Cara Minify Template Blogger dengan Mudah dan Tetap Terbaca

Multimedialy.com - Loading atau kecepatan akses blog adalah hal yang cukup penting diperhatikan bagi seorang blogger selain isi atau konten itu sendiri. 

Kita tahu bahwa semakin cepat suatu blog diakses maka pengunjung akan merasa lebih senang dan betah berada di blog kita ini meminimalkan pengunjung blog yang datang dari search engine dan memencet tombol kembali karena blog kita lemot diakses.

Untuk bisa mempercepat loading blog sendiri adalah banyak hal yang perlu diperhatikan seperti penggunaan gambar (seperlunya dan dikompres agar ukuran file lebih kecil), meminimalkan penggunaan css dan javascript, dan yang terakhir adalah minify kode template itu sendiri.

Minify sendiri bertujuan menghapus baris kosong dan meminimalkan space kosong antar kode html, css, ataupun javascript sehingga proses pembacaan kode lebih cepat oleh browser. Jadi bisa dikatakan mengompress file template tersebut agar file sizenya lebih kecil.

Namun satu kekurangan dari minify terutama yang terlalu ekstrem adalah keterbacaan kode itu sendiri oleh kita sebagai blogger. 

Jika kode terlalu di minify maka space kosong memang akan terhapus tapi sewaktu kita ingin melakukan modifikasi pada template maka akan mengalami kesulitan karena semuanya serba mepet dan kita jadi sulit mengindentifikasi kode tersebut.

Nah pada kali ini saya akan memberikan tutorial simpel, mudah, dan aman untuk minify pada template blogger. 

Dengan cara ini baris kode template anda bisa jadi lebih rapi dan simpel tanpa mengorbankan keterbacaan kita dan tentunya membantu mempercepat loading blog kita. 

Langsung saja kita masuk ke tutorialnya.

  1. Kita masuk ke Tema/Themes Blogger anda.
  2. Lalu kita masuk ke Edit HTML untuk melakukan penambahan kode tag html.
  3. Nah disini rahasianya auto minify untuk template blogger adalah dengan menambahkan kode html berikut: 
    <b:attr name='b:whitespace' value='remove'/>
    Silakan tambahkan kode dibawah tag <html> (tag pembuka diposisi awal) jadi nanti kurang lebihnya menjadi seperti ini:
    <html b:css='false' b:js='false' class='no-js' expr:dir='data:blog.languageDirection' lang='id' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>
    <b:attr name='b:whitespace' value='remove'/>
  4. Silakan tekan Simpan untuk menyimpan perubahan.

Dengan penambahan kode diatas maka dari bloggernya sudah melakukan proses untuk menghapus whitespace atau bisa dikatakan auto minify pada web browser pengunjung. Anda bisa cek melalui view-source pada browser anda.

Kelebihannya ini bersifat automatis tanpa khawatir terjadi error kode karena proses minify, mengurangi ruang kosong pada kode (otomatis membantu mempercepat load blog), dan kita tidak mengalami kesulitan dalam pengeditan kode karena tampilan didalam editor template blogger masih tetap sama (versi belum di compress/minify).

Itu dia tutorial untuk melakukan kompress atau minify kode template blog yang paling mudah, simpel tanpa menimbulkan berbagai permasalahan lainnya. Semoga bermanfaat jangan lupa share dan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan.

Arif Rachman Hakim

Berbagi melalui menulis. Kenalan yuk!
Follow saya di instagram @rachmanhakim.a

Jangan ragu untuk bertanya dan memberikan komentar
Silakan berkomentar dengan sopan (tidak SARA) dan sesuai topik artikel yang sedang dibahas. Komentar berisi spam link dan tidak sopan akan saya hapus. Untuk pertanyaan diluar artikel silakan masuk ke Out Of Topic