Prinsip Kerja Alat Bantu Dengar yang Perlu Diketahui

Multimedialy.com - Tidak sedikit orang yang mengalami gangguan pada pendengarannya, terlebih lagi bagi orang tua atau lansia sekali pun. Hal tersebut wajar saja, karena sudah termakan oleh usia mereka yang biasanya juga memengaruhi fungsi indera. Namun, hal ini bisa teratasi berkat prinsip kerja alat bantu dengar.

Mengenal Alat Bantu Dengar 

Apa itu alat bantu dengar merupakan salah satu alat akustik listrik yang memiliki fungsi untuk dapat membantu masyarakat dengan gangguan pendengarannya. Biasanya alat tersebut akan terpasang tepatnya di telinga maupun di sekitarnya. ABD sendiri bisa memperkuat rangsangan dari sel sensorik telinga dalam.

Biasanya sensorik telinga bagian dalam akan mengalami kerusakan, itulah mengapa penderita tidak bisa mendengar suara dengan baik. Jadi, dengan bantuan alat pengeras suara ini akan merangsang sel sensoriknya dengan rangsangan suara maupun bunyi yang berasal dari luar.

Selain itu, alat pendengar suara ini juga sebuah alat elektronik dengan menggunakan daya baterai. Dalam penggunaannya, ada mikrofon yang akan mengubah gelombang dari suara ke energi listrik. Lalu diterima oleh amplifier dengan fungsinya memperbesar volume suara serta mengirim ke speaker di dalam telinga.

Beberapa Prinsip Perangakat Dengar yang Bagus

Dalam penggunaannya beberapa daftar perusahaan alat bantu dengar sudah seharusnya menyesuaikan dengan batas / ambang dari gangguan pendengaran setiap penderita. Tidak bisa langsung memasang ABD tanpa melalui tes terlebih dahulu, itu karena ada beberapa jenis gangguan yang memiliki tingkatannya sendiri – sendiri.

1. Directionality 

Sebagai salah satu alat khusus paling berguna dan bermanfaat untuk para penderita gangguan pendengaran, alat bantu dengar ini memiliki mikrofon yang dapat menekan signal dari berbagai arah. Pada umumnya, teknologi ini mempunyai fungsi menghilangkan sinyal dari belakang maupun samping.

Hal tersebut adalah fungsi, karena biasanya gangguan percakapan datangnya selalu dari arah depan maupun samping. Jadi, directionality ini memberikan manfaat untuk membatasi sebagian besar jumlah informasi yang berasal dari alat bantu dengar menuju ke otak dan mempermudah bahasa.

2. Peredam Kebisingan 

Kemudian, alat bantu dengar memiliki fitur yang dapat meredam kebisingan. Biasanya pendengaran penderita akan mengalami kerusakan tertentu, seperti tidak bisa mendengar kebisingan dan lain – lain. Dengan bantuan alat, suara kencang akan diredam sedemikian rupa agar tidak mengganggu.

Salah satu fungsi terpenting ini lah yang menjadikan alat bantu dengar modern, memiliki manfaat untuk dapat mengurangi kadar suara latar maupun suara mengganggu seperti bising ke tingkat yang jauh membuat Anda merasa lebih nyaman hanya dengan menggunakan alat bantu tersebut.

3. Peredam Feedback 

Dengan dekatnya mikrofon dan pengeras suara dari alat bantu dengar, justru akan berisiko menimbulkan feedback. Hal tersebut bisa saja terjadi bila suara yang masuk, terdengar jauh lebih kencang pada area frekuensi tertentu. Tidak terpasang ke telinga secara tepat dan sebagainya.

Namun, dengan adanya teknologi peredam feedback ini. Fungsinya bisa membantu mengurangi masalah terkait suara yang mengganggu tersebut. Dengan mengukur jumlah feedbacknya, maka fitur ini bisa membatalkan maupun menghilangkan suara secara efektif. Suara menjadi lebih berkualitas.

4. Lengkapnya Fitur 

Dengan kehadiran teknologi canggih di zaman seperti sekarang ini, menjadikan alat bantu dengar juga memiliki berbagai macam fitur yang justru menjadi mempermudah para penggunanya untuk menggunakan alat tersebut.

Seperti dengan design chip modern-nya, membuat alat bantu dengar menjadi lebih canggih. Terlebih lagi alat tersebut bisa Anda hubungkan menggunakan bluetooth, baik untuk alat kanan dan juga kiri. Semuanya tersambung satu sama lain.

Paling tidak seperti itulah beberapa prinsip kerja alat bantu dengar di Jakarta yang biasanya penderita gangguan pendengaran berat gunakan. Salah satu fungsinya mampu memberikan kualitas suara menjadi lebih berkualitas dan suaranya tidak akan bising atau mengganggu. Jadi, membuat penggunanya nyaman.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic