Cara Cek Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Secara Online

Multimedialy.com - Nomor Induk Siswa Nasional atau biasa kita menyebutnya sebagai NISN merupakan kode pengenal sebagai nomor identitas unik yang dimiliki oleh setiap siswa/pelajar di Indonesia. Setiap siswa di Indonesia memiliki Nomor Induk Siswa Nasional mereka masing-masing yang bersifat unik, standard dan nomor tersebut berlaku selama masa hidup kita.

Sebagai seorang pelajar nomor induk siswa nasional ini sangat penting untuk kita ketahui karena memang akan sangat dibutuhkan setiap saat selama kita masih menempuh dunia pendidikan.

Anda akan membutuhkan NISN saat melakukan pendaftaran sekolah baru semisal anda mau mendaftar SMP sederajat, SMA sederajat, ataupun masuk ke perguruan tinggi semua itu sudah pasti membutuhkan yang namanya nomor induk siswa nasional anda.

Selain itu NISN juga diperlukan saat anda misal mau pindah sekolah dimana ada proses registrasi yang tentunya membutuhkan NISN, dan juga untuk anda kejar paket A/B/C NISN anda akan dimintai untuk proses pendaftaran ujian nasonal pendidikan kesetaraan (UNPK).

Yang perlu anda ketahui anda akan mendapatkan NISN ini sewaktu anda menempuh sekolah dasar karena SD merupakan awal dari masa sekolah jadi disinilah kita mendapatkan NISN. Untuk anda yang ada atau masih menyimpan kartu pelajar sewaktu SD disana biasanya terdapat Nomor Induk Siswa Nasional Anda.

Jika sudah hilang atau tidak ada, dulu yang saya lakukan adalah datang ke SD saya karena disitu saya bisa mendapatkan informasi tentang nomor induk siswa nasional saya.

Namun karena perkembangan teknologi sudah semakin canggih dan maju. 

Jika anda lupa dan belum sempat mencatat nomor induk siswa nasional anda dan anda  sedang membutuhkan (mungkin dimintai pihak sekolah). 

Anda bisa mengecek atau mencari nomor induk siswa nasional anda secara online melalui website resmi yang dibuat kemendikbud untuk memudahkan kita dalam mencari NISN. Anda cukup ada perangkat dan akses internet, lalu bagaimana caranya? Langsung saja masuk ke step-by-step.

Cara Mudah Mencari NISN Melalui Internet

  1. Untuk bisa mencari nomor induk nasional silakan buka website resmi dari kemendikbud untuk melakukan pencarian: https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/caribynama/
  2. Anda bisa membuat website tersebut melalui komputer ataupun smartphone kalian.
  3. Untuk bisa mencari nomor induk siswa nasional anda silakan masukan informasi data diri anda yang dibutuhkan pada form yang tersedia seperti: nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir, nama ibu dan jangan lupa juga mengisi kode verifikas/captcha.
  4. Jika sudah terisi semuanya silakan klik tombol Cari Data.
  5. Tunggu proses pencarian setelah itu informasi nomor induk siswa nasional anda akan muncul.
  6. Selesai.

Jika pencarian tidak memunculkan hasil nomor induk siswa nasional anda, yang perlu anda perhatikan kembali adalah:

  • Nama siswa: Masukan nama anda sesuai dengan nama yang ada di raport sd. Pada kondisi tertentu jika anda memiliki nama yang cukup panjang sistem bisa jadi anda perlu menyingkat bagian akhir nama anda. Pointnya disini sama dengan penulisan nama seperti raport SD kalian.
  • Tempat lahir: isikan dengan kota/kabupaten anda dilahirkan.
  • Tanggal lahir: format pengisian tanggal lahir tahun-bulan-tanggal sebagai contoh saya lahir 26 September 1999 maka saya menuliskannya sebagai berikut 1999-09-26.
  • Nama ibu: pastikan benar juga sesuai dengan nama ibu anda (sesuai nama ktp ibu anda untuk lebih tepatnya).
  • Kode verifikasi: pastikan juga anda mengisi dengan benar sesuai dengan gambar yang ada.

Ini merupakan contoh dari hasil pencarian NISN saya yang berhasil, anda akan menemukan informasi NISN anda disamping layar komputer anda jika melalui smartphone anda cukup scroll kebawah.

Untuk saya dengan tahun kelahiran 1999 nomor NISN saya ditandai dengan kode 999 diawal. Sedangkan untuk anda kelahiran 2000 maka nomor induk siswa nasional anda akan diawali dengan 000 begitu juga seterusnya.

Sedikit catatan jika ada kesalahan dari informasi yang muncul dari pencarian, misal jenis kelamin anda salah ataupun lainnya anda bisa segera melalukan pengurusan nisn ke pihak sekolah anda untuk dilakukan pengecekan kembali, perbaikan ataupun mengurus nisn yang baru jika memang tidak ditemukan nisn anda.

 Anda juga bisa menghubungi 021-57905777 (PDSP Kemdikbud) atau 021-34833235 (Kemenag) untuk pertanyaan dan keluhan seputar nisn, mereka menyampaikan ini di twitter resmi mereka.

Sampai disini mungkin anda sudah tahu nomor induk siswa nasional anda, silakan anda catat agar tidak lupa lagi atau kalau lupa masih bisa melakukan pencarian lagi karena caranya cukup mudah bukan?

Itu dulu tutorial dari saya jika dirasa artikel ini bermanfaat silakan share ke sosial media dan teman kalian yang membutuhkan. Jika ada pertanyaan silakan tulis komentar dibawah, sampai jumpa.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic