Cara Screenshot Penuh Halaman Website Melalui Browser

Multimedialy.com - Sebagai seseorang yang sering mengakses internet dan menggunakan komputer. Ada kalanya dimana kita perlu melakukan screenshot satu halaman penuh suatu website. Sebagai contoh saya sendiri sering membutuhkan screenshot satu halaman web penuh ini saat ingin mendapatkan tangkapan penuh desain website yang sedang saya buat.

Terkadang saya membuat website untuk keperluan tugas ataupun untuk keperluan penjualan desain template blog dimana saya perlu screenshot desain web saya satu halaman penuh sebagai laporan saya.

Sebelumnya saya sudah membahas tentang cara melakukan screenshot untuk komputer windows disana sudah dijelaskan berbagai cara untuk melakukan screenshot, tapi belum bisa untuk screenshot satu penuh website pada browser dari ujung atas sampai kebawah.

Nah kali ini saya akan memberikan tutorial untuk cara melakukan screenshot tampilan website dibrowser anda satu halaman penuh tanpa ribet.

Cara Screenshot Penuh Satu Halaman Web

Untuk melakukan screenshot satu halaman web penuh pada browser kita perlu memasang ekstensi tambahan. Ekstensi ini bernama Fireshot tersedia untuk browser Google Chrome dan Mozilla Firefox. Langsung saja kita masuk ke langkah yang harus anda lakukan:

  1. Silakan buka web browser anda yang biasa anda gunakan bisa dengan Google Chrome atau Mozilla Firefox.
  2. Jika sudah anda buka, anda bisa download dan lakukan pemasangan ekstensi pada browser anda. Silakan klik link berikut: Fireshot for Google Chrome / Fireshot for Mozilla Firefox

    Silakan klik Tambahkan.
  3. Selanjutnya akan muncul pop-up untuk konfirmasi pemasang ekstensi silakan klik saja Add Ekstensi untuk melakukan pemasangan.


    Silakan tunggu sebentar hingga proses download dan pemasangan ekstensi selesai.
  4. Disini anda bisa melakukan pin ekstensi fireshot yang baru anda install (untuk browser google chrome) agar lebih mudah anda gunakan dan akses. Silakan klik icon pin untuk menaruh menu ekstensi di tampilan luar.
  5. Selanjutnya anda tinggal buka website atau halaman web yang ingin anda screenshot penuh satu halaman. Disini saya ingin melakukan screenshot tampilan blog saya satu halaman penuh.
  6. Untuk cara penggunannyanya: klik icon ekstensi fireshot disebelah kanan atas browser anda, maka akan keluar beberapa pilihan menu silakan pilih Capture Entire Page untuk melakukan tangkapan satu layar penuh browser anda atau bisa melalui shortcut CTRL + Shift + Y.


  7. Proses screenshot akan berjalan ditandai dengan scroll down kebawah dengan sendirinya, jika sudah maka anda akan diarahkah ke halaman Save Screenshot.

    Disini anda bisa lakukan Save as sebagai gambar (JPG) mau jadi PDF mau dikirim email juga bisa atau langsung diprint juga bisa. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Sampai disini anda sudah berhasil melakukan screenshot satu halaman web secara full. Mudah sekali bukan? Setelah memasang ekstensi ini jika anda membutuhkan screenshot tampilan web secara penuh cukup tekan Ctrl + Shift + Y

Selain untuk screenshot satu halaman penuh ekstensi fireshot ini juga ada pilihan menu untuk screenshot halaman web yang terlihat saja dan juga bisa screenshot bagian tertentu saja sesuai kebutuhan.

Untuk pemasang dan penggunakan pada browser mozilla firefox kurang lebihnya sama tidak ada perbedaan, anda tinggal menyesuaikan saja.

Itu dia tentang cara untuk melakukan screenshot tampilan website secara penuh dengan mudah dan simpel dengan bantuan ekstensi fireshot. Semoga bermanfaat.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic