Cara Mengatasi Rambut Rontok

Multimedialy.com - Cara Merawat Rambut Rontok  - Tidak sedikit dari wanita yang mengalami namanya rambut rontok. Rambut rontok mungkin bisa dikatakan sebagai sebuah hal yang biasa saja jika jumlah rambut yang rontok tergolong sedikit. Namun jika kita mengalami yang namanya kerontokan pada rambut dalam jumlah yang tergololng besar, mungkin sekitar 50-100 helai setiap harinya tentunya ini akan menjadi sebuah masalah baru bagi anda.

Tentunya anda tidak tidak ingin mengalami yang namanya kebotakan pada rambut bukan.

Rambut rontok sendiri juga bisa terjadi pada pria namun menurut riset yang ada wanita lebih besar kemungkinan mengalami rambut rontok atau penipisan rambut, secara perbandingan 1 dari 3 orang wanita di dunia ini mengalami masalah dengan rambut rontok.

Walaupun begitu bagi anda kaum wanita tidak perlu begitu khawatir dan cemas karena setiap permasalahan pasti ada solusinya termasuk masalah rambut rontok yang sedang anda alami saat ini. 

Nah pada kali ini saya ingin membagikan cara yang bisa anda lakukan agar rambut anda tetap sehat, kuat dan terhindar dari masalah rambut rontok.

Perawatan dengan Bahan Alami yang Bermanfaat Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Minyak Kelapa

Minyak kelapa sudah bukan sebuah rahasia lagi khasiat dan manfaatnya bagi rambut. Minyak kelapa sudah dipercaya dan digunakan untuk rambut karena banyak manfaat yang diberikan salah satunya adalah mencegah kerontok rambut. 

Selain mencegah kerontokan rambut juga banyak sekali manfaat dari minyak kelapa untuk kesehatan rambut kita, seperti: melembabkan rambut, memperbaiki rambut rusak, membuat rambut lebih panjang, mencegah terjadinya kerontokan, dan mengurangi masalah ketombe.

Untuk penggunannnya anda bisa gunakan minyak kelapa sebelum anda keramas lalu diamkan selama 15-30 menit agar mendapatkan manfaatnya. Atau anda juga bisa gunakan minyak kelapa sebagai kondisioner rambut, oleskan secukupnya setelah anda keramas terbukti efektif menguatkan rambut dan mencegah rambut bercabang.

Lidah Budaya

Lidah buaya juga merupakan bahan alami yang memiliki banyak khasiat dibidang kecantikan salah satunya untuk perawatan rambut. 

Kandungan vitamin A, C, E sangat berguna untuk proses pergantian sel dan meningkat meningkat pertumbuhannya sehingga rambut anda lebih bisa lebat dan kuat. Kombinasi ketiga vitamin tadi berguna untuk bagi seseorang yang sudah cukup parah mengalami kerontokan karena selain bisa mencegah rambut rontok juga membantu proses penumbuhan rambut baru lebih cepat dan kuat.

Selain itu lidah buaya juga mengandung vitamin B12 dan asam folat yang terdapat d dalam gel lidah buaya. Kedua kombinasi ini sangat ampuh mencegah kerontokan rambut.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga merupakan bahan alami yang bisa anda gunakan untuk perawatan rambut rontok anda, selain untuk perawatan rambut rontok minyak zaitun memiliki banyak manfaat lain bagi rambut.

Minyak zaitun merupakan sumber antioksidan berguna dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala anda. Selain itu minyak zaitun juga sangat baik untuk melembabkan kulit kepala dan mencegah ketombe yan mana menjadi penyebab utama rambut rontok. 

Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal pada minyak zaitun mampu memperkuat rambut dari akar hingga ke ujung rambut.

Dengan memijat rambut dan kepala dengan minyak zaitun dapat meningkatkan aliran darah ke folikel hal ini mampu merangsang pertumbuhan helai rambut, membuat rambut menjadi lebih tebal dan menggandakan pertumbuhannya. Sehingga rambut anda yang sudah rontok dan mungkin mulai terlihat botak bisa teratasi dengan minyak zaitun ini.

Minyak Kemiri

Minyak kemiri sudah dipercaya sejak dulu hingga sekarang ini, mungkin ada pernah mendengar saran dari orang tua kita ketika ingin memiliki rambut yang sehat, tebal, dan hitam. Kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E yang bermanfaat sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk mengatasi kerusakan akibat lingkungan.

Urang Aring

Urang aring juga bahan alami yang biasa digunakan dalam produk untuk perawatan rambut, anda sering menemui ini dalam produk shampo karena memang terkenal dengan manfaatnya bagi kesehatan rambut anda.

Kandungan vitamin E pada urang aring yang berguna sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berguna menghambat pertumbuhan rambut rontok. Penggunaan urang aring secara rutin dipercaya dapat mempertahankan kekuatan rambut dan mencegah rambut rontoh, selain itu banyak manfaat lain seperti mengatasi ketombe, mencegah munculnya uban pada rambut dan mengatasi peradangan pada kulit.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Perlu anda ketahui beberapa penyebab dari kerontokan rambut anda bisa jadi anda kurang asupan gizi dalam tubuh anda, anemia atau kurang darah, dan akibat dari stress yang berlebihan juga bisa mengakibatkan kerontokan rambut.

Untuk itu penting untuk menerapkan pola hidup sehat, menjaga pola makan sehat dan bergizi seimbang, berolahraga serta tetap menjaga pikiran dalam kondisi terbaik (tidak stress) salah satunya dengan waktu tidur yang tercukupi.

Hindari Hal-Hal yang Menyebabkan Kerusakan Rambut

Berbagai metode perawatan ini yang mungkin anda lakukan bisa jadi memperburuk kondisi rambut rontok anda, seperti: mewarnai rambut, menctaok rambut ataupun mengeriting rambut anda.

Hal-hal lain yang mungkin anda lakukan sehari-hari seperti mengikat atau mengepang rambut terlalu kencang sehingga akar rambut anda tertarik dan mengakibatkan kerontokan.

Jika anda mempunyai masalah pada rambut rontok maka bisa dihindari hal-hal yang saya sebutkan diatas. Untuk pengeringan rambut anda bisa menggunakan suhu yang tidak terlalu panas yang mengakibatkan rambut anda kering dan mudah patah.

Gunakan Produk Shampo dan Kondisioner Khusus Untuk Perawatan Rambut Rontok

Ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk anda yang mengalami rambut rontok karena memang sudah ada produk baik shampo maupun kondisioner yang memang dibuat dan diformulasikan khusus untuk perawatan rambut rontok.

Jika anda sebelumnya menggunakan shampo biasa bisa beralih ke shampo untuk perawaratan rambut rontok. Kombinasi dengan penggunaan kondisioner juga akan membuatnya lebih maksimal untuk perawatan rambut rontok anda.

Untuk keramas anda juga tidak disarankan terlalu sering berkeramas ataupun jarang atau sampai lupa berkeramas. 

Terlalu sering berkeramas membuat minyak alami yang terdapat pada kulit kepala terkikis dan berdampak pada sirkulasi nutrisi pada rambut terganggu. Sebaliknya jika anda jarang keramas malah menyebabkan tumpukan sel-sel mati dan kotoran menyubata kulit kepala dan membuat rambut anda rentan rontok.

Rambut rontok bukanlah masalah yang tidak ada solusinya, dengan peneraparan pola hidup sehat, asupan yang terjaga, perawatan secara alami, dan perawatan rambut lain masalah rambut rontok anda bisa teratas. Jangan tunda sampai masalah rambut rontok anda menjadi masalah, merawat lebih baik dari pada mengobat.

Sekian dari saya semoga bermanfaat.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic