Review Oppo Find X2 Pro di Tahun 2021

Multimedialy.com - Oppo X2 Pro flagship dari Oppo keluaran awal tahun 2020 (1 tahun lalu) masih cukup menarik untuk kita bahas pada tahun 2021. Banyak hal-hal menarik baik dari segi desain, tampilan, build qualiy, spesifikasi dan harga tentunya. Disini harga menjadi hal menarik untuk saya membahas atau mereviewnya karena ya sudah tahun berlalu ada penurunan harga yang membuatnya menarik untuk dibeli.

Karena memang Oppo Find X2 Pro ini bisa dikatakan flagship tahun 2020 dari brand Oppo. Seperti yang kita ketahui bahwa sebuah smartphone flagship pasti memberikan spesifikasi dan teknologi yang terbaik dari brand tersebut. Untuk spesifikasi masih sangat-sangat baik untuk anda beli sekarang dan anda gunakan untuk beberapa tahun kedepan.

Langsung saja tanpa basa-basi lagi kita masuk ke dalam spesifikasi dan apa saja yang ditawarkan dari mantan flagship si Oppo Find X2 Pro.

Platform
ChipsetQualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+)
CPUOcta-core (1x2,84 GHz Kryo 585 & 3x2,42 GHz Kryo 585 & 4x1,8 GHz Kryo 585)
GPUAdreno 650
Sistem OperasiAndroid 10 - ColorOS 7.1
Memori
RAM12 GB
InternalOPPO Find X2: 256 GB | OPPO Find X2 Pro: 512 GB
EksternalNo
Bodi
DimensiOPPO Find X2: 164,9 x 74,5 x 8 mm | OPPO Find X2 Pro: 165,2 x 74,4 x 8,8 mm
BeratOPPO Find X2: 196 gram | OPPO Find X2 Pro: 207 gram
Slot SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
TipeAMOLED
Ukuran6,7 inci
ResolusiQuadHD+ (1.440 x 3.168 piksel)
Kamera
BelakangOPPO Find X2: 48 MP + 13 MP + 12 MP | OPPO Find X2 Pro: 48 MP + 13 MP + 48 MP
Depan32 MP
Video2160p@30/60fps, 1080p@30/60fps; gyro-EIS; HDR
FiturDual-LED dual-tone flash, HDR, panorama
Jaringan
DataGSM / HSPA / LTE / 5G
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
BluetoothYa
GPSYa
NFCYa
Lainnya
SensorFingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
USB3.1, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
Jack audioNo
BateraiOPPO Find X2: Li-Po 4200 mAh | OPPO Find X2 Pro: Li-Po 4260 mAh (SuperVOOC 2.0 Flash Charge 65W)

Dari Segi Desain dan Build Quality

Dari segi desain Oppo Find X Pro memiliki tampilan yang cukup menarik dan mewah. Smartphone ini memiliki dimensi yang cukup besar 165.2 x 74.4 x 8.8 mm (untuk versi ceramic) / 9.5mm (untuk versi leather). 

Ukuran body yang besar ini dikarena ukuran layar besar juga 6.7 inci (tidak kalah dengan smarphone flagship keluaran sekarang). Walaupun berdimensi besar masih cukup nyaman untuk anda pegang dan bawa kemana-kemana. Selain itu anda bisa lebih puas untuk keperluan multimedia seperti menonton video dan bermain game di smartphone yang satu ini.

Secara build quality juga sangat kuat dan solid berkat adanya proteksi Corning Gorilla Glass  dan juga sudah menggunakan alumunium pada frame membuat smartphone yang satu ini sangat solid dan terasa kuat saat anda genggam.

Selain itu Oppo Find X2 Pro ini juga sudah dilengkapi dengan IP68 yaitu sertifikati sebuah smartphone bahwa smartphone tersebut sudah dust dan water resisten yang bisa membuatnya tahan dalam air kedalaman 1.5 m selama 30 menit.

Untuk versi leather juga sangat menarik karena memberikan kesan unik dibanding smartphone lain dan juga dengan bahan body belakang yang berbahan kulit memberikan grip yang lebih erat karena tidak selicin dibandingkan kaca dan lebih tahan akan bekas ciplakan sidik jari anda.

Anda suka versi body berbahan kulit atau kaca semua itu tergantung dari selera anda, memilih dan memiliki salah satunya tidak akan membuat anda kecewa tentunya (karena ada kelebihan dan kekurangan masing-masing).

Layar Mantap dan Jernih

Bicara dengan layar Oppo Find X2 Pro ini walaupun flagship tahun kemarin dari Oppo namun secara spesifikasi layar yang diberikan bisa dikatakan masih yang terbaik juga pada saat ini, bisa dibilang ini sudah cukup maksimal bahkan untuk sekarang.

Menggunakan layar Amoled dengan cangkupan 1 miliar warna yang membuatnya mampu menghasilkan warna yang baik. Dari segi ukuran 6.7 inci cukup besar dan didukung pula dengan resolusi layar yang tinggi 1440 x 3168 (setara dengan 513 ppi density) sehingga masalah ketajaman sudah tidak perlu diragukan 3K resolusi layarnya.

Hal-hal lain yang menarik dari layar Oppo Find X2 Pro ini juga sudah mendukung resfresh rate tinggi 120Hz, ada juga dukungan HDR10+ dan kecerahan layar hingga 1200 nits membuatnya tetap akan terlihat baik dibawah terik sinar matahari. Jangan lupakan juga proteksi layar corning gorilla glass 6 yang membuat kita lebih tenang dalam penggunaan sehari-hari.

Walau tetap saya sarankan menggunakan tempered glass untuk perlindungan tambahan karena sayang saja jika terjadi sesuatu pada layarnya (mungkin musibah) jadi anda lebih bisa mengamankan layar cantik dari Oppo Find X2 Pro ini, karena ya kalau kenapa-kenapa saya yakin tidak akan murah untuk mengganti layar tersebut (karena spesifikasinya tinggi tadi). So tetap pakai tempered glass sekalipun smartphone anda terproteksi corning gorilla glass.

Dapur Pacu dan Perfoma yang Diberikan

Bicara tentang smartphone flagship maka sudah sewajarnya memberikan hal yang terbaik dan maksimal dari teknologi yang ada saat smartphone itu dirilis. Tidak pengecualian dengan Oppo Find X2 Pro ini menggusung chipset Snapdragon terbaik pada tahun lalu yaitu Snapdragon 865 5G yang sudah berfabrikasi 7nm+ yang artinya lebih efisien dalam pengguna daya dan performa.

Walau sekarang ini sudah ada smartphone berchipset snapdragon 888 tapi tidak membuat Snapdragon 865 ini terasa lambat atau tertinggal. Apalagi menginggat smartphone tahun ini dengan chipset snapgragon 888 memiliki isu dengan panas. Saya rasa Snapdragon 865 jauh lebih stabil dan optimal untuk beberapa aplikasi karena sudah 1 tahun sudah ada banyak penyesuaian.

Intinya anda tidak akan merasa kurang dari snapdragon 865 5G ini apalagi ditandemkan dengan kapasitas RAM 12 GB dan juga internal storage yang besar, ada 2 varian yaitu 256 GB dan 512 GB UFS 3.0.

Bicara tentang kedepan anda juga tidak akan merasa tertinggal karena Oppo Find X2 Pro ini secara hardware sudah mendukung jaringan 5G dari chipset yang mereka gunakan, mungkin kedepan jika sudah ada jaringan 5G di Indonesia anda bisa langsung menikmatikanya.

Oppo Find X2 Pro ini mengusung baterai Li-Po berkapasitas 4260 mAh walau terlihat tidak terlalu wah namun sudah cukup untuk menemani kebutuhan anda dalam penggunaan ringan sampai menengah pada smartphone. 

Plus pointnya disini sudah menggunakan fast charging SuperVooC 2.0 65W dimana bisa mengisi daya dari 0 sampai 100% hanya dalam 38 menit. So anda tidak perlu khawatir baterai habis karena anda cukup charge sebentar maka bisa anda gunakan lagi dalam waktu lama.

Untuk OS yang digunakan saat anda membuka dari box maka anda akan mendapatkan Android 10.0 dengan kustomisasi ColorOS 7.1 untuk update anda tidak perlu khawatir karena Oppo Find X2 Pro ini mendapatkan update Android 11 dengan Color OS 11 yang membuatnya tidak tertinggal dari segi OS pada tahun ini. 

Tentunya anda juga akan mendapatkan update diwaktu yang mendatang, ya namanya smartphone flagship sudah seharusnya dan sewajarnya mendapatkan update software dalam jangka waktu panjang.

Kamera dan Fotografi

Ultra Vision Camera System mereka menamai teknologi kamera yang digunakan pada Oppo Find X2 Pro ini. 

Secara speisifikasi menggunakan sensor kamera Sony IMX 689 48 MP dengan ukuran sensor yang besar 1/1.4" dan bukaan lensa yang besar juga f/1.7 dimana anda bisa mendapatkan tangkapan cahaya yang lebih banyak, foto dalam kondisi gelap akan lebih baik kualitasnya dan juga depth of field natural karena pengaruh ukuran sensor yang besar dan bukaan lensa juga besar.

Untuk kamera utama ini juga sudah dilengkapi teknologi autofokus all pixel omni directional PDAF, 12-bit warna sehingga tangkapan warna menjadi semakin kaya lagi dan grafasi warna pada foto/video akan terasa smooth, dan adanya optical image stabilization yang akan membantu meredam goncangan saat mengambil gambar atau video pada kamera utama.

Sedangkan untuk lensa kedua juga mengusung sensor kamera dari Sony sama dengan resolusi 48 MP namun berbeda jenis sensornya. Untuk ultra wide menggunakan Sony IMX 586 dengan dipadukan bukaan lensa f/2.2. Untuk cangkupan field of view dari kamera ultra wide ini 120° juga sudah dilengkapi dengan mode ultra macro pada lensa wide yang membuatnya set-up kamera semakin lengkap untuk berbagai kebutuhan fotografi anda.

Kamera ketiga yang dibawa oleh Oppo Find X2 Pro ini berjenis telephoto kamera 13 MP F/3.0 dengan teknologi periscope lens sehingga mampu untuk mengambil gambar hingga 10x hybrid zoom dan 60x digital zoom. Menariknya lensa periskop ini sudah dilengkapi juga dengan Optical Image Stabilization dimana masih sedikit kompetitor brand lain yang menggunakan OIS pada lensa periskop.

Menarikanya dari ketiga jenis kamera belakang yang diusung semuanya mendukung Ultra Night Mode 3.0 jadi anda bisa mendapatkan keutungan dalam memotret di dalam kondisi low light. Dengan mode malam ini tentunya bisa menghasilkan foto yang lebih baik dari segi detail, warna, pencahayaan, dan noise saat di malam hari.

Untuk kamera depan atau selfi mengusung lensa ultra wide (120) dengan resolusi 32 MP dengan lensa ultra wide ini bisa dimanfaatkan untuk stabilisasi pada video kamera selfie. Dimana anda bisa menggunakannya untuk kegiatan anda sebagai konten kreator. Selain itu didukung juga dengan 3 mic saat recording dengan fitur seperti wind noise reduction, 3D recording, dan sound focus yang semakin membuatnya cocok untuk produksi vlog ringan.

Untuk anda yang suka foto selfie cantik (kaum perempuan terutama) maka akan sangat cocok dengan smartphone yang satu ini karena sudah dilengkapi dengan fitur AI Beautification dan Mode Malam pada kamera selfie, sehingga anda tetap bisa terlihat cantik dan terang saat foto selfie di kondisi low light.

Konektifitas dan Lainnya

Untuk masalah konektifitas Oppo Find X2 Pro ini cukup terdepan dengan teknologi yang masih menjadi terbaik untuk saat ini. Menggunakan WIFI 6, Bluetooth 5.1, dukungan NFC, Port tentunya sudah USB Type-C 3.1 mendukung OTG.

Hal-hal lain yang dimiliki seperti stereo speaker, fingerprint under display, sensor lengkap seperti accelerometer, gyro, proximity, compass.

Harga

Nah menariknya karena sudah rilis 1 tahun lalu dari segi harga bisa dikatakan ada penurunan atau diskon, untuk varian RAM/Storage 12/256 GB anda bisa tebus dengan harga 12 juta kurang sedangkan untuk 12/516 GB anda bisa dapatkan di harga 16 jutaan.


Membeli smartphone flagship tahun lalu bisa dikatakan pilihan yang cukup bijak karena kita akan mendapatkan spesifikasi yang masih bisa dikatakan top dan tertinggi tapi dengan harga yang lebih bijak lagi. Kita bisa menghemat sedikit uang kita untuk keperluan lain. So keputusan membeli atau tidaknya kembali kepada anda, saya cuman bisa merekomendasikan dan mengatakan ini worth it untuk anda beli di tahun 2021.

Sekian dari saya, terima kasih sudah membaca artikel dan silakan share jika di rasa bermanfaat.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic