Mengenal Tentang Investasi dan Pentingnya Anda Mulai Berinvestasi

Multimedialy.com - Investasi mungkin anda sering sekali mendengar kata tersebut dijaman sekarang. Hampir bisa dikatakan semua orang kaya di Indonesia bahkan dunia melakukan investasi pada yang yang mereka miliki. Kita akan bahas tentang investasi mulai dari Pengertian Investasi, Jenisnya, dan mana yang cocok untuk anda.

Apa sih sebenarnya investasi itu?

Menurut wikipedia sendiri Peinvestasi adalah suatu kegiatan menanamkan modal baik secara langsung maupun tidak, dengan harapan pada suatu saat nanti pemilik modal/penanam modal memperoleh sejumlah keuntungan dari uang yang di insvestasikan.

Dalam KBBI sendiri pengertian investasi berarti penanaman uang atau modal pada suatu perusahaan atau projek untuk memperoleh keuntungan.

Dari 2 pengertian ini mungkin bisa ditarik kesimpulan bahwa investasi ini merupakan bentuk memanfaatkan uang yang kita miliki guna memperoleh keutungan/manfaat pada masa yang akan datang. 

Bisa dikatakan investasi merupakan membeli sesuatu yang diharapkan nilainya dapat naik dan memperoleh harga yang lebih tinggi di masa depan sehingga anda memperoleh keutungan dari nilai yang lebih tinggi dari semula anda membeli.

Kenapa anak jaman muda jaman sekarang harus mulai berinvestasi?

Mungkin anda pernah mendengar istilah biarkan uang yang bekerja kepada kita bukan kita yang bekerja demi uang. Ya istilah uang akan bekerja untuk kita akan terjadi jika kita mulai menginvestasikan uang kita ke berbagai instrumen investasi sedari sekarang.

Investasi bisa dikatakan cara untuk melindungi dan meningkatkan kekayaan yang anda miliki. Karena jika anda memiliki sejumlah uang dibank saja maka uang tersebut semakin lama akan semakin berkurang nilainya karena inflasi.

Dimana harga barang dan jasa akan terus menerus naik dari waktu ke waktu yang dapat diartikan walau secara angka uang anda sama dibank tapi secara nilai akan semakin berkurang.

Rata-rata inflasi di Indonesia dalam kurung waktu 10 tahun terakhir ini adalah 4,23% dimana terparah mencapai 8,38% pada tahun 2013. Sedangkan suku bunga Bank Indonesia sendiri masih di angka 3,5%. Tentunya anda akan akan menjadi orang yang merugi jika hanya menyimpan uang begitu saja dan melewatkanya yang namanya investasi.

Investasi ini merupakan hal yang sering dilakukan banyak orang dinegara maju, Indonesia sendiri sedang mengarah kesana karena banyaknya influenser yang mengajarkan pentingnya investasi.

Sedikit catatan investasi tidak hanya untuk orang-orang yang berpendapatan banyak atau orang kaya raya seperti yang orang awam pikiran. Investasi sekarang sudah berkembang banyak instrumen investasi yang mudah, minim resiko, bisa anda mulai dengan modal kecil dan tentunya menguntungkan.

Anda bisa menyisihkan uang gajian bulanan anda untuk menambahkan investasi sedikit demi sedikit. Budaya investasi sedikit demi sedikit ini cukup baik karena anda bisa memulai investasi sejak dini. 

Bahkan anda yang masih mahasiswa bisa kok berinvestasi, malah sangat baik karena anda menyiapkan finasial anda untuk masa depan anda. Siapa tahu diumur muda anda bisa merdeka finasial bisa pensiun dini cukup menikmati hasil investasi anda sedari muda.

Mungin sampai disini anda sudah mulai tertarik dengan dunia investasi.

Apa saja jenis investasi yang ada saat ini?

Ada banyak sekali instrumen investasi saat ini yang bisa anda coba tapi tentunya adalah wajib pelajari dan pahami instrumen investasi yang akan anda gunakan untuk uang anda. Karena tidak semua instrumen cocok untuk semua investor.

Ada hal yang harus ketahui seperti risiko investasi, tujuan anda melakukan investasi, dan berapa lama anda ingin menginvestasikan uang anda. 

Kita bagi dulu investasi dari sudut pandang jangka waktunya, maka investasi akan dibagi dua kategori yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang.

Investasi Jangka Pendek

Sesuai namanya jangka pendek maka investasi ini ditujukan untuk anda yang ingin menginvestasikan uangnya dalam jangka waktu relatif pendek 3 bulan sampai 1 tahun. Investasi jangka pendek bisa anda mulai dengan nominal uang yang kecil nilai kenaikan atau keuntung yang diperoleh juga tidak besar tapi sebanding dengan resikonya yang juga kecil.

Investasi jangka pendek ini sangat direkomendasi untuk yang baru terjun ke dunia investasi. Selain nominal kecil, resiko juga relatif kecil juga anda bisa menikmati hasilnya dalam jangka waktu yang tidak lama.

Yang populer saat ini untuk investasi jangka pendek ada reksa dana, karena anda bisa mengambil uang yang investasi kapan saja anda mau.

Investasi Jangka Panjang

Jika anda tertarik dengan investasi jangka panjang atau dalam pikiran atau mindset kalian ingin menyimpan uang anda dan memperoleh return dalam waktu lama mungkin tahun hingga puluhan tahun kedepan sebagai uang dihari tua anda maka investasi jangka panjang ini cocok untuk anda.

Investasi jangka panjang ini cocok untuk anda yang memiliki dana besar dan ingin memang tidak mengharapkan keutungan dalam jangka waktu pendek.

Karena investasi jangka panjang ini bisa saja merugi di jangka waktu pendek atau beberapa tahun pertama tapi tenang selama anda sudah tahu medannya dan anda memang menginvestasikan untuk hari tua maka investasi ini lebih menguntungkan dibanding jangka pendek.

Beberapa contoh instrumen investasi jangka panjang seperti: emas, saham, property, oblikasi, tabungan berjangka, reksa dana.

Instrumen Investasi yang Populer dan Menguntungkan

Diatas mungkin sudah saya jelaskan tentang investasi berdasarkan jangka waktu yang ingin anda capai. Jika anda sudah menetapkan pilihan anda maka selanjutnya anda tinggal masuk ke dalam instrumen investasi tersebut, mana yang cocok untuk anda berikut daftar instrumen investasi yang harus anda tahu karena cukup populer dan umum digunakan di Indonesia.

Deposito Bank

Untuk anda pengguna bank tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya deposito bank. Ya ini bisa dikatakan instrumen investasi dengan 0 dan bisa anda lakukan tanpa pengetahuan apapun.

Dengan menaruh uang anda di deposito anda sudah dapat menikmati hasil 4-6% pertahun. Angka ini pasti dan anda tidak akan mengalami kerugian. Setidaknya dengan menaruh uang di deposito uang anda lebih aman dari inflasi dari pada disimpan dibank begitu saja.

Yang perlu anda ketahui mungkin sebelum menginvestasikan uang anda di deposito bahwa uang yang anda taruh di deposito nantinya tidak dapat anda tarik sebelum waktu yang telah anda sepakati.

 Sebagai contoh anda mendepositokan uang anda 10 juta di bank selama 1 tahun maka uang 10 juta tersebut tidak bisa anda gunakan transaksi sebelum waktu 1 tahun tersebut terlewati. Dan anda akan mendapatkan 4-6% atau sekitar 400-600 ribu dari uang 10 juta tersebut selama 1 tahun.

Terdengar kecil mungkin tapi itu kembali lagi tergantung dari uang yang anda miliki dan investasikan. Kelebihan deposito ini ya zero risk sangat cocok untuk pemula.

Emas

Membelikan uang tabungan kita dengan emas atau menginvestasikan uang ke emas adalah hal yang menguntungkan apalagi jika anda memang berniat investasi jangka panjang.

Harga emas mengalami trend penaikan dari waktu ke waktu dan akan terus naik kedepannya. 

Untuk anda pemula investasi emas ini juga sangat cocok karena tidak ada hal yang perlu anda pelajari lebih lanjut. Anda bisa menginvestasikan mulai dari nominal kecil dan anda bisa menjualnya kapan saja karena emas dapat dengan mudah dijual belikan dimana saja.

Emas sendiri dalam 10 tahun kebelakang dari 2010 hingga 2020 mengalami rata-rata kenaikan harga sebesar 11,8 persen pertahunnya. Nilai ini jauh lebih besar kenaikannya dibanding dengan deposito bank.

Saham

Saham adalah surat yang menjadi bukti kepemilikian bagian modal dari suatu perusahaan. Perusahaan yang bisa menerbitkan saham sebagai salah satu cara untuk pendanaan perusahaan tersebut. Saham ini bisa dikatakan instrumen investasi yang menarik karena menawarkan keuntungan yang cukup tinggi.

Keuntungan yang diperolah dari para investor salah berasal dari 2 hal yaitu deviden (yang merupakan pembagian keutungan yang dihasilkan perusahaan) dan juga capitan gain (yaitu selisi antara harga beli dan harga jual saham tersebut).

Untuk capital gain sebagai contoh anda saham perusahaan A dimana harga persama Rp.10.000 dan anda menjualnya saat harga saham tersebut naik dengan harga Rp.15.000. Ada banyak faktor yang menyebabkan nilai saham suatu perusahaan mengalami kenaikan dan penurunan, so anda juga harus mempelajarinya sebelum terjun ke dunia investasi saham.

Reksa Dana

Reksa Dana ini cukup populer saat ini dikalangan milenial dan investor receh yang mempunyai dana kecil untuk di investasikan, walau begitu anda yang punya dana besar tidak ada salahnya berinvestasi di Reksa Dana karena memang ada banyak kelebihan yang dimilikinya.

Kelebihan dari reksadana anda tidak perlu banyak waktu untuk belajar, tidak perlu keahlian atau ilmu khusus untuk menghitung segala risiko investasi anda.

Secara konsep Reksa Dana ini mengumpulkan dana dari orang-orang yang ingin berinvestasi, dimana nantinya dana yang terkumpul dari para pemodal dini akan di investasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi perusahaan Reksadana tersebut.

Tidak ada batas minimal anda harus menaruh/menginvestasikan uang anda. Anda bisa ambil uang anda kapan saja anda mau berserta keutungan yang sudah diperoleh.

Secara resiko juga lebih minim karena segala perhitungan investasi sudah di serahkan kepada ahlinya yaitu manejer investasi. Rata-rata return/keutungan dari reksadana saham diangka 10-20 persen pertahun. Walau begitu juga ada resiko kerugian walau tidak sebesar jika anda bermain langsung di instrumen saham.

Properti

Mungkin anda pernah mendengar perkataan dari orang tua anda bahwa kalau punya uang ya kalau gak beli emas beli tanah atau rumah. Teryata memang kedua hal tersebut menguntungkan dan menjadi investasi yang aman untuk saat ini.

Investasi properti ini anda bisa mulai dengan hal yang sederhana seperti membeli tanah saja atau tanah dan dibangunkan sebuah rumah. 

Percayalah harga tanah selalu naik setiap tahun. Ya sederhana saja kita menganut hukum permintaan dan penawaran. Dimasa depan akan lebih banyak orang membutuhkan tanah ataupun rumah. Sementara itu luas tanah semakin hari tentunya semakin terbatas ya karena bumi kita tidak bertambah luas sedangkan manusianya bertambah dari waktu ke waktu.

Anda bisa membeli tanah saja dan bisa anda diamkan saja dan jual di masa yang akan datang saat harganya sudah naik anda membutuhkan uang tersebut.

Selain itu anda bisa juga membangun rumah yang bisa anda gunakan sebagai pasif income seperti untuk di kontrakan atau dibuat sebuah kos-kosan. 

Banyak sekali pilihan dalam berbisns properti seperti membuat sebuah ruko, atau untuk anda yang diperkotaan bisa membeli sebuah apartement.

Mungkin satu kekurangan dari investasi di bidang property anda harus mempunyai dana yang cukup besar untuk investnya, tapi jika anda punya nganggur tersebut maka tidak ada alasan untuk tidak investasi dalam bidang properti.

Setiap instrumen investasi memiliki karakteristik tersendiri yang memang dibuat berbeda agar bisa menyesuaikan dengan para investornya. Tapi sejatinya investasi adalah pilihan yang tepat dan cerdas untuk anda yang mempunyai uang dan peduli akan masa depan.

Investasi selain untuk memperoleh keutungan pribadi juga bermanfaat bagi sekitar, kita ambil contoh instrumen investasi saham. Dimana nantinya uang yang anda investasikan akan digunakan perusahaan untuk modal agar bisnis mereka menjadi besar dan berkembang dimasa yang akan datang.

Secara tidak langsung kita membuat ekonomi berputar dan semua orang mendapatkan manfaatnya masing-masing.

So tidak ada alasa untuk anda menunda investasi, investasi tidak harus menunggu anda kaya raya asalkan anda mau menyisihkan sedikit uang bulanan anda itu sudah cukup untuk memulainya.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic