Cara Mengubah Kuota Belajar Kemendikbud Menjadi Kuota Reguler (Update Oktober 2021)

Multimedialy.com - Seperti yang kita ketahui dimasa pandemi covid-19 ini kita semua sebagai seorang pelajar melaksanakan pendidikan dari rumah saja atau lewat daring. Disini kita membutuhkan yang namanya paket internet. Pemerintah kita sudah cukup baik dengan memberikan bantuan subsidi kuota belajar selama masa school from home.

Mulai anak-anak yang masih Sekolah Dasar, SMP/Sederajat, SMA/Sederajat hingga perguruan tinggi mendapatkan jatah kuota subsidi dari pemerintah. Dimana besaran kuota ini tergantung juga dari jenjang sekolahnya tentunya. Anak kuliahan dapat kuota lebih besar dari pada yang masih sekolah dasar.

Selain para pelajar, guru atau dosen (pengajar) juga mendapatkan kuota belajar ini. 

Nah disini sebenarnya ada satu permasalah klasik yang cukup membuat kita sedikit kecewa karena kuota yang diberikan ini dibatasi penggunaannya terutama untuk aplikasi-aplikasi tertentu (non belajar) seperti sosial media, game, dll.

Saya sendiri sebagai mahasiswa mendapatkan kuota subsidi ini sebesar 15 GB, nah 15 GB ini bisa digunakan seperti google meet, zoom, membuat website kampus, browsing di google tapi tidak dengan penggunaan lain untuk keperluan non belajar.

Padahal saya sering sekali mendapati sisa kuota belajar saya masih tersisa cukup banyak di akhir bulan, kan ini jadi sayang banget ibarat maka nasinya masih gak dihabisin padahal kita masih bisa maka tapi gak boleh, kan repot juga.

Tapi bukan orang indonesia rasanya jika tidak menemukan solusi dari sebuah permasalahan. Selama ada celah itu masih ada jalan untuk keluar, hehehe. 

Begitu juga dengan kuota belajar kemendikbud berikan bisa dibuat seperti kuota reguler atau kuota utama kita. Dimana kita bisa gunakan untuk mengakses situs apa saja, aplikasi apa saja (instagram, tiktok, twitter, mobile legend, free fire, pubg semua aplikasi sosial media dan game bisa pokoknya).

Tapi perlu digaris bawahi anda juga pastikan ada kuota untuk anda belajar, jangan sampai kuota subsidi buat belajar anda habis buat hiburan anda tapi pas buat belajar google meet dan zoom anda kehabisan kuota. Tujuan tutorial ini biar sisa kuota belajar anda tidak mubazir saja, ok.

Langsung saja kita masuk ke tutorial agar kuota belajar anda bisa untuk akses semua aplikasi dan situs layaknya kuota internet reguler.

  1. Pertama anda perlu memastikan masih mempunyai kuota belajar dari kemendikbud (ya iyalah) kalau habis tentunya tidak bisa. Karena disini hanya sekedar trik agar kuota belajar bisa dipakai untuk akses semuanya.
  2. Selanjutnya teman-teman silakan download aplikasi yang bernama Anonytun silakan download di Playstore dan tunggu proses install aplikasinya selesai.
  3. Jika sudah silakan dibuka aplikasi Anonytunnya, kita akan mengatur settingan agar kuota belajar bisa digunakan untuk sosial media, game, dll.
  4. Ditampilan awal silakan atur profile menjadi "Best Performance" tentunya agar mendapatkan koneksi yang maksimal. Selanjutnya silakan klik menu Stealth Setting (dibagian pojok kanan atas layar).


  5. Setelah masuk ke Stealth Settings, lakukan pengaturan seperti dibawah ini:

    Untuk pengaturannya:
    - Connection Protol pilih yang SSL
    - Connection Port isi dengan 443
    - Connect Via Parent Proxy di OFF kan 
    - Custom TCP/HTTP Headers di OFF kan
    - Advanced SSL Settings di ON kan
  6. Terakhir sebelum di save silakan klik tombol Edit SSL Settings karena kita akan melakukan pengaturan juga didalamnnya.

    Atur pada SSL Settings seperti ini:

    - True SSL di ON kan
    - Spoof Host Port di ON kan
    - Spoof Host silakan diisi dengan ruangguru.com
    - Spoof Port diisi dengan 443
  7. Jika semuanya sudah selesai diatur silakan tekan OK dan klik Save untuk menyimpan pengaturan.
  8. Selanjutnya anda tinggal klik Connect agar Kuota Belajar Kemendikbud anda bisa gunakan untuk mengakses semua situs dan aplikasi yang sebelumnya tidak bisa.
  9. Untuk pertama kali konek anda akan diminta untuk permintaan akses ijin aplikasi berjalan  dilatar belakang, silakan setujui agar aplikasi dapat berjalan dengan baik.

Ada beberapa hal yang mungkin perlu menjadi catatan, karena aplikasi Anonytun ini bisa dikatakan sebagai VPN yang kita atur sendiri. Karena basisnya VPN maka koneksi internet yang kita dapat akan sedikit mengalami penurunan.

Tapi hal ini kembali lagi ke kualitas sinyal di tempat anda, jika ditempat anda tinggal kualitas sinyal sangat baik maka tidak akan terlalu berpengaruh.

Namun jika ditempat anda sinyal tergolong buruk maka akan terasa sedikit lemot dan bahkan tidak bisa konek ke server. 

So kuncinya keberhasilan ini kualitas sinyal anda.

Selain itu saat menggunakan tutorial ini pastikan anda memang tidak mempunyai kuota reguler atau paketan internet biasa. Jadi posisi kartu anda memang hanya tersisa kuota belajar. Jika masih tersedia kuota utama atau reguler maka kuota belajar dari kemendikbud anda tidak akan terpakai. Melainkan kuota utama anda terlebih dahulu.

Jadi intinya tutorial ini cocok untuk anda yang sudah tidak punya kuota tapi masih mempunyai kuota belajar kemendikbud jadinya bisa untuk kebutuhan lain seperti sosial media dan hal-hal lainnya.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic