Gaji Teknik Pengelasan di Indonesia

Multimedialy.com - Ketika berbicara dengan dunia kerja dan industri maka akan banyak sekali bidang profesi yang cukup menjanjikan bagi masa depan kita. Kita mungkin sudah terbiasa dengan seorang yang bercita-cita menjadi seorang guru, dokter, polisi, ahli it, atau profesi lainnya yang banyak anak indonesia cita-citakan. 

Melihat jumlah penduduk indonesia yang begitu besarnya maka diferensiasi dalam bidang yang anda ambil dan kuasai sangatlah penting untuk mendapatkan peluang kerja yang lebih besar.

Tahukan kamu tentang profesi pengelasan, walau mungkin orang awan akan memandang sebagai profesi yang kurang memiliki prospek yang baik bagi masa depan tapi tahukan kamu gaji dari seorang lulusan dari teknik pengelasan di Indonesia?

Usut punya usut teryata penghasilan yang bisa anda dapat jika belajar dan menekuni bidang ini tergolong tinggi. 

Di dunia industri pengelasan di indonesia sendiri bisa dikatakan masih sedikit sekali tenaga kerja yang ada, karena mungkin tadi orang belum begitu mengenal maka dari itu belum bisa tertarik pada bidang ini.

Untuk bisa masuk kedalam dunia kerja dan industri pengelasan (welding) maka kita harus mempersiapkan diri kita untuk mempelajar ilmu-ilmu yang ada pada bidang pengelasan. Di indonesia sendiri anda bisa bersekolah seperti di SMK jurusan Teknik Pengelasan atau bisa juga mengambil kuliah dalam bidang Teknik Pengelasan (Welding).

Sudah banyak saya rasa universitas baik negeri maupun swasta di Indonesia dengan jurusan tersebut. Mungkin jika anda masih ragu dalam mengambil jurusan perkuliahan di welding bisa membaca artikel ini lebih lanjut.

Sekolah Teknik Pengelasan

Untuk anda serius ingin belajar teknik pengelasan anda bisa masuk kedalam SMK Teknik Pengelasan. Dimana dengan bersekolah SMK anda akan didik ilmu dan teknik dalam pengelasan yang di butuhkan dalam dunia kerja dan industri. Di SMK berbeda dengan SMA, dimana dengan lulus di SMK anda sudah memiliki sebuah ketrampilan dalam bidang tertentu (teknik pengelasan).

Dimana jika anda ingin langsung kerja dalam bidang pengelasan juga bisa ataupun anda ingin lanjut kuliah masuk ke dalam jurusan yang sama Teknik Pengelasan untuk mendapatkan ilmu yang lebih dan tentunya gelar sarjana yang membuat anda bisa mendapatkan posisi pekerjaan yang lebih tinggi nantinya.

Untuk kuliah dalam teknik pengelasan anda tidak harus berasal dari SMK terkhusus teknik pengelasan. Jadi buat anda yang sekarang ini sedang menempuh SMA atau SMK jurusan lain dan ingin masuk ke jurusan teknik pengelasan nantinya saat kuliah tidak akan menjadi sebuah masalah.

Dalam SMK Jurusan Teknik pengelasan anda akan diajarkan tentang bagaimana cara pengelasan yang baik dan bahan apa saja yang digunakan untuk proses pengelasan.  

Itu untuk SMK jika masuk ke dunia perkuliahan dalam jurusan Teknik Pengelasan anda akan belajar lebih lanjut tentang teknik-teknik pengelasan, anda akan belajar tentang berbagai bidang teknologi pengelasan yang anda sehingga anda mengenal dan mampu mengoperasikan berbagai perlatan teknologi pengelasan.

Anda juga akan dikenal tentang menganalisa berbagai cacat las yang ada yang bisa anda lihat dari berbagi fenomena metalografi. Membaca desain dan membuat sambungan desain las tersebut dan melakukan uji coba kekuatan las yang ada dengan berbagai metode.

Intinya disini anda akan diberikan ilmu yang lebih dalam lagi yang anda belum temui di SMK Teknik Pengelasan.

Selain perbedaan ilmu yang anda dapat tentunya anda yang seorang lulusan kuliah teknik pengelasan akan dapat lebih banyak peluang pekerjaan yang bisa anda lamar karena sekarang ini seperti yang kita tahui tidak sedikit perusahaan membutuhkan tenaga ahli dengan minimal gelar sarjana.

Bicara sedikit tentang prospek kedepan tidak sedikit perusahanaan yang membutuhkan tenaga ahli dalam dunia pengelasan. Salah satunya adalah perusahaan nasional milik BUMN yaitu PT. Kereta Api Indonesia dan PT. Pelni dalam bidang kapal laut dan masih banyak lagi perusahaan swasta skala nasional maupun internasional yang membutuhkan tenaga kerja ahli dalam bidang teknik pengelasan.

Kompetensi Apa yang Anda Perlu Miliki Untuk Masuk Dunia Kerja/Industri

Bicara untuk bisa masuk ke dunia kerja dan industri kita sebagai calon pekerja harus mempersiapkan skill kita tentunya dalam bidang yang akan kita masukin dalam hal ini adalah teknik pengelasan, lalu apa saja kompetensi atau skill apa saja yang perlu anda kuasai untuk bisa masuk bekerja di bidang teknik pengelasan.

Secara umum untuk bisa menjadi juru las (dalam hal ini juru las sendiri / membuka usaha):

  • Anda dalam kondisi berbedan sehat.
  • Tidak mempunyai tangan bergetar atau Parkinson.
  • Tidak buta warna.

Sedangkan menurut Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor PER.02/MEN/1982 disana diterangkan bahwa kompetensi yang harus anda miliki sebagai juru las tergantung pada bidang yang anda jalani, karena ada beberapa bidang profesi dalam dunia pengelasan.

Untuk seorang juru las karbit yang wajib anda kuasai:

  • Menguasai tentang prosedur keamanan seperti pencegahan kecelakaan kerja, penyakit yang bisa ditimbulkan akibat kerja, kebakaran serta peledakan.
  • Menguasai penggunaan peralatan las seperti misalnya lampu gas, botol gas, generator gas, Jangka Sorong, mengatur nyala gas (ada sifat-sifatnya tersendiri), melakukan penyetelan, dan pengaruh pad alas.
  • Cara dan teknik dalam pengelasan.
  • Persiapan untuk melakukan pengelasan.
  • Pencegahan  dan perbaikan akibat kesalahan las.

Bahan induk dan bahan pengisi.

Jika anda dibidang juru las busur listrik dan juru las TIG (tungsten inert gas welding) maka anda wajib memiliki kompetensi:

  • Prosedur keamanan seperti pencegahan kecelakaan penyakit akibat kerja, kebakaran, dan peledakan,
  • Mampu menggunakan alat dan mesin las.
  • Mampu mempersiapkan segala sesuatu sebelum melakukan pengelasan.
  • Pencegahan dan perbaikan kesalahan las.
  • Mengetahui pengaruh busur listrik, arus listrik, polarity, pengamatan terak-terak gas untuk TIG.

Gaji Seorang Juru Las / Welder Profesional di Indonesia

Diatas sudah sedikit saya singguh bahka gaji seorang juru las ini tergolong lumayan tinggi di Indonesia, anda bisa mendapatkan gaji dengan range rata-rata 3,5 juta sampai 10 juta atau bahkan lebih. Semua itu tergantung dari perusahanaan anda, keahlian yang anda kuasai dan apakah anda melakukan lembur atau overtime. 

Menurut situs indeed.com situs lowongan pekerjaan yang cukup terkenal di Indonesia rata-rata gaji seorang welder di Indonesia adalah Rp. 5250.00.

Jika anda bekerja di perusahaan di luar negeri maka tentunya penghasilan yang bisa anda dapatkan setiap bulannya lebih besar lagi. Anda bisa mendapatkan sekitar 20-30 juta perbulan. Di amerika seorang welder senior dari Indonesia Supriyadi namanya menerima upah sebagai welder sebesar 2200 USD itu belum termasuk lembur.

Dari point-point yang saja jelaskan diatas mungkin anda sudah sedikit lebih mengenal tentang dunia kerja dan industri pengelasan, mungkin saja anda tertarik menjadi seorang professional dalam bidang teknik pengelasan.

Dari sini dapat kita ambil kesimpulan apapun cita-cita atau profesi yang anda dambakan asalkan anda melakukannya dengan serius dengan menjadi yang terbaik di bidangnya maka anda tidak akan mengalami kesulitan dalam memperoleh kesuksesan.

Sekian dari saya, terima kasih.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic