Kapasitas Ideal Untuk Partisi C Windows 10

Multimedialy.com - www.tedieka.com - Ketika melakukan proses instalasi Komputer baik pc desktop ataupun laptop ada satu hal penting yang wajib kita ketahui. Yaitu mengatur ukuran yang pas, ideal, dan sesuai untuk partisi local disk c nantinya. Hal ini sangat penting sekali, kenapa?

Karena akan banyak masalah yang timbul jika kita ataupun seorang teknisi yang melakukan pengaturan partisi c yang terlalu kecil ataupun terlalu besar. 

Jadi disini akan ada beberapa masalah yang bisa timbul jika kita melakukan pengaturan partisi yang tidak ideal untuk sistem kerja computer kita.

Pertama jika kita mengatur partisi local disk c yang terlalu kecil

Disini mungkin masih ada beranggapan buat apa mengatur partisi c yang besar kan kita tidak direkomendasikan menyimpan file kita di c karena rawan dan bisa hilang jika komputer mengalami error dan mengharuskan install ulang. 

Pengaturan partisi c yang kecil akan menyulitkan anda dimasa yang akan datang, anda akan merasakan local disk c anda cepat penuh. Jika c anda penuh maka biasanya akan mengakibatkan penurunan performa komputer. Belum lagi anda yang akan kesulitan untuk menginstal aplikasi atau game baru. Mau download file juga tidak bisa. 

Walaupun anda mungkin bisa mengakali dengan menginstal aplikasi/game selain di localdisk c atau memindah file download anda juga selain tetap kurang efisien waktu dan tenaga.

Untuk pemartisian local disk c yang besar (sangat besar) juga kurang pas rasanya karena hanya akan membuat partisi lain menjadi kecil.

Jadi yang sesuai itu adalah yang sesuai dengan kebutuhan anda dan sistem operasi.

Nah pada kali saya akan membahas berapa sih ukuran kapasitas local disk c yang pas untuk sistem operasi Windows 10 tentunya agar bisa berjalan dengan optimal dan tidak menimbulkan berbagai masalah kedepan.

Anda yang ingin menginstal ulang komputer anda wajib tahu hal ini.

Ukuran Ideal Partisi C dalam Sistem Operasi Windows 10

Berdasarkan informasi yang saya ambil dari situs resmi Microsoft. Untuk sistem operasi windows 10 32-bit minimal untuk bisa menjalannya butuh 16 GB sedangkan untuk versi 64-bit butuh 20 GB.

Namun jika berpatokan dengan ini dan membuat partisi c komputer kita segitu tentunya akan salah karena sudah pasti tidak akan berjalan dengan optimal.

Sekedar informasi saja untuk menginstal aplikasi seperti Photoshop, Corel Draw, Premier Pro, dan sejenis membutuhkan 1-3 GB kapasitas. Belum lagi jika kamu bermain game seperti contoh pes setidaknya ada ruang kosong 10-20 GB. 

Sampai sini kebayang dong kalau kita mengatur partisi dengan batas mminimum dari situs resminya Microsoft. Sudah pasti akan penuh dan tidak optimal, apalagi windows 10 terkenal dengan seringnya melakukan update dimana makin hari akan membuat kapasitas local disk c anda penuh.

Lalu berapa kapasitas c yang pas untuk komputer windows 10 kita. Mengutip dari situs qoura.com disana dijelaskan, bahwa untuk kapasitas penyimpanan:

  • 320 GB maka drive C minimum yang anda berikan 120 GB
  • 500 GB, maka drive C minimum 200 GB
  • 750 GB, maka drive C minimum 250 GB
  • 1 TB, maka drive C minimum 350 GB
  • 2 TB, maka drive C minimum 500 GB.

Sisanya bisa anda alihkan ke drive d, e untuk penyimapan data dan dokumen anda karena saya yakin pasti membutuhkan kapasitas yang besar juga.

Anda bisa juga menambahkan lebih besar lagi drive C anda, semua itu kembali lagi kepada kebutuhan anda dalam menggunakan komputer anda. Apakah anda membutuhkan banyak aplikasi dan game yang memakan banyak ruang penyimpan. Point diatas adalah minimum atau batas bawahnya.

Sampai disini mungkin anda sudah tahu berapa kapasitas c yang pas dan optimal untuk anda, jangan sampai anda yang melakukan instalasi tidak tahu dan menyesal nantinya. 

Buat anda yang sudah terlanjur melakukan partisi c kecil tidak usah khawatir karena anda bisa melakukan penambahan kapasitasnya, silakan baca artikel: Menambah Partisi C

Sekian mungkin penjelasan dari saya tentang kapasitas yang pas dan optimal untuk menjalan windows 10. Semoga bermanfaat jangan lupa share artikel ini ke sosial media anda.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic