengan diri anda sendiri.

Postur dan Teknik Pernapasan Saat Jogging

Menjaga postur tubuh dan cara kita mengambil nafas sangat berpengaruh dalam olahraga jogging. Untuk postur tubuh terbaik dan ideal untuk jogging yang bisa anda lakukan adalah.

Posisikan kepala tegak kedepan ketika melakukan jogging jangan menunduk atau terlalu mendongak. Perlu anda ketahui posisi kepala yang terlalu menunduk  akan menghambat masukan oksigen ke dalam saluran pernafasan sehingga membuat anda lebih cepat lelah.

Untuk cara mengambil nafas terbaik saat berolahraga adalah menghirup melalui hidung lalu menghembuskannya melalui mulut agar oksigen yang terhirup dalam tubuh lebih banyak. Kebutuhan oksigen yang terpenuhi akan menghindari anda dari risiko kram, cidera ataupun.

Posisi tangan bisa dengan ditekuk sambil menggenggam santai dan tidak dilepas. Mengempal dengan ringan saja jangan terlalu kencang.

Untuk posisi kaki ketika melakukan jogging cara terbaiknya adalah dengan mendaratkan kaki bagian depan ke tanah. Ini akan memberikan dorongan lebih ketika anda berlari sehingga mempengaru efisiensi anda dan kinerja olahraga sehingga anda bisa tidak cepat lelah.

Jangan Lupa Pendinginan

Diawal berolahraga kita tahu penting untuk melakukan yang namanya pemanasan. Namun banyak dari kita yang lupa atau abai dengan yang namanya pendinginan setelah melakukan olahraga. Padahal pedinginan juga sama pentingnya untuk melakukan peregngan otot yang sebelumnya sudah berkerja keras ketika melakukan olahraga.

Anda bisa dengan melakukan pendingan dengan berjalan santai saja sembari melakukan peregangan pada bagian tubuh seperti kaki, tangan dan leher, lakukan gerakan dengan pelan dan lembut.

Setelah dirasa suhu tubuh sudah normal, detak jantung sudah normal, nafas sudah normal tidak ngos-ngosan lagi, anda sudah pedinginan anda bisa meminum air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama melakukan jogging.

Frekuensi dan Durasi Waktu yang Pas Untuk Jogging

Jogging memang olahraga yang mungkin menyenangkan dan menyehatkan, namun kita perlu tahu segala sesuatu yang berlebihan pasti akan berdampak tidak baik bagi tubuh termasuk dengan jogging.

Jangan mentang-mentang anda suka jogging anda mau menurunkan berat badan anda langsung geber begitu saja dengan jogging setiap hari sampai berjam-jam. Itu nanti malah jatuhnya kurang baik untuk tubuh.

Tubuh kita juga perlu istirahat. Anda bisa melakukan jogging 2-3 kali dalam seminggun dengan total durasi joggin anda 1-2.5 jam perminggunnya.

Sekarang anda sudah tahu bukan tentang olahraga jogging manfaat anda hal-hal yang perlu anda perhatikan. Semua itu penting agar olahraga yang dilakukan memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh kita. Sekian dari saya semoga bermanfaat.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic