Cara Menghapus Akun Tokopedia Toko dan Pembeli

Multimedialy.com - Sebelum mengalami pembaharuan, di dalam dashboard akun Tokopedia pada dasarnya sudah ada fitur penghapusan. Namun, saat ini, tokopedia sudah tidak upgrade dan menghapus fitur tersebut. Lantas, bagaimana cara menghapus akun Tokopedia toko dan pembeli?

Saat ini, tokopedia hanya menyarankan kepada penggunanya untuk mengabaikan akun jika sudah tidak digunakan. Hal itu tentu bukan solusi untuk menghapus sebuah akun Tokopedia, toko maupun pembeli.

Maka dari itu, ada satu alternatif cara menghapus akun Tokopedia toko dan pembeli. Caranya adalah dengan menonaktifkan akun tersebut. Nah, bagaimana caranya? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Menghapus Akun Pembeli di Tokopedia

Cara menonaktifkan akun pembeli di Tokopedia sebenarnya mudah sekali. Namun sebelum itu, kami rekomendasikan untuk menginstall aplikasi Tokopedia agar jauh lebih mudah menjalankan prosesnya. Anda hanya perlu mengikuti step-step di bawah ini:

1. Masuk ke aplikasi dengan fitur login akun yang sudah terdaftar

2. Setelah itu, masuk ke menu pengaturan

3. Anda akan melihat beberapa informasi penting, namun abaikan

4. Setelah itu klik keluar

Cara ini memang tidak akan menghapus akun pembeli Anda. Sudah menjadi konsekuensi jika akun di dalam Tokopedia tidak bisa dihapus. Maka dari itu, jika Anda sudah tidak ingin memakai akun pembeli, Anda hanya perlu keluar dan masuk kembali ke akun yang baru.

Jika kamu benar-benar ingin menutup akun yang Anda miliki. Anda mungkin bisa mencoba hubungi customer service dari Tokopedia. Namun kami tidak menjamin hal itu akan bekerja. Karena sistem di dalam Tokopedia memang tidak memberikan opsi penghapusan akun.

Menghapus Akun Toko di Tokopedia

Berbeda dengan akun Toko, Anda bisa me-nonaktifkannya. Namun tetap juga belum bisa menghapus secara permanen akun tersebut. Dengan menonaktifkan akun, artinya Anda membiarkan toko Anda tutup dan tidak bisa dijangkau oleh pengguna Tokopedia.

Untuk melakukan hal ini, pastikan Anda memiliki akun toko yang benar-benar ingin Anda hapus. Lebih baik, Anda nonaktifkan akun Toko Anda lewat browser di PC, sehingga lebih mudah. Karena idealnya, akun toko memang di setting dengan PC.

Setelah itu, Anda hanya perlu mengikuti cara yang akan kami berikan di bawah ini:

1. Buka official website Tokopedia melalui Browser yang kamu miliki

2. Setelah itu, masuk ke akun ada dengan cara login

3. Lanjutkan ke Menu Toko dan pilih bagian pengaturan akun

4. Setelah itu, Anda akan melihat opsi penutupan Toko

5. Pilih Atur Jadwal tutup toko bagian paling bawah

6. Pilih atau centang “Tutup Sekarang”, lantas klik OK

7. Terakhir, Anda boleh klik tombol Atur untuk menutup toko Anda

Sekali lagi kami informasikan jika akun di dalam Tokopedia memang tidak bisa dihapus. Karena hal itu sudah menjadi kebijakan resmi dari Tokopedia sendiri. Hal itu juga dinilai tidak perlu, karena buat apa juga dihapus?

Jika memang sudah tidak digunakan, maka diabaikan saja. Tidak perlu mencari ribet dengan menghapus akun tersebut. Namun jika Anda ingin tetap menghapus akunnya, Anda bisa menghubungi customer service di Tokopedia.

Penutup

Memang, setiap orang memiliki motif tersendiri ketika ingin menghapus akun Tokopedia mereka. Namun, jika pihak Tokopedia tidak memberikan opsi penghapusan, maka bisa dikatakan memang penghapusan akun tidaklah memiliki urgensi.

Demikianlah sedikit informasi mengenai bagaimana cara menghapus akun Tokopedia toko dan pembeli. Semoga bisa dipraktekkan dan bermanfaat untuk para pembaca.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic