Review Infinix Hot 9 Play

Multimedialy.com - Siapa yang tidak kenal dengan brand Infinix. Brand smartphone ini cukup terkenal di para pencinta smartphone entri level. Ya Infinix cukup terkenal dengan smartphone murah tapi tidak murahan dalam segi spesifikasi, mereka menawarkan nilai lebih dari kompetitor yang membuatnya cukup banyak di lirik kaum milenial sekarang. 

Pada kali ini saya akan membahas smartphone kelas 1 jutaan mereka yang baru saja diluncurkan dan secara spesifikasi cukup menarik dan bisa menjadi pertimbangan anda yang mencari smartphone dengan harga 1jutaan saja (1,1 juta - 1,5 juta tergantung varian storage yang anda pilih).

Untuk sebuah smartphone kelas entri level kita tahu pastinya, kita tidak bisa mendapatkan yang terbaik dari segi spesifikasi tentunya. Pastinya ada hal yang dikurangi untuk bisa mendapatkan harga yang pas. Nah menariknya di Infinix Hot 9 Play ini anda tidak akan merasa kekurangan itu begitu terasa karena anda akan diberikan spesifikasi yang mantep pada hal-hal yang penting dalam penggunaan smartphone kalian. 

Apa saja itu, langsung saja kita bahas spesifikasi dan key selling point dari smartphone yang satu ini.

Desain, Baterai  dan Layar 



Infinix Hot 9 Play memiliki bentang layar 6,82 inci dengan dimensi body 171.8 x 78 x 8.9 mm dan berat 209 g. Secara ukuran cukup tipis mengingat smartphone ini mengusung baterai jumbo 6000 mAh dan berat dirasa wajar karena kapasitas baterai yang cukup besar.

Bodi belakang menggunakan polycarbonat alias plastik dengan desain dibuat seperti terbuat dari glass/kaca. Untuk frame smartphone ini menggunakan plastik. Kita tidak bisa banyak protes mengingat kelas harganya sudah sangat sesuai.

Dengan harga 1 jutaan anda mendapatkan sebuah smartphone dengan kapasitas baterai yang sangat besar dan bisa dikatakan terbesar untuk kelas harganya dan bahkan smartphone diatasnya. Kapasitas baetra Infinix Hot 9 Play ini sangat jumbo dengan 6000 mAh. 

Dengan kapasitas besar setidaknya anda bisa dengan nyaman menggunakan smartphone anda seharian dengan berbagai kebutuhan anda (baik penggunaan ringan maupun berat) saya yakin 6000mAh sudah cukup mengaruhi 1 harian penggunaan tanpa perlu di colok lagi ke charger. 

Untuk anda yang penggunaannya ringan hanya sekedar chat, sosial media, dan browsing mungkin bisa bertahan hingga 2 hari atau bahkan 3 harian.

Apalagi dengan resolusi layar yang masih HD+ maka pemakai daya baterai akan lebih ringan lagi. Ya untuk kelas harga 1,1 - 1,3 jutaan mungkin resolusi HD+ tidak terdengar buruk apalagi jika anda diberikan layar water drop berukuran besar 6,82 inci dengan 82.4% screen to body ratio.

Dengan layar besar memberikan anda kenyamanan dalam penggunaan multimedia seperti menonton video, film atau sekedar bermain game karena area permainan anda akan menjadi lebih luas.

Buat anda kaum rebahan yang suka youtubean, neflixan atau bermain game ringan saya rasa akan cocok dengan smartphone yang satu ini.

Chipset, Storage dan OS yang Digunakan

Infinix Hot 9 Play ini mengusung 2 jenis chipset tergantung varian RAM dan storage yang anda pilih. Untuk varian RAM dan Storage 2/32 GB anda akan mendapatkan chipset Mediatek Helio A22 sedangkan untuk varian RAM dan Storage diatasnya 3/64 GB anda mendapatkan chipset yang sedikit lebih kencang Mediatek Helio A25. Keduanya sudah menggunakan fabrikasi di 12nm yang artinya sudah sangat efisien dan hemat dalam penggunaan daya.

Untuk OS yang di gunakan untuk varian penyimpanan yang lebih kecil anda akan diberikan Android 10 Go Edition. Buat teman-teman yang belum tahu Android Go ini dirancang khusus untuk smartphone RAM 2 GB atau kurang agar lebih ringan dan menghemat daya. Jadi dengan penggunaan Android Go ini akan terasa lebih ringan dari segi OS.

Namun untuk varian 3/64 anda tetap mendapatkan versi Android 10 normal tanpa pengurangan apapun karena memang secara spesifikasi mampu berjalan dengan lebih baik.

Untuk storage anda juga bisa menambahkannya lagi dengan microSD dimana slot sim yang digunakan adalah triple slot. So anda bisa menggunakan dual sim plus microSD sekaligus tanpa perlu mengkompromikan salah satunya.

Kamera yang Digunakan

Untuk kamera depan anda akan diberikan 2 kamera 1 kamera utama beresolusi 13 MP dengan kemampuan AI Kamera dan lensa kedua berupa lensa untuk mode malam atau infinix menyebutnya dengan low light sensor kamera. Intinya bisa membantu memperbaiki kualitas foto pada saat malam hari. Ada juga triple LED flash yang bisa membantu anda memberikan pencahayaan saat memotret atau merekam dimalam hari.

Sedangkan untuk kamera depan/selfie memiliki resolusi 8 MP. Baik kamera depan maupun belakang sama-sama memiliki kemampuan merekam video hingga resolusi 1080p di 30 FPS.

Fitur dan Lainnya

Menariknya dengan kelas harga 1 jutaan saja anda mendapatkan cukup banyak dan lengkap yang mungkin masih jarang anda temukan di kompetitor seperti adanya fingerprint scanner untuk unlock dan keamanan, selain fingerprint ada juga opsi face unlock untuk keamanan.

Wifi juga sudah menggunakan wifi AC dual band (canggih untuk kelas harganya), fitur seperti bluetooth 5.0 juga ada, GPS, jack audio 3.5mm juga ada, USB OTG, sensor-sensor standarnya sebuah smartphone juga ada lengkap tanpa penyutanan (seperti gyro, accelerometer, proximity, compass). Buat anda yang masih mendengarkan radio juga masih support FM Radio (yang mana fitur ini sekarang ini mulai langka pada smartphone)

Harga

Untuk harga untuk varian storage rendahnya yang RAM 2 GB dan Internal Storage 32 GB di pasaran dibanderol 1,2 jutaan anda mungkin bisa mendapatkanya di 1,1 jutaan ditoko-toko tertentu. Sedangkan untuk varian atasnya dengan RAM 4 GB dan Internal Storage 64 GB anda bisa dapatkan di range harga 1,4-1,5 jutaan. 

Dengan harga smartphone 1 jutaan apa yang ditawarkan infinix sudah lebih dari cukup yang mereka bisa berikan. Layar besar untuk multimedia, baterai besar untuk kebutuhan seharian penuh, chipset hemat daya, RAM dan Storage lega dan harga yang murah tentunya. So keputusan beli atau tidak kembali lagi kepada anda.

Sekian dari saya tentang infinix hot 9 play, jika dirasa bermanfaat silakan share artikel ini ke teman kalian.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic