5 Situs Penyedia Gambar Gratis Tanpa Hak Cipta

Multimedialy.com - Sebagai seorang blogger saya sangat membutuhkan sekali berbagai foto atau gambar untuk saya gunakan dalam artikel yang sedang saya tulis. Baik untuk kebutuhan thumbnail artikel ataupun sebagai visualisasi dari artikel yang sedang saya tulis. 

Untuk mendapatkan gambar yang akan dimasukkan ke artikel kita bisa melakukan dengan memproduksi foto sendiri ataupun menggunakan gambar yang sudah ada di internet.

Jika anda buat sendiri mungkin anda butuh kamera untuk mengambil gambar, ataupun melakukan secara digital dengan aplikasi desain atau editing gambar. 

Sedangkan jika kita menggunakan gambar yang sudah ada di internet ini bisa dikatakan lebih simpel dan mudah. Akan tetapi ada hal yang perlu anda perhatikan ketika mengggunakan foto/gambar yang sudah ada di internet yaitu masalah hak cipta.

Apalagi jika anda menggunakan gambar yang anda cari begitu saja melalui pencarian google ini akan beresiko melanggar hak cipta dan bisa menjadi masalah bagi anda dan blog anda. 

Nah untuk mendapatkan foto atau gambar yang aman dari hak cipta, sebenarnya ada situs penyedia gambar atau foto untuk keperluan blog/website anda. Ada yang berlangganan/berbayar dan ada juga yang gratis alias free.

Pada kali ini akan memberikan beberapa list website penyedia gambar/foto untuk kebutuhan publikasi artikel anda di internet. Yang gratis dan bisa anda gunakan secara legal tentunya.

Pixabay.com

Situs ini merupakan salah satu favorit saya untuk kebutuhan blog ini, saya cukup sering menggunakan gambar gratis dari pixabay. Gambar yang disediakan cukup lengkap, simpel dan mudah untuk proses downloadnya.

Secara tampilan jika anda membuka pixabay.com seperti ini

Anda akan langsung disuguhkan tampilan untuk pencarian gambar.

Tertulis disitus tersebut sudah lebih dari 2.2 juta gambar gratis dan bebas royalti yang bisa anda gunakan untuk publikasi artikel blog anda. 

Semua gambar yang ada di pixabay 100% gratis para pengirim atau publisher gambar mendapatkan uang melalui donasi dari para pendowload gambar yang ingin memberikan donasi/traktif coffe istilah mereka.

Silakan cari gambar sesuai dengan kata kunci yang anda butuhkan.

Anda bisa melakukan proses download pada situs ini (tanpa registrasi) ataupun dengan melakukan registrasi terlebih dahulu. 

Secara hasil tidak ada perbedaan dari keduanya (tanpa atau dengan login akun) yang jadi perbedaan jika anda posisi login anda tidak perlu mengisi kode verifikasi robot setiap kali ingin mendownload gambar dengan kualitas tinggi.

Kalau saya sendiri lebih merekomendasikan membuat akun (juga free kok santai aja) jadi kalau mau download banyak tidak report mengisi kode captcha satu persatu.

Unsplash.com

Ini merupakan alternatif lain selain dari pixabay.com. Sama seperti pixabay, unsplash ini juga 100% gratis dan bebas royalti tentunya bisa anda gunakan untuk keperluan blog anda.

Anda bisa mencoba mencari kata kunci gambar yang anda butuhkan untuk artikel blog anda disini ataupun di situs penyedia gambar gratis lainnya.

Cari yang mana yang terbaik dan cocok untuk menjadi visualisasi artikel yang sedang anda tulis.

Di situs unsplash.com menurut saya lebih simpel lagi dalam proses download, anda bisa mendownload foto/gambar kualitas tinggi tanpa perlu mengisi captcha/login. Cukup klik download maka proses download akan langsung terjadi. Mudah sekali bukan?

Secara kualitas gambar/foto saya juga sangat suka karena benar-benar bagus dan kualitas tinggi baik dari segi tampilan maupun resolusi yang diberikan.

Pexels.com

Yang sedikit menjadi perbedaan Pexels dengan situs yang sebelumnya saya sebutkan adalah selain menyediakan gambar atau foto gratis juga menyediakan video atau free footage yang bisa anda gunakan untuk keperluan anda lainnya.

Untuk penggunaannya cukup mudah dan kurang lebih sama seperti yang lain anda cukup cari kata kunci yang anda cari foto/gambar/videonya maka akan muncul hasilnya.

Secara default anda akan disuguhkan hasil pencarian berupa foto anda bisa tab menu diatas untuk beralih ke video jika memang yang anda cari video.

Untuk downloadnya simpel gak perlu registrasi atau login dan tidak perlu mengisi kode verifikasi. Cukup tekan download maka gambar yang anda butuhkan akan terdownload, setelah anda download anda juga akan diberikan pemberitahuan untuk memberikan donasi melalui paypal.

Jika anda rasa gambar tersebut bagus bermanfaat dengan anda dan anda ingin bermanfaat, silakan anda bisa berdonasi agar para kreator dan penyumbar gambar/foto disana bisa tetap hidup dan berkembang.

Flickr.com

Siapa yang tidak kenal dengan situs yang satu ini, situs yang diakui sisi oleh Yahoo pada masa jayanya dulu. Flickr ini sebenarnya kurang lebihnya hampir seperti pinterest hanya saja kebanyakan konten gambar ada berupa foto karena bisa dikatakan komunitas yang terbangun disini komunitas fotografi.

Akan tetapi bukan berarti anda tidak bisa memanfaat situs yang satu ini sebagai sumber gambar untuk postingan blog anda. Mungkin disini yang berbeda dengan situs yang memang penyedia gambar gratis lainnya adalah di flicker tidak semua gambar/foto bebas hak cipta dan bisa anda gunakan begitu saja.

Anda harus memilih dengan filter pencarian all creative commons ataupun commercial use allow agar foto atau gambar hasil pencarian memang yang bisa anda gunakan dengan bebas tanpa melanggar hak cipta.

Sedikit review foto yang tersedia disini cukup banyak dan lengkap karena memang sudah lama sekali situs ini ada dan cukup terkenal pada masa. Walaupun anda menggunakan filter pencarian creative commons use atau commercial use allow masih banyak juga hasil yang muncul.

Secara hasil foto/gambar yang tersedia juga sudah cukup untuk keperluan blog. Anda juga bisa mendownload gambar dengan mudah dan resolusi tinggi atau resolusi original foto tersebut.

Freepik.com

Freepik mungkin buat anda para desainer sudah tidak asing lagi dengan situs yang satu ini. Ya karena memang freepik terkenal sebagai situs penyedia vektor, mockup, file psd, dan hal-hal yang berhubungan dengan desain.

Tapi selain tentang desain anda juga bisa menggunakannya untuk mendapatkan foto/gambar gratis bebas royalti disini.

Caranya kurang lebihnya sama buka website freepik.com silakan cari kata kunci gambar yang anda butuhkan untuk artikel anda. 

Dihasil pencarian biasanya akan lebih banyak hasil berupa file desain vektor ataupun psd, tapi tetap ada yang berupa foto atau gambar. Silakan klik yang gambar tentunya, disini anda bisa download seperti biasa untuk menyimpan gambar tersebut. Pastikan yang anda download dalam format photo .jpg untuk keperluan blog anda karena tadi ada juga yang berupa mockup berupa file psd ataupun .ai

Di freepik ada gambar atau foto yang gratis ada juga yang berbayar anda bisa menandainya dengan icon premium yang artinya berbayar (icon mahkota) selain itu anda bisa download secara gratis dan gunakan untuk blog anda.

Mungkin itu dulu 5 situs penyedia gambar gratis yang bisa anda manfaatkan untuk keperluan gambar atau thumbnail blog anda ataupun anda gunakan selain untuk keperluan artikel blog juga bisa. Masih banyak lagi sebenarnya situs penyedia gambar gratis di internet, 5 diatas saya rasa yang cukup populer dan mudah anda gunakan. Lagi pula jika terlalu banyak juga tidak akan kita pakai semuanya.

5 situs diatas bisa anda gunakan semuanya anda bisa mencari kata kunci gambar yang anda cari, gunakan yang menurut anda pas dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Sekian dari saya, jika ada pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar dibawah.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic